Pantai Sumur Tiga, Pantai Terindah di Ujung Indonesia

Pantai Sumur Tiga merupakan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Sabang. Pesona Pantai Sumur Tiga yang tak kalah dengan pantai lainnya memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik bahkan wisatawan mancanegara.

Bibir pantai sepanjang 2 km dihiasi bentangan pasir putih terlihat mempesona disertai ombak berwarna biru kehijauan yang menggulung-gulung. Air laut yang terlihat jernih disertai terumbu karang di dasar lautan yang memancarkan warna eksotis ketika terpapar cahaya matahari semakin menambah keindahan pantai ini.

Penasaran dengan keindahan destinasi wisata di ujung Indonesia ini? Berikut informasi mengenai Pantai Sumur Tiga yang harus kamu ketahui.

Biru Laut dan Langit di Pantai Sumur Tiga Sabang

 

1. Sekilas tentang Pantai Sumur Tiga

Pantai ini diberi nama Pantai Sumur Tiga karena terdapat 3 buah sumur di sekat pinggir pantai. Meskipun demikian, dahulu sumur ini mengeluarkan air tawar bukan air asin. Sumur yang sudah berumur kurang lebih puluhan tahun ini sudah tidak berfungsi lagi. Kini sumur tersebut dianggap sebagai peninggalan sejarah. Pantai ini memang unik karena memiliki nilai sejarah tersendiri.

Pantai Sumur Tiga menyajikan keindahan alam bahari dengan lingkungan yang masih alami. Hijau pepohonan kelapa yang berada di pinggir pantai membuat suasana di pantai begitu terlihat sangat asri memberikan pandangan mata yang sangat begitu nyata.

Pada siang hari angin yang berhembus sepoi-sepoi ditambah suara ombak akan memanjakan setiap wisatawan yang datang. Banyak wisatawan yang sengaja menunggu di Pantai Sumur Tiga untuk menikmati indahnya sunset yang terlihat lebih jelas dan nyata.

Pantai ini juga terkenal dengan deburan ombak yang kuat dan hembusan angin yang kencang dengan hamparan pandangan laut lepas tanpa batas. Posisi pantai yang langsung menghadap Selat Malaka merupakan salah satu penyebab besarnya ombak di sini.

 

2. Lokasi

Pantai Sumur Tiga adalah keindahan tersembunyi di Pulau Weh yang merupakan destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Le Meulee Desa Sukajaya, Sabang, Aceh. Destinasi wisata ini wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Pulau Weh.

 

3. Akses

Kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk menuju Pantai Sumur Tiga apabila berangkat dari Pelabuhan Balohan Kota Sabang. Jika kamu berangkat dari pusat Kota Sabang kamu hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk sampai di lokasi wisata ini. Kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai di destinasi wisata ini.

Selama di perjalanan mata kamu akan dimanjakan dengan indahnya pohon tropis yang berjejer di sepanjang jalan. Angin yang sejuk bisa menambah suasana menjadi lebih nikmat untuk dirasakan. Jalan yang tidak terlalu ramai oleh para pengendara menambah ketenangan kamu untuk menikmati pemandangan yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Perjalanan menuju destinasi wisata yang satu ini dijamin tidak akan membuat kamu bosan.

 

4. Destinasi Wisata di Pantai Sumur Tiga

Laut Indah Khas Pantai Sumur Tiga di Sabang Aceh

Pantai Sumur Tiga dijuluki sebagai Hawai-nya Indonesia karena keindahannya yang sangat memukau. Selain dapat menikmati keindahan panorama pantai yang indah dan mempesona, kamu juga dapat menikmati berbagai destinasi wisata di pantai ini. Berikut beberapa destinasi wisata yang dapat kamu lakukan ketika berlibur di pantai ini.

4.1 Snorkeling dan Diving

Perahu untuk Berwisata di Pantai Sumur Tiga

Snorkeling dan diving merupakan aktivitas yang sangat digemari oleh para wisatawan di Pantai Sumur Tiga. Keindahan terumbu karang di bawah permukaan lautnya akan  membuat kamu terhipnotis dalam sekali pandang.

Di sekitar pantai, kamu juga bisa menyewa perlengkapan snorkeling dan diving dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk mencapai spot-spot snorkeling dan diving. Ada juga beberapa tempat wisata yang menyewakan perahu sekaligus.

Sebaiknya kamu bermain snorkeling dan diving pada waktu-waktu tertentu saja, para wisatawan dianjurkan bermain pada sore hari karena pada pagi hari ombak di Pantai Sumur Tiga cukup besar.

4.2 Aktivitas Air Lainnya

Berjalan di sekitar Pantai Sumur Tiga

Selain diving dan snorkeling, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas air lainnya. Aktivitas  yang dapat kamu coba antara lain berenang, berjemur matahari, memancing, dan lain sebagainya.

4.3 Sunset dan Sunrise

Pasir Bersih di Pantai Sumur Tiga

Keindahan sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari Pantai Sumur Tiga memang sangat terkenal di kalangan wisatawan. Jadi tak heran jika saat pagi dan sore hari, kamu melihat para wisatawan berjalan-jalan di pinggir pantai.

4.4 Hunting Foto

Keindahan Pantai Sumur Tiga memang sangat sayang untuk dilewatkan. Tak heran jika banyak wisatawan membawa kamera. Di destinasi wisata ini juga memang disediakan banyak spot-spot dengan objek-objek foto yang unik dan menarik.

4.5 Wisata budaya

Di destinasi wisata ini kamu juga bisa mengunjungi beberapa situs sejarah, misalnya sumur dan benteng-benteng. Meskipun sumur tua di sana terletak di dekat pinggir pantai, air sumur yang dikeluarkan merupakan air tawar bukan air asin laut.

Terdapat pula banyak sisa-sisa benteng pendudukan Jepang yang tersisa dari Perang Dunia II.

 

5. Fasilitas di Pantai Sumur Tiga

Dermaga Wisata di Pantai Sumur Tiga

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sumur Tiga sudah sangat memadai. Terdapat fasilitas umum seperti area parkir, kamar mandi, restaurant, warung makan, penginapan, dan lain sebagainya. Terdapat pula tepat penyewaan alat-alat snorkeling dan diving.

 

6. Hotel dan Penginapan

Hotel dan Penginapan saat Berlibur

Wisatawan yang berasal dari luar daerah harus rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk menyewa penginapan. Tak usah khawatir karena di sekitar destinasi wisata ini terdapat banyak penginapan yang tersedia dan siap untuk disewakan. Jika kamu ingin menikmati indahnya sunrise dan pesona Pantai Sumur Tiga di petang hari maka kamu bisa memilih penginapan di sekitar yang mungkin jaraknya lebih dekat.

Harga penginapan tentunya sebanding dengan fasilitas yang tersedia. Jika harganya murah, maka fasilitas yang diberikan juga terbatas misalnya kamar mandi yang harus sharing dengan penghuni lain dan tidak ada sarapan yang disediakan. Penginapan dengan fasilitas seperti ini biasanya disewakan dengan harga kurang lebih Rp 100.000 saja.

Kamu juga harus mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan dalam memilih penginapan. Jangan sampai kamu mendapatkan tempat menginap dengan harga terjangkau tapi malah kehilangan barang.

 

7. Wisata Kuliner

Berwisata Kuliner

Para wisatawan yang seharian sudah berkeliling menikmati indahnya Pantai Sumur Tiga pastinya akan merasa lapar. Wisata kuliner memang menjadi hal paling utama selain objek wisata yang ada di suatu destinasi wisata. Kamu wajib memanjakan perut dengan menikmati berbagai kuliner yang ada di Pantai Sumur Tiga.

Di sekitar pantai ini terdapat banyak rumah makan yang berjejer menawarkan berbagai jenis makanan. Bagi wisatawan yang sudah berkunjung tentunya jangan sampai melewatkan berbagai jenis makanan khas Aceh. Harga makanan ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Makanan khas Aceh memang sangat banyak, tetapi khusus di Pantai Sumur Tiga ini ada salah satu makanan yang sangat digemari yaitu Mie Aceh.

Jangan salah tangkap, hidangan kuliner yang satu ini sungguh berbeda dengan mie yang ada di Indonesia. Mie Aceh ini biasa disajikan dengan diolah menjadi mie goreng ataupun mie rebus. Biasanya orang Aceh menyebutnya mie kuah. Mie Aceh juga bisa disajikan dalam bentuk sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Rasa pedas yang ada di Mie Aceh membuat wisatawan menjadi ketagihan dan mampu mengubah suasana menjadi lebih segar. Tidak lupa di sini juga menyediakan minuman dingin seperti es kelapa muda.

 

8. Objek Wisata di Sekitar Pantai Sumur Tiga

Selain Pantai Sumur Tiga, terdapat beberapa objek wisata lainnya yang tak kalah menakjubkan. Berikut ini beberapa objek wisata yang letaknya tak jauh dai Pantai Sumur Tiga.

8.1 Tugu Nol Kilometer

Tugu nol kilometer merupakan salah satu spot bersejarah yang ada di Pulau Weh. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu akan mendapat sertifikat yang menerangkan bahwa kamu telah sampai di ujung barat Indonesia.

Sebaiknya kamu mengunjungi tugu ini saat sore hari karena sunset di lokasi ini terkenal dengan keindahannya.

8.2 Pantai Kasih

Sama dengan Pantai Sumur Tiga, Pantai Kasih juga terletak tidak jauh dari Kota Sabang. Pantai Kasih dikenal dengan keindahan pasir putihnya. Meskipun tidak terlalu luas, kamu dapat menikmati keindahan bebatuan karang yang sangat indah.

8.3 Pantai Anai Itam

Pantai Anai Itam merupakan pantai yang memiliki pasir hitam. Pasir hitamnya yang luas juga menjadi spot menarik untuk berfoto. Di atas bukit Pantai Anai Itam juga terdapat peninggalan sejarah berupa benteng Jepang yang bisa kamu kunjungi.

 

9. Tips Berkunjung

Berikut ini beberapa tips berkunjung ke Pantai Sumur Tiga yang wajib kamu ikuti agar liburan kamu lebih menyenangkan.

  1. Jangan lupa menggunakan sunblock atau perlengkapan pelindung panas lainnya seperti membawa kacamata hitam, topi atau payung yang bisa melindungi kamu dari sinar matahari secara langsung.
  2. Pakai pakaian yang berbahan ringan atau yang mudah kering. Hindari pakaian berbahan tebal karena akan merepotkan kalian pada saat berenang.
  3. Setelah puas bersenang-senang dan bermain air serta berenang ada baiknya kalian segera berbilas karena air laut mengandung garam yang bisa menyebabkan alergi bagi para wisatawan yang belum terbiasa.
  4. Ombak besar terjadi di pagi hari oleh karena itu wisatawan diharapkan hati-hati saat bermain di tepi pantai. Usahakan untuk tidak berenang atau bermain melebihi garis aman yang telah di tentukan oleh pengelola pantai.
  5. Jangan lupa membawa kamera karena keindahan di Pantai Sumur Tiga ini terlihat hambar jika tidak diabadikan.
  6. Jangan membuang sampah sembarangan. Sampah sangat berbahaya jika dibuang sembarangan di sekitar pantai. Limbah tak terurai memang kerap membahayakan satwa liar seperti kura-kura bahkan ikan. Jadi dengan tidak membuang sampah sembarangan para wisatawan juga punya tanggung jawab untuk melindungi satwa liar.
  7. Jangan lupa untuk mengisi penuh bahan bakar transportasi karena Pantai Sumur Tiga sangat jauh dari SPBU.
  8. Lebih baik kamu membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah agar lebih hemat.
  9. Jika kamu ingin menginap, lebih baik memesan tempat penginapan jauh-jauh hari sebelum kamu berlibur di sini.

 

Keindahan dan nilai sejarah yang ada di Pantai Sumur Tiga menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Pesona yang dipancarkan pantai ini pasti akan memanjakan mata kamu. Jangan lupa untuk mengajak teman-teman dan keluarga kamu untuk berlibur di pantai terindah di ujung Indonesia!

 

Referensi:

Raffi A. 2018. 10 Gambar Pantai Sumur Tiga Aceh, Lokasi Wisata + Penginapan Hotel [internet] [diakses 2018 Okt 1]. Terdapat pada: https://www.jejakpiknik.com/pantai-sumur-tiga/

Skyscanner.2017. 10 Tempat di Pulau Weh yang Menjadikan Sabang Destinasi Liburan Wajib [internet] [diakses 2018 Okt 1]. Terdapat pada: https://www.skyscanner.co.id/berita/10-tempat-di-pulau-weh-yang-menjadikan-sabang-destinasi-liburan-wajib

 

Editor: Mega Dinda Larasati

Pantai Sumur Tiga, Pantai Terindah di Ujung Indonesia
Rating: 5 from 20 votes

Recommended For You

About the Author: Alfianita Fajarwatti

Bersyukur dengan apa yang sudah Allah berikan tidak perlu iri dengan kepunyaan orang lain karena semuanya sudah ada jatahnya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *