Pantai Sanglen Gunungkidul Sepi Tapi Cantiknya Tidak Kesepian

Diposting pada

Anda butuh tempat dengan pemandangan indah dan suasana yang damai? Di Yogyakarta ada nih, pantai yang masih sepi dan jauh dari kebisingan kota, namun pemandangannya aduhai cantiknya. Wisata alam yang satu ini bernama Pantai Sanglen.

Penasaran? Baca sampai habis artikel di bawah ini yuk!

Pantai Sanglen (instagram.com)
Pantai Sanglen (instagram.com)

Pantai ini bernama Pantai Sanglen, letaknya ada di Dusun Kelor, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kurang lebih sekitar 70 km dan memakan waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam dari pusat Kota Yogyakarta.

Banyak yang bilang kalau Pantai Sanglen ini masih perawan karena belum banyak pengunjung yang mengetahui keberadaannya. Tidak seperti Pantai Watukodok yang lokasinya sangat dekat dan sudah dikenal banyak orang. Maka dari itu Pantai Sanglen sangat cocok sebagai tempat melarikan diri dari penatnya aktivitas harian.

Pantai ini memiliki ombak yang lumayan besar. Pasirnya berwarna putih yang merupakan pasir khas perairan selatan Gunungkidul. Selain itu, terdapat juga pohon cemara dan pohon pandan yang berjajar rapi di pinggiran pantai sehingga terlihat sangat cantik ketika dipotret.

Pantai Sanglen masih belum memiliki fasilitas yang memadai, hanya terdapat toilet sederhana dan warung makan yang letaknya juga tidak terlalu dekat dengan pantai. Jadi disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup.

Anda cukup membayar Rp 10.000 saja untuk menikmati Pantai Sanglen. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan beberapa pantai cantik lainnya seperti Pantai Watukodok, Pantai Indrayanti, dan masih banyak lagi. Lumayan lho paket hemat haha.

Sedangkan biaya parkirnya Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Jalan di daerah Dusun Kelor termasuk jalan yang mudah dilalui jadi tidak perlu khawatir lagi.

Anda cukup berjalan kaki selama 15 sampai 20 menit saja dari tempat parkir kendaraan untuk sampai di bibir pantai. Tetap hati-hati ya karena jalannya juga lumayan sempit dan curam.

Jika Anda ingin menenangkan diri bukankah rebahan di atas hammock adalah ide yang bagus? Jangan lupa bawa hammock ya. Enak nih rebahan sembari membaca buku ditemani alunan musik dari deburan ombak pula.

Kalau ingin berencana untuk bermain air di pantai harus hati-hati ya karena di sana ada bulu babi.

Di Pantai Sanglen ini ada tempat penyewaan alat camping juga lho. Jadi kalau ingin camping Anda bisa sewa di sini atau bawa sendiri dari rumah.

Liburan di Pantai Sanglen (instagram.com)
Liburan di Pantai Sanglen (instagram.com)

Itulah sedikit informasi mengenai Pantai Sanglen Gunungkidul Yogyakarta. Kalau main ke Jogja jangan sampai lupa mampir ke sini ya!

 

Editor:
Mega Dinda Larasati