Perkembangan Perubahan Iklim Global Seiring Pandemi COVID-19

Diposting pada

Perkembangan Perubahan Iklim Global Seiring Pandemi COVID-19 dan Menelisik Kondisi Cuaca dan Iklim Selama tahun 2020.

Isu tentang perubahan iklim berskala global dimulai sejak tahun 1990 dan hingga sekarang pun menjadi topik pembicaraan utama oleh berbagai pihak di berbagai belahan bumi.

Sejak awal digaungkannya isu perkembangan alam dari segi iklim ini, perbincangannya sangat hangat di sisi ilmu pengetahuan maupun dari segi ilmu pengetahuan yang bercampur dengan nuansa kebijakan oleh negara-negara adikuasa.

Nuansa bagian kedua umumnya bercampur dengan kepentingan politis atau yang berbau dengan pemaksaan kehendak (kepentingan penjajahan di era modern).

Di Indonesia sendiri, konsep perubahan iklim yang kurang didukung dengan sumber daya yang mumpuni sepertinya terombang-ambing dengan berbagai argumen yang kurang jelas.

Padahal hal ini perlu menjadi perhatian dan perlu adanya kepedulian untuk menyikapi situasi kondisi alam yang terkait dengan kondisi perubahan iklim global khususnya untuk kawasan regional kita, benua maritim Indonesia.

Lalu pertanyaan yang sangat populernya adalah “Apakah situasi dan perkembangan perubahan iklim global telah dan sedang berlangsung di kawasan Indonesia?”

“Apa indikasi, ukuran, dan tolok ukur bahwa perubahan iklim global telah berlangsung dan berkembang di Indonesia?”

Sepertinya gambaran mengenai dampak perubahan iklim berskala global hingga tulisan ini ditulis lebih mengarah menuju kondisi situasional.

Artinya, bila terjadi dan berlangsung suatu kondisi cuaca ekstrem seperti intensitas hujan yang tinggi maka dinilai sebagai bagian dari dampak perubahan iklim global.

Dan di awal tahun 2020 tahun ini terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi (cenderung ekstrem) di Jakarta sehingga tentu saja kejadian ini dikaitkan dengan isu perubahan iklim.

Sebenarnya definisi dari perubahan iklim juga perlu ditekankan.

Definisi dari perubahan iklim juga perlu adanya batasan yang berlaku secara ilmiah karena iklim sendiri adalah kondisi rerata dari cuaca yang merupakan kondisi sesaat.

Simak artikel Perbedaan Iklim dan Cuaca.

Untuk itu perlu adanya duduk bersama untuk mendefinisikan, menyusun, dan mendiskusikan hal ini bukan saja aspek eksak, tetapi juga aspek ekonomi dan sosial.

Hasil akhirnya adalah buku pedoman dan petunjuk tentang perubahan iklim global, regional, dan lokal yang merupakan kesepakatan para ahli praktisi, pemegang kebijakan, serta berbagai pihak terkait di bidang lingkungan, ekonomi, dan sosial.

Perubahan Iklim di Indonesia

Perubahan iklim selama Covid-19
Perubahan iklim selama Covid-19

Dari berbagai kegiatan kajian dan penelitian yang terkait dengan perubahan iklim global dan dampaknya regional di Indonesia, sepertinya pernah disusun dalam suatu laporan oleh Kementerian Lingkungan Hidup era tahun 2000 – 2005.

Laporan atas hasil kajian awal tentang perkembangan perubahan iklim regional di Indonesia era abad 20 lalu kemudian tinggal diharmoniskan dengan perkembangan iklim di era abad milenial atau abad 21 yang menyangkut hal-hal pokok dan utama.

Dengan ketersediaan informasi tentang perkembangan dan dampak perubahan iklim regional Indonesia akan dapat digunakan sebagai data dasar dan utama untuk menyikapi perkembangan isu perubahan iklim global yang sepertinya kini telah merebak dalam aspek kebijakan-kebijakan iklim yang erat kaitannya dengan pengetahuan ekonomi.

Isu Perubahan Iklim di Tingkat Internasional

Isu perubahan iklim global pun kini tentunya sudah bergaung dan merebak ke lembaga tingkat dunia seperti badan PBB yang menangani pengembangan dunia atau lazim dikenal sebagai United Nation Development Program (UNDP).

Program-program yang biasa dilakukan oleh badan PBB ini terkait dengan upaya penurunan konsentrasi Gas Rumah Kaca (GRK) terutama dari unsur gas CO2.