Pantai Pangandaran, Sang Primadona Semenanjung Jawa Barat

Diposting pada

Pantai Pangandaran merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Keindahan pantai ini memang sudah dikenal baik oleh para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Pantai ini memiliki dua sisi pantai yaitu pantai barat dan pantai timur. Pesona kedua sisi pantai ini memang tidak usah diragukan lagi, sehingga tak heran jika pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa. Nah, berikut ini beberapa informasi yang perlu kamu ketahui mengenai Pantai Pangandaran, sang primadona semenanjung Jawa Barat.

Pantai Pangandaran

 

1. Sekilas tentang Pantai Pangandaran

Keindahan pasir hitam dan pasir putih yang dimiliki Pantai Pangandaran membuat destinasi wisata ini sangat menarik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Ombak yang tenang ditambah keanggunan sunrise dan sunset membuat pesona pantai ini semakin menghipnotis para perngunjung.

Di pantai ini kamu juga bisa melihat para nelayan yang pergi pada pagi hari dan pulang sore hari dengan membawa ikan ke tepi pantai. Kamu juga dapat berpartisipasi aktif dan merasakan sensasi menarik jaring bersama mereka. Oleh karena itu, dulu pantai ini memiliki julukan sebagai Kota Nelayan Kecil.

Pantai Pangandaran memiliki dua sisi pantai yaitu sisi barat dan sisi timur. Pantai sisi barat merupakan tempat yang aman dan nyaman untuk keluarga. Di kawasan ini kamu bisa berenang dan berjemur di bawah sinar matahari sembari menikmati pemandangan sekitar pantai.

Di sekitar pantai kamu juga dapat menemui sejumlah goa alami dan juga goa buatan yang dibangun oleh Jepang pada masa perang dunia ke-2. Ada juga air terjun yang dapat kamu nikmati ketika berkunjung ke bukit. Bukit yang ada di sekitar pantai merupakan cagar alam yang ditinggali berbagai jenis satwa, seperti monyet, rusa, kerbau, dan masih banyak satwa lainnya.

Pantai sisi timur menyuguhkan surga bagi penggila makanan laut. Restoran dan warung makan banyak terdapat di kawasan ini. Selain itu, di pantai sisi timur ini kamu juga bisa mencoba berbagai olahraga air seperti jet ski dan banana boat.

 

2. Lokasi Pantai Pangandaran

Destinasi wisata alam yang satu ini terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

 

3. Akses

Perjalanan darat menggunakan bus dimulai dari Terminal Kampung Rambutan menuju Pangandaran menempuh jarak sekitar 700 km dengan waktu tempuh 8 jam. Sesampai di Terminal Pangandaran hanya berjarak 300 m saja kamu sudah sampai di pintu masuk gerbang pantai dan 100 m lagi menuju bibir pantai.

Perjalanan dari jalur udara juga bisa kamu tempuh untuk sampai di destinasi wisata ini. Penerbangan rute Jakarta-Pangandaran menggunakan pesawat Cessna Susi Air yang berangkat dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma dan rute Bandung-Pangandaran Susi Air.

 

4. Destinasi Wisata di Pantai Pangandaran

Bukan hanya keindahannya saja. Pantai Pangandaran juga punya berbagai destinasi yang dapat kamu nikmati. Berikut adalah berbagai kegiatan yang dapat kamu coba beserta destinasi-destinasi wisata terbaiknya.