Pantai Losari Ikon Wisata Kota Makassar

Diposting pada

Pantai Losari adalah pantai yang paling terkenal di kota Makassar. Pantai ini bagaikan ikon wisata di kota yang terkenal dengan para pelautnya ini karena letaknya tepat di jantung kota.

Para penduduk lokal maupun wisatawan seringkali menghabiskan waktu di Pantai Losari untuk menikmati pemandangan matahari terbit maupun tenggelam yang sangat indah. Lokasi wisata alam ini sangat cocok dikunjungi bagi anda yang sedang berlibur di kota Makassar. Bagi anda yang menyukai fotografi pun di sini merupakan spot yang sangat bagus untuk mengabadikan momen-momen berharga.

Pantai Losari

 

1. Akses dan Lokasi

Pantai eksotis ini terletak di Kota Makassar, provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di sekitar jalan Penghibur.

Pantai Losari dapat diakses melalui pelabuhan Soekarno Hatta ataupun dari bandar udara Hasanuddin. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum dari pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, anda hanya membutuhkan waktu 15 menit saja untuk sampai di Pantai Losari. Namun apabila anda berangkat dari Bandara Hasanuddin waktu yang ditempuh cukup lama, yaitu sekitar 45 menit untuk mencapai pantai ciamik ini.

Bila lokasi anda berada di Jabodetabek, mungkin destinasi wisata alam berikut dapat menjadi salah satu rencana liburan anda:

 

2. Destinasi Wisata di Pantai Losari

Senja di Pantai Losari

Tidak seperti pantai-pantai lainnya, Pantai Losari tidak memiliki pasir sehingga anda tidak dapat bermain pasir di pantai ini. Selain itu, anda juga dilarang untuk berenang di sekitar pantai ini karena perairannya sangatlah dalam sehingga berbahaya untuk kegiatan berenang, tetapi di pantai ini disediakan wahana permainan air yang tidak kalah seru, seperti perahu, sepeda air, dan banana boat.

Kegiatan memancing biasanya dilakukan oleh banyak orang di tanggul beton yang sebenarnya untuk menahan ombak. Pantai Losari juga seringkali dimanfaatkan untuk kegiatan berolahraga, misalnya di hari Minggu pagi biasanya kebanyakan orang datang ke Pantai Losari untuk lari pagi karena udaranya yang sejuk.

Keistimewaan pantai Losari ini adalah anda bisa menikmati pemandangan terbit dan tenggelamnya sang matahari pada satu posisi yang sama. Sunrise dan sunset dalam satu tempat yang sama menjadikan destinasi wisata ini cocok dikunjungi pada pagi ataupun menjelang malam.

 

3. Fasilitas

Fasilitas yang ditawarkan Pantai Losari tidaklah jauh berbeda dengan pantai lainnya, namun yang menarik di sini adalah fasilitas free WiFi! Enak bukan, anda bisa berselancar di dunia maya sembari menikmati pemandangan dan sejuknya angin pantai.

Di pantai ini juga disediakan masjid, tetapi uniknya masjid ini terapung dan memiliki dua kubah berdiameter 9 meter. Anda juga bisa naik ke atas kubah dengan dua tangga samping yang mengelilingi masjid lalu anda juga dapat bersantai dan beristirahat.

Transportasi umum seperti becak, taksi, bus, dan lain sebagainya yang dapat anda gunakan untuk berkeliling sepanjang Pantai Losari pun tersedia di pantai ini. Jadi jangan khawatir kehabisan moda transportasi, apalagi letaknya yang di pusat kota menyebabkan tranportasi umum selalu ada.

 

4. Hotel dan Penginapan

Hotel di Sekitar Pantai Losari

Dikarenakan Pantai Losari terletak di jantung kota Makassar, maka anda tidak perlu repot-repot mencari tempat menginap karena di sekitar pantai banyak penginapan berbagai kelas, mulai dari wisma sampai hotel berbintang.

Hotel dekat pantai Losari yang direkomendasikan yaitu Hotel Aryaduta Makassar dan Makassar Golden Hotel karena letaknya sangat dekat dengan pantai Losari yang mana untuk sampai di pantai tersebut cukup hanya berjalan kaki ke luar hotel saja.

 

5. Wisata Kuliner

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Pantai Losari tapi tak mencoba berbagai makanan khas Makassar. Apalagi pantai Losari terkenal dengan tenda-tenda penjual makanan yang berjejeran di sepanjang garis pantai. Berikut rekomendasi 7 santapan yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Pantai Losari.

Pantai Losari Ikon Wisata Kota Makassar
Rating: 4.5 from 11 vote[s]