Ratusan Siswa SD Antusias Berwisata Edukasi di Hutan Kota Aqua Citeureup

Diposting pada

Hutan kota yang dibangun sejak tahun 2010 ini berada di PT Aqua Golden Mississippi (PT AGM) Plant Citeureup dengan luas 0,773 ha. Hutan Kota Aqua Plant Citeureup yang berlokasi di Desa Cicadas, kecamatan Gunung Putri, kabupaten Bogor merupakan tipe hutan kota kawasan industri.

Hutan kota ini dibangun untuk mengimplementasikan program Aqua Lestari yang berupa perlindungan keanekaragaman hayati. Hutan kota ini memiliki berbagai fasilitas yang lengkap sehingga dapat memberikan banyak manfaat, seperti pengendali pencemaran udara, peredam kebisingan, konservasi keanekaragaman hayati dengan menanam berbagai jenis tumbuhan langka, dan pastinya dapat menjadi “sekolah alam” yang dapat dimanfaatkan oleh pelajar yang berada di sekitar pabrik.

Foto Bersama Siswa SD Negeri Cicadas 01
Foto Bersama Siswa SD Negeri Cicadas 01

PT AGM Plant Citeureup pun pada hari Sabtu, 16 November 2019 mengadakan kegiatan “Wisata Edukasi di Hutan Kota PT AGM Plant Citeureup” yang diikuti oleh 129 siswa dan para guru dari SD Negeri Cicadas 01. Kegiatan ini merupakan salah satu kepedulian PT AGM Plant Citeureup kepada para siswa agar mereka lebih mengenal berbagai jenis flora dan fauna yang sekarang sudah mulai langka di desa Cicadas.

Ilyas Sudarso, SR Manager yang mewakili manajemen PT AGM Plant Citeureup dalam sambutannya merasa sangat antusias untuk menyambut ratusan siswa yang hadir. Harapan beliau dengan diadakannya kegiatan ini adalah menambahnya wawasan para siswa dalam hal pengelolaan lingkungan, khususnya mereka dapat mengenal berbagai pohon-pohon langka yang sudah sangat jarang ditemui di desa Cicadas.

Di akhir sambutannya, PT AGM Plant Citeureup memberikan buku yang berjudul “Mari Berwisata Edukasi di Hutan Kota Kawasan Industri PT Aqua Golden Mississippi Plant Citeureup!” untuk menambah koleksi buku di perpustakaan sekolah.

Kepala Sekolah SD Negeri Cicadas 01, Mad Toha sangat senang dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT AGM Plant Citeureup yang senantiasa melibatkan siswanya dalam kegiatan edukasi lingkungan, terlebih kakak-kakak pemberi materi menyampaikan dengan sangat menyenangkan dengan metode belajar sambil bermain.

Tutur Adelfa Ratnawati, salah satu siswi SD Negeri Cicadas 01 merasa sangat senang karena dapat mengenal berbagai jenis pohon dan sangat antusias mempelajari cara mengenali berbagai jenis burung menggunakan alat binokuler sehingga siswa dapat belajar sekaligus bermain.

Selain penjelasan mengenai hutan kota, para siswa juga mendapat penjelasan tata tertib di lingkungan pabrik, blue operation, dan bagaimana cara belajar yang santai tapi serius.

Pengenalan Pohon
Pengenalan Pohon

Bertindak sebagai nara sumber dalam acara ini adalah Dr. Ir. Rachmad Hermawan, MSc.F dari Fakultas Kehutanan IPB, yang didampingi tiga asisten sebagai fasilitator. Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, selanjutnya diajak untuk belajar di hutan kota.

Para siswa dapat belajar langsung di lapangan untuk mengidentifikasi jenis tumbuhan, burung, serta menentukan kenyamanan termal. Peserta tampak antusias mendengar instruksi para fasilitator dan semangat mengerjakannya.  Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan foto bersama.