Pantai Ngobaran, Tersihir Pesona Si Senja di Uluwatu Versi Jogja

Diposting pada

Banyak yang bilang kalau Yogyakarta termasuk ke dalam daftar daerah yang menjadi surganya wisata alam, mulai dari air terjun, pegunungan, hingga pantai.

Salah satu pantainya adalah Pantai Ngobaran yang ada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta dan lokasinya berdekatan dengan Pantai Ngrenehan. Lokasi lebih tepatnya ada di Dusun Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pura Pantai Ngobaran (instagram.com)
Pura Pantai Ngobaran (instagram.com)

Jika berkunjung ke pantai ini wangi menyan dan wewangian lainnya yang biasa digunakan untuk sembahyang akan menyambut Anda. Hal ini karena di Pantai Ngobaran terdapat tebing tinggi yang di atasnya ada bangunan Pura atau tempat sembahyang umat Hindu. Selain itu ada juga prasasti, beberapa arca, dan bangunan Joglo dengan aliran Kejawen.

Jika dilihat sekilas pemandangan tersebut sama seperti yang ada di Uluwatu Bali sehingga Pantai Ngobaran dijuluki Uluwatu Versi Jogja.

Pantai Ngobaran mempunyai pemandangan yang eksotik. Saat air surut Anda bisa melihat pemandangan hamparan rumput laut yang berwarna hijau dan coklat. Terlihat juga berbagai jenis binatang laut seperti bintang laut, landak laut, dan kerang-kerangan yang ada di sela-sela karang.

Pantai Ngobaran terlihat hijau (instagram.com)
Pantai Ngobaran terlihat hijau (instagram.com)

Saat sore hari di atas tebing Anda bisa melihat pemandangan berupa hamparan luas lautan berwarna biru dan pantulan cahaya Si Cantik Senja. Selain bisa memandangi kecantikan Si Pantai Ngobaran Anda juga bisa lho menyantap sedap kuliner seafood seperti udang, ikan ,kerang laut, dan cumi.

Namun pernahkah Anda mencoba untuk makan landak laut? Kalau belum Anda harus mencobanya di Pantai Ngobaran. Meskipun belum ada warung yang menjualnya tapi Anda bisa kok memesannya di penduduk sekitar.

Pantai Ngobaran (instagram.com)
Pantai Ngobaran (instagram.com)

Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 untuk masuk dan menikmati kecantikan Pantai Ngobaran. Biaya parkir mulai dari Rp 3000 sampai Rp 20.000 saja.

Pemandangan dan kulinernya sama-sama mempesona nih. Mungkin para pengunjungnya termasuk Anda juga ikut tambah mempesona kalau berkunjung ke sini haha.

Jangan lupa untuk ajak keluarga, teman, atau pasangan untuk mengunjungi Pantai Ngobaran agar liburan menjadi semakin seru. Jangan lupa juga untuk membuang sampah pada tempatnya ya!

Selamat berlibur!

Editor:

Mega Dinda Larasati