Pantai Pangandaran, Sang Primadona Semenanjung Jawa Barat

Pantai Pangandaran merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Keindahan pantai ini memang sudah dikenal baik oleh para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Pantai ini memiliki dua sisi pantai yaitu pantai barat dan pantai timur. Pesona kedua sisi pantai ini memang tidak usah diragukan lagi, sehingga tak heran jika pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa. Nah, berikut ini beberapa informasi yang perlu kamu ketahui mengenai Pantai Pangandaran, sang primadona semenanjung Jawa Barat.

Pantai Pangandaran

 

1. Sekilas tentang Pantai Pangandaran

Keindahan pasir hitam dan pasir putih yang dimiliki Pantai Pangandaran membuat destinasi wisata ini sangat menarik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Ombak yang tenang ditambah keanggunan sunrise dan sunset membuat pesona pantai ini semakin menghipnotis para perngunjung.

Di pantai ini kamu juga bisa melihat para nelayan yang pergi pada pagi hari dan pulang sore hari dengan membawa ikan ke tepi pantai. Kamu juga dapat berpartisipasi aktif dan merasakan sensasi menarik jaring bersama mereka. Oleh karena itu, dulu pantai ini memiliki julukan sebagai Kota Nelayan Kecil.

Pantai Pangandaran memiliki dua sisi pantai yaitu sisi barat dan sisi timur. Pantai sisi barat merupakan tempat yang aman dan nyaman untuk keluarga. Di kawasan ini kamu bisa berenang dan berjemur di bawah sinar matahari sembari menikmati pemandangan sekitar pantai.

Di sekitar pantai kamu juga dapat menemui sejumlah goa alami dan juga goa buatan yang dibangun oleh Jepang pada masa perang dunia ke-2. Ada juga air terjun yang dapat kamu nikmati ketika berkunjung ke bukit. Bukit yang ada di sekitar pantai merupakan cagar alam yang ditinggali berbagai jenis satwa, seperti monyet, rusa, kerbau, dan masih banyak satwa lainnya.

Pantai sisi timur menyuguhkan surga bagi penggila makanan laut. Restoran dan warung makan banyak terdapat di kawasan ini. Selain itu, di pantai sisi timur ini kamu juga bisa mencoba berbagai olahraga air seperti jet ski dan banana boat.

 

2. Lokasi Pantai Pangandaran

Destinasi wisata alam yang satu ini terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

 

3. Akses

Perjalanan darat menggunakan bus dimulai dari Terminal Kampung Rambutan menuju Pangandaran menempuh jarak sekitar 700 km dengan waktu tempuh 8 jam. Sesampai di Terminal Pangandaran hanya berjarak 300 m saja kamu sudah sampai di pintu masuk gerbang pantai dan 100 m lagi menuju bibir pantai.

Perjalanan dari jalur udara juga bisa kamu tempuh untuk sampai di destinasi wisata ini. Penerbangan rute Jakarta-Pangandaran menggunakan pesawat Cessna Susi Air yang berangkat dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma dan rute Bandung-Pangandaran Susi Air.

 

4. Destinasi Wisata di Pantai Pangandaran

Bukan hanya keindahannya saja. Pantai Pangandaran juga punya berbagai destinasi yang dapat kamu nikmati. Berikut adalah berbagai kegiatan yang dapat kamu coba beserta destinasi-destinasi wisata terbaiknya.

  1. Dapat menikmati sunrise dan sunset di tempat yang sama
  2. Pantai yang landai dan air yang jernih
  3. Waktu pasang dan surut yang relatif lama sehingga dapat berenang lebih aman
  4. Terdapat Gua Jepang peninggalan perang dunia ke-2
  5. Terdapat air terjun
  6. Dapat melakukan kegiatan olahraga laut seperti jet ski dan banana boat
  7. Terdapat penginapan dan tempat makan di dekat pantai

 

5. Fasilitas

Terdapat beberapa fasilitas yang dapat anda nikmati di pantai ini. Fasilitas yang terdapat di Pantai Pangandaran meliputi tempat parkir yang cukup luas, pelayanan pos, telekomunikasi, money changer, pramuwisata, pusat Informasi pariwisata, dan lain sebagainya.

Di sini kamu juga bisa berkemah di camping area yang telah disediakan. Jika kamu ingin berkeliling di sekitar pantai, kamu bisa menyewa sepeda dengan harga yang cukup terjangkau.

Kamu juga bisa menikmati berbagai olahraga air yang tersedia seperti parasailing dan jetski. Terdapat pula waterboom di lokasi wisata ini.

 

6. Hotel dan Penginapan

Penginapan dan Hotel

Terdapat banyak penginapan di sekitar Pangandaran mulai dari harga yang standar sampai harga dan penginapan yang berkelas. Berikut adalah penginapan dekat dengan Pantai Pangandaran:

  1. Horison Palma Pangandaran di Jalan Pantai Barat No 91, Kawasan Pangandaran
  2. Hotel Surya Pesona Pangandaran di Jalan Pamugaran, Desa Bulat Laut
  3. The Arnawa Hotel di Jalan Bulak Laut No. 12, Pangandaran
  4. Surya Kencana Seaside Hotel
  5. Nyiur Indah Beach Hotel di Jalan Pantai Barat No. 46, Pangandaran
  6. d’BILZ Hotel di Jalan Kidang Pananjung No. 198, Pangandaran
  7. In Out Hotel Pangandaran di Jalan Pramuka No. 11, Pangandaran
  8. Uni Beach Hotel di Jalan Pamugaran Bulak Laut No.28, Pananjung, Pangandaran
  9. Laut Biru Resort Hotel di Jalan E. Jaga Lautan No.17-18, Pangandaran
  10. Sun In Pangandaran Hotel di Jalan Kidang Pananjung No. 199, Pangandaran
  11. Grand aquarium Hotel Pantai Barat Pangandaran di Jalan Pantai Barat No. 87, Pangandaran
  12. Bamboo House Pangandaran di Jalan Barui Bulak Laut No. 8, Pangandaran
  13. Menara Laut Hotel di Jalan Bulak Laut Pantai Barat, Pamugaran, Pananjung, Pangandaran
  14. Rose Inn Pangandaran di Jalan Kidang Pananjung No. 119, Pantai Timur, Pangandaran
  15. Krisna Beach Hotel 2 di Jalan Pramuka No. 13, Pangandaran
  16. Hotel Malabar Pangandaran di Jalan Pamugaran No. 128, Pantai Barat, Pangandaran
  17. Krisna Beach Hotel 1 di Jalan Pantai Barat No. 21, Pangandaran
  18. Sofia Beach Hotel Pangandaran di Jalan Sumardi No, 26, Pangandaran
  19. Wisma AHLEN Pangandaran (Guest House) di Jalan Prapat No. 503, Pangandaran

 

7. Wisata Kuliner

Berwisata Kuliner

Berlibur terasa kurang lengkap jika belum mencicipi kuliner khas di lokasi wisata. Berikut beberapa makanan khas Pangandaran yang bisa kamu nikmati.

7.1 Sate Galunggung

Sate Galunggung sebenarnya merupakan nama warung sate yang sangat terkenal di Pangandaran sejak  tahun 1970-an. Di warung ini terdapat sate ayam dan sate kambing. Selain kedua menu ini, pengunjung dapat mencicipi berbagai macam sop seperti, sop kambing, sop sapi, sop buntut, dan kambing guling.

7.2 Soto Pangandaran

Soto ini memiliki ciri khas kuah bening berwarna kuning dan kerupuk yang berwarna merah. Meskipun sudah sangat banyak jenis soto di berbagai daerah, kamu tetap tidak boleh kelewatan mencicipi soto khas Pangandaran yang biasa dijual dengan harga Rp 5000 per porsinya.

7.3 Dawet Pangandaran

Menikmati dawet yang segar di tempat yang panas adalah kenikmatan yang tiada tandingnya. Bahkan tersedia juga sebuah food truck yang khusus menjajakan minuman yang mempunyai nama lain Dawet Dawala ini.

7.4 Seafood Pangandaran

Ketika berkunjung di pantai, tentu saja kamu harus menikmati aneka seafood yang dijajakan di lokasi wisata ini. Salah satu resto seafood yang terkenal adalah Pondok Pangandaran, Karya bahari, Rumah Makan Bu Surman, dan Rumah Makan Berkah Seafood.

7.5 Pindang Gunung

Pindang Gunung merupakan sejenis sup ikan yang memiliki kuah dengan bumbu sunda. Ikan yang digunakan adalah ikan kakap.

 

8. Kebutuhan Budget

Berikut ini adalah detail kebutuhan budget untuk kamu dapat berlibur ke pantai eksotik yang ada di selatan Pulau Jawa.

8.1 Biaya Transportasi

8.1.1 Jalur Darat (Bus)

Jakarta-Pangandaran (355 kilometer), Bus Gapuraning Rahayu, rute Kampung Rambutan Rp 95.000/ orang untuk AC dan Rp 90.000/ orang untuk Non AC. Perjalanan ini membutuhkan waktu 7 jam.

Bandung-Pangandaran (236 kilometer), Bus Budiman, rute Bandung-Tasikmalaya-Banjar-Pangandaran, Terminal Cicaheum Rp 53.000/ orang untuk Non AC dan Rp 65.000/ orang untuk bus AC. Perjalanan ini dapat ditembuh selama 5-7 jam.

Rincian tarif bus yang melayani rute ke Pangandaran:

– Tasikmalaya Rp. 30.000

– Ciamis Rp. 20.000

– Banjar Rp. 12.000

– Kalipucang atau Majingklak Rp. 5000

– Cilacap Rp. 25.000

– Cijulang Rp. 7000

 

Transportasi Umum

– Angkot Rp. 15.000

– Becak Rp. 10.000

– Sewa sepeda Rp. 25.000/ hari

– Sewa motor Rp. 50.000/  hari

8.1.2 Jalur Udara

Penerbangan rute Jakarta-Pangandaran menggunakan pesawat Cessna Susi Air yang berangkat dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma harga tiket Rp 520.000 dengan lama penerbangan 45 menit. Untuk rute Bandung-Pangandaran Susi Air mematok harga Rp 445.000 lama penerbangan 40 menit

8.2 Harga Tiket Masuk dan Biaya Menginap

Untuk tiket masuk dikenakan biaya Rp 3000/ orang, parkir motor Rp 7000 dan parkir mobi Rp. 15.000. Bagi kamu yang akan menginap, kamu harus rela merogoh uang lebih dalam. Penginapan di Pangandaran rata-rata mematok harga Rp 150.000-Rp 400.000/ malam ketika musim liburan.

 

9. Objek Wisata di Sekitar Pantai Pangandaran

Berikut ini beberapa objek wisata lainnya yang dapat kamu temui di sekitar Pantai Pangandaran:

9.1 Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas di Pangandaran

Terletak di Batu Karas, Kecamatan Cijulang. Pantai dengan suasana tenang ini memiliki pondok wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Daerah Kabupaten Ciamis. Destinasi wisata ini berjarak sekitar 30 km dari Pantai Pangandaran. Pantai ini dilengkapi fasilitas hotel, area perkemahan, toko cinderamata, jasa sewa papan selancar, dan ban renang.

9.2 Citumang Pangandaran

Gua Citumang Pangandaran

Citumang Pangandaran dapat dijangkau dengan kendaraan rute Cijulang, lalu naik ojek, dan dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri sungai dan perkebunan sejauh 500 m.

9.3 Pantai Karapyak

Berjarak sekitar 20 km dari Pantai Pangandaran tepatnya di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Ciamis. Hanya kendaraan pribadi atau sewa yang dapat mencapai Pantai Karapyak karena belum tersedia angkutan umum.

9.4 Green Canyon Pangandaran (Cukang Taneuh)

Green Canyon Pangandaran

Berjarak sekitar 130 km dari Kota Ciamis dan 35 kilometer dari Pantai Pangandaran. Destinasi wisata ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat.

9.5 Pantai Karang Nini

Terletak di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang. Terdapat hamparan batu-batu karang di pantai ini yang salah satunya berbentuk mirip dengan seorang nenek yang dalam Bahasa Sunda disebut Nini. Hal tersebut membuat pantai ini dijuluki Pantai Karang Nini.

9.6 Curug Taringgul (Green Jorge)

Destinasi wisata ini terletak di Jalan Cibanten, Dusun Cibuluh, Desa Kertayasa, Cijulang.

9.7 Sungai Tubing Santirah

Terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat, sekitar 15 km dari Pantai Pangandaran.

9.8 Curug Bojong

Terletak di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis

 

10. Tips Berkunjung

Tips Berkunjung

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke pantai ini, jangan lupa untuk ikuti beberapa tips di bawah ini ya agar liburan kamu lebih menyenangkan.

  1. Hati-hati dan patuhi perintah untuk berenang di tempat yang aman
  2. Gunakan jasa pemandu wisata untuk memudahkan anda berkenalan dengan Pantai Pangandaran
  3. Siapkan uang tunai karena mesin ATM jarang ditemui
  4. Siapkan lotion tabir surya dan anti serangga untuk melindungi diri kamu

 

Tertarik mengunjungi Pantai Pangandaran? Bersiaplah dari jauh-jauh hari dan jangan lupa jaga kesehatan agar dapat menikmati Pantai Pangandaran dengan puas. Sekian artikel tentang Pantai Pangandaran. Kalau berlibur ke Jawa Barat, jangan lupa mampir ke pantai terbaik di Pulau Jawa ini ya!

 

Referensi:

Pantai Pangandaran [internet]. Terdapat pada: https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai Pangandaran

Panduan Tips Pergi Liburan ke Pantai Pangandaran [internet]. Terdapat pada: https://pergimulu.com/panduan-tips-pergi-liburan-ke-pangandaran/

Tempatwisataseru.com

Phinemo.com

Keindahan Panorama Pantai Pangandaran [internet]. Terdapat pada: https://www.travelpangandaran.com/keindahan-panorama-pantai-pangandaran/

Info Wisata dan Transportasi Pangandaran [internet]. Terdapat pada: https://www.janganlupabahagia.com/2015/06/info-wisata-dan-transportasi-pangandaran.html

 

Editor: Mega Dinda Larasati

Pantai Pangandaran, Sang Primadona Semenanjung Jawa Barat
Rating: 4.9 from 10 votes

Recommended For You

About the Author: Julia Anjarwati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *