Pesona Mart: Si Pembawa Pundi Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial Masyarakat

Diposting pada

Hutan memiliki beragam hasil hutan yang dapat bermanfaat bagi makhluk hidup, sehingga hutan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber mata pencarian bagi masyarakat sekitar hutan yang dapat meningkatkan nilai perekonomian dan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat. Selain itu, produk hasil hutan yang dikelola masyarakat dengan baik dapat bermanfaat juga bagi lingkungan dan masyarakat luas di luar kawasan hutan. Salah satu program Pemerintah Republik Indonesia yang mendukung hal tersebut adalah Perhutanan Sosial.

Tak hanya program Perhutanan Sosial, kini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga memiliki marketplace bidang Perhutanan Sosial yaitu Pesona Mart. Pesona Mart ini bergerak di bidang Hutan dan Sosial, sehingga dapat memberi manfaat bagi masyarakat yang ingin meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan sekaligus melestarikan lingkungan, terutama area hutan.

Pesona Mart juga berhasil menerapkan azas kelestarian hutan dan azas ekonomi dalam memasarkan produk hasil hutan kepada masyarakat. Tentu hal ini juga tak lepas dari dukungan PSKL (Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan) yang mampu memberikan supporting system kepada KLHK sebagai pelopor dalam proses wirausaha yang bergerak di bidang Perhutanan Sosial.

Perhutanan Sosial- sumber: vnews.id

 

Masyarakat sekitar hutan dapat bernapas lega sekaligus senang karena masyarakat diberi kesempatan bermitra dengan siapapun untuk mengelola hasil hutan sebagai salah satu sumber penghasil pundi-pundi uang yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka tak heran jika Pesona Mart mampu memberikan penghasilan dan lapangan kerja bagi masyarakat.

Hal ini tentunya dapat meminimalisir angka pengangguran dan kemiskinan di Indonesia. Hal itu dapat kita amati dengan jumlah tenaga kerja yang terserap dalam kurun waktu 4 tahun terakhir (2015-2018) sebesar 2,4 juta jiwa dan penghasilan sebesar 1-2 juta per bulan. Tentu angka tersebut bukanlah sembarang angka dalam pencapaian stigma ekonomi dan lapangan kerja bagi masyarakat.

Tak hanya itu, Pesona Mart juga menghasilkan 61 produk komoditi hasil hutan, di antaranya minyak kayu putih, kopi codot, spray gaharu, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Pesona Mart terus memberi ruang kepada masyarakat agar masyarakat mau berwirausaha lewat bidang Perhutanan Sosial agar Pesona Mart mampu memberi peluang untuk tenaga kerja dan perekonomian yang bermanfaat bagi masyarakat.

Editor: Mega Dinda Larasati