Pantai Sumur Tiga, Pantai Terindah di Ujung Indonesia

Diposting pada

Pantai Sumur Tiga merupakan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Sabang. Pesona Pantai Sumur Tiga yang tak kalah dengan pantai lainnya memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik bahkan wisatawan mancanegara.

Bibir pantai sepanjang 2 km dihiasi bentangan pasir putih terlihat mempesona disertai ombak berwarna biru kehijauan yang menggulung-gulung. Air laut yang terlihat jernih disertai terumbu karang di dasar lautan yang memancarkan warna eksotis ketika terpapar cahaya matahari semakin menambah keindahan pantai ini.

Penasaran dengan keindahan destinasi wisata di ujung Indonesia ini? Berikut informasi mengenai Pantai Sumur Tiga yang harus kamu ketahui.

Biru Laut dan Langit di Pantai Sumur Tiga Sabang

 

1. Sekilas tentang Pantai Sumur Tiga

Pantai ini diberi nama Pantai Sumur Tiga karena terdapat 3 buah sumur di sekat pinggir pantai. Meskipun demikian, dahulu sumur ini mengeluarkan air tawar bukan air asin. Sumur yang sudah berumur kurang lebih puluhan tahun ini sudah tidak berfungsi lagi. Kini sumur tersebut dianggap sebagai peninggalan sejarah. Pantai ini memang unik karena memiliki nilai sejarah tersendiri.

Advertisement nature photography

Pantai Sumur Tiga menyajikan keindahan alam bahari dengan lingkungan yang masih alami. Hijau pepohonan kelapa yang berada di pinggir pantai membuat suasana di pantai begitu terlihat sangat asri memberikan pandangan mata yang sangat begitu nyata.

Pada siang hari angin yang berhembus sepoi-sepoi ditambah suara ombak akan memanjakan setiap wisatawan yang datang. Banyak wisatawan yang sengaja menunggu di Pantai Sumur Tiga untuk menikmati indahnya sunset yang terlihat lebih jelas dan nyata.

Pantai ini juga terkenal dengan deburan ombak yang kuat dan hembusan angin yang kencang dengan hamparan pandangan laut lepas tanpa batas. Posisi pantai yang langsung menghadap Selat Malaka merupakan salah satu penyebab besarnya ombak di sini.

 

2. Lokasi

Pantai Sumur Tiga adalah keindahan tersembunyi di Pulau Weh yang merupakan destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Le Meulee Desa Sukajaya, Sabang, Aceh. Destinasi wisata ini wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Pulau Weh.

 

3. Akses

Kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk menuju Pantai Sumur Tiga apabila berangkat dari Pelabuhan Balohan Kota Sabang. Jika kamu berangkat dari pusat Kota Sabang kamu hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk sampai di lokasi wisata ini. Kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai di destinasi wisata ini.

Selama di perjalanan mata kamu akan dimanjakan dengan indahnya pohon tropis yang berjejer di sepanjang jalan. Angin yang sejuk bisa menambah suasana menjadi lebih nikmat untuk dirasakan. Jalan yang tidak terlalu ramai oleh para pengendara menambah ketenangan kamu untuk menikmati pemandangan yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Perjalanan menuju destinasi wisata yang satu ini dijamin tidak akan membuat kamu bosan.

 

4. Destinasi Wisata di Pantai Sumur Tiga

Laut Indah Khas Pantai Sumur Tiga di Sabang Aceh

Pantai Sumur Tiga dijuluki sebagai Hawai-nya Indonesia karena keindahannya yang sangat memukau. Selain dapat menikmati keindahan panorama pantai yang indah dan mempesona, kamu juga dapat menikmati berbagai destinasi wisata di pantai ini. Berikut beberapa destinasi wisata yang dapat kamu lakukan ketika berlibur di pantai ini.

4.1 Snorkeling dan Diving

Perahu untuk Berwisata di Pantai Sumur Tiga

Snorkeling dan diving merupakan aktivitas yang sangat digemari oleh para wisatawan di Pantai Sumur Tiga. Keindahan terumbu karang di bawah permukaan lautnya akan  membuat kamu terhipnotis dalam sekali pandang.

Di sekitar pantai, kamu juga bisa menyewa perlengkapan snorkeling dan diving dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk mencapai spot-spot snorkeling dan diving. Ada juga beberapa tempat wisata yang menyewakan perahu sekaligus.

Sebaiknya kamu bermain snorkeling dan diving pada waktu-waktu tertentu saja, para wisatawan dianjurkan bermain pada sore hari karena pada pagi hari ombak di Pantai Sumur Tiga cukup besar.

Gambar Gravatar
Bersyukur dengan apa yang sudah Allah berikan tidak perlu iri dengan kepunyaan orang lain karena semuanya sudah ada jatahnya masing-masing.