Pulau Rubiah, Surganya Penyelam di Aceh

Diposting pada

Di Provinsi Aceh terdapat tempat wisata yang sangat terkenal bernama Pulau Rubiah. Wisata alam yang satu ini menawarkan pemandangan bawah laut super indah sampai-sampai dijuluki sebagai surganya para penyelam.

Pulau ini terletak di sebelah barat Pulau Weh, Kota Sabang atau berjarak kurang lebih sekitar 250 meter dari Pantai Iboih Aceh, Sumatera.

Pulau Rubiah (instagram.com)
Pulau Rubiah (instagram.com)

Dulu pada masa kejayaan Kerajaan Aceh, Pulau Rubiah menjadi tempat transit untuk para calon jamaah haji. Pada masa Perang Dunia, pulau ini menjadi benteng pertahanan bahkan sampai saat ini masih terlihat beberapa puing-puing benteng.

Kekayaan bawah lautnya membuat pulau yang memiliki luas sekitar 26 hektare ini juga disebut Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah. Keindahan alam yang dimiliki tempat wisata ini sangat berhasil membuat para pengunjung terpesona.

Di sini Anda bisa bertemu dengan banyak macam spesies ikan seperti gigantic clams, angel fish, lion fish, school of parrot fish, dan lain sebagainya.

Selain berbagai spesies ikan yang cantik dan lucu, Anda juga bisa melihat berbagai jenis terumbu karang. Bagi Anda yang ingin menyelam tapi masih pemula atau belum memiliki lisensi menyelam jangan merasa khawatir ya. Di tempat wisata ini Anda dapat menemukan banyak spot menyelam aman kok.

Keindahan Bawah Laut Pulau Rubiah (instagram.com)
Keindahan Bawah Laut Pulau Rubiah (instagram.com)

Jika berkunjung di Pulau Rubiah, Anda tidak hanya menemukan tempat wisata saja lho, namun juga ada tempat penelitian biota bawah laut. Di sini terdapat 15 jenis biota laut yang dilindungi pemerintah Indonesia.

Setelah puas bersenda gurau dengan para makhluk rupawan bawah laut, jangan lupa mengisi perut ya. Anda bisa mengenyangan perut terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas lainnya di warung makan sekitar pantai.

Dikarenakan pulau belum berpenghuni fasilitas dan akomodasi di Pulau Rubiah sangatlah minim.

Di sini hanya ada satu warung makan, tempat persewaan perahu, dan tempat persewaan perlengkapan menyelam.

Anda bisa melewati rute dari Banda Aceh menuju Pulau Weh dengan menggunakan kapal ferry atau kapal cepat untuk mengunjungi Pulau Rubiah.

Jika menggunakan kapal ferry, waktu yang dibutuhan kurang lebih sekitar 90 menit lamanya, sedangkan jika menggunakan kapal cepat sekitar 45 menit saja. Sesampainya di Pulau Weh, Anda bisa menggunakan perahu motor menuju Pulau Rubiah yang memakan waktu sekitar 20 menit.

Sudahan ada rencana untuk main-main ke Pulau Rubiah? Yuk sempatkan berlibur ke surganya para penyelam ini!

 

Editor:
Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.