Sungai: Pengertian, Jenis, Manfaat

Diposting pada

6. Pemanfaatan oleh Masyarakat

Pemanfaatan sungai pada masa dahulu hingga masa sekarang sangat beragam oleh masyarakat baik secara modern maupun tradisional.

Sarana transportasi (pinterest.com)
Sarana transportasi (pinterest.com)

Contoh pemanfaatan secara tradisional yaitu sebagai sarana transportasi pada zaman dahulu maupun zaman kini, sumber air untuk mandi dan mencuci, hingga tempat mencari kebutuhan hidup seperti menangkap ikan.

Sungai digunakan sebagai sarana transportasi untuk para pedagang zaman dahulu. Namun pada masa sekarang pemanfaatan tersebut sudah mulai jarang ditemukan karena meningkatnya akses transportasi jalur darat.

Pemanfaatan secara modern dilihat dari pemanfaatan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti sumber energi listrik (PLTA), tempat penelitian, konservasi flora dan fauna, dan budidaya ikan yang dapat digunakan sebagai sumber mata pencaharian bagi masyarakat.

7. Daftar Nama Sungai yang Terkenal di Indonesia dan Dunia

Sungai dapat ditemukan hampir di setiap negara dengan ciri khas dan keunikan masing-masing.

Jumlahnya di dunia sangatlah banyak dan sebagian di antaranya dikenal oleh banyak orang karena memiliki keunikannya tersendiri.

Di Indonesia saja jumlahnya belum bisa dipastikan tetapi diperkirakan jumlahnya ratusan bahkan ribuan.

Berikut adalah sungai yang terkenal di  dunia maupun Indonesia karena ukurannya yang besar :

7.1 Nil

Sungai Nil (pinterest.com)
Sungai Nil (pinterest.com)

Sungai Nil atau Nile River berlokasi di benua Afrika dan bermuara di Laut Tengah.

Nile River melalui kurang lebih sembilan negara diantaranya Ethiopia, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan, Kongo, dan Mesir.

Nil merupakan sungai terpanjang di dunia dengan 6.650 km dengan luas cekungan 2,87 juta km².

Nile river dikenal berada di Mesir padahal sebenarnya membentang di sepanjang benua Afrika.

Nil dikenal berada di Mesir karena kurang lebih sebanyak 22% airnya berada di Mesir.

Mata airnya berasal dari negara Rwanda dan Burundi.

Orang sekitar menyebut Nile River sebagai “sungai kehidupan” karena  kemampuannya memberikan air yang mengalir sepanjang tahun di Benua Afrika sehingga peradaban dapat dimulai di sekitarnya.

7.2 Amazon

Sungai Amazon (pinterest.com)
Sungai Amazon (pinterest.com)

Amazon River merupakan sungai kedua yang terpanjang di dunia setelah Nile River dengan panjang 6.400 km yang berada di Amerika Selatan dan bermuara di Samudra Atlantik.

Amazon River memiliki luas cekungan 7,05 juta km² lebih luas dibandingkan Nile River.

Sungai ini melalui lima negara diantaranya yaiu Brasil, Bolivia, Peru, Ekuador dan Kolombia.

Di antara kelima negara tersebut persentase air yang paling banyak mengalir ada di Brazil.

Amazon terkenal akan keanekaragaman hewannya, salah satunya yaitu ikan piranha yang terkenal sebagai ikan karnivora yang mendiami air tawar.

Selain keanekaragaman hewannya, Amazon juga memiliki suku asli yang tinggal sejak ribuan tahun yang lalu di pedalaman Hutan Amazon.

Terdapat suku yang masih bergantung pada alam dan hampir tidak pernah keluar hutan yaitu suku Huaorani.

Namun, dikarenakan Hutan Amazon telah terkikis akan penjarahan liar maka suku Huaorani mulai melakukan kontak dengan dunia luar.

7.3 Gangga

Gangga adalah sungai terbesar ketiga di dunia yang berada di India Utara.

Menurut kepercayaan Hindu yang berada di India, Gangga disembah sebagai Dewi Gangga dan dianggap suci karena mengandung amrit (nektar keabadian).

Gangga juga digunakan sebagai tempat pembuangan abu jenazah oleh masyarakat sekitar karena dianggap sebagai kendaraan yang akan membawa jiwa orang yang telah mati dari bumi ke surga.

Gangga memiliki panjang 2.601 km dan luas cekungan 1,08 juta km².

Gangga bukan berasal dari mata air yang terjadi seperti kebanyakan sungai, tetapi berasal dari gletser salju yang mencair di Pegunungan Himalaya bagian barat dan bermuara di Teluk Bengala.

Namun pada saat ini, Gangga dikenal sebagai sungai yang paling tercemar di dunia karena banyaknya limbah rumah tangga yang tidak terdegredasi yang dibuang ke sungai tersebut.