Pantai Losari adalah pantai yang paling terkenal di kota Makassar. Pantai ini bagaikan ikon wisata di kota yang terkenal dengan para pelautnya ini karena letaknya tepat di jantung kota.

Para penduduk lokal maupun wisatawan seringkali menghabiskan waktu di Pantai Losari untuk menikmati pemandangan matahari terbit maupun tenggelam yang sangat indah. Lokasi wisata alam ini sangat cocok dikunjungi bagi anda yang sedang berlibur di kota Makassar. Bagi anda yang menyukai fotografi pun di sini merupakan spot yang sangat bagus untuk mengabadikan momen-momen berharga.

Pantai Losari

 

1. Akses dan Lokasi

Pantai eksotis ini terletak di Kota Makassar, provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di sekitar jalan Penghibur.

Pantai Losari dapat diakses melalui pelabuhan Soekarno Hatta ataupun dari bandar udara Hasanuddin. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum dari pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, anda hanya membutuhkan waktu 15 menit saja untuk sampai di Pantai Losari. Namun apabila anda berangkat dari Bandara Hasanuddin waktu yang ditempuh cukup lama, yaitu sekitar 45 menit untuk mencapai pantai ciamik ini.

Bila lokasi anda berada di Jabodetabek, mungkin destinasi wisata alam berikut dapat menjadi salah satu rencana liburan anda:

 

2. Destinasi Wisata di Pantai Losari

Senja di Pantai Losari

Tidak seperti pantai-pantai lainnya, Pantai Losari tidak memiliki pasir sehingga anda tidak dapat bermain pasir di pantai ini. Selain itu, anda juga dilarang untuk berenang di sekitar pantai ini karena perairannya sangatlah dalam sehingga berbahaya untuk kegiatan berenang, tetapi di pantai ini disediakan wahana permainan air yang tidak kalah seru, seperti perahu, sepeda air, dan banana boat.

Kegiatan memancing biasanya dilakukan oleh banyak orang di tanggul beton yang sebenarnya untuk menahan ombak. Pantai Losari juga seringkali dimanfaatkan untuk kegiatan berolahraga, misalnya di hari Minggu pagi biasanya kebanyakan orang datang ke Pantai Losari untuk lari pagi karena udaranya yang sejuk.

Keistimewaan pantai Losari ini adalah anda bisa menikmati pemandangan terbit dan tenggelamnya sang matahari pada satu posisi yang sama. Sunrise dan sunset dalam satu tempat yang sama menjadikan destinasi wisata ini cocok dikunjungi pada pagi ataupun menjelang malam.

 

3. Fasilitas

Fasilitas yang ditawarkan Pantai Losari tidaklah jauh berbeda dengan pantai lainnya, namun yang menarik di sini adalah fasilitas free WiFi! Enak bukan, anda bisa berselancar di dunia maya sembari menikmati pemandangan dan sejuknya angin pantai.

Di pantai ini juga disediakan masjid, tetapi uniknya masjid ini terapung dan memiliki dua kubah berdiameter 9 meter. Anda juga bisa naik ke atas kubah dengan dua tangga samping yang mengelilingi masjid lalu anda juga dapat bersantai dan beristirahat.

Transportasi umum seperti becak, taksi, bus, dan lain sebagainya yang dapat anda gunakan untuk berkeliling sepanjang Pantai Losari pun tersedia di pantai ini. Jadi jangan khawatir kehabisan moda transportasi, apalagi letaknya yang di pusat kota menyebabkan tranportasi umum selalu ada.

 

4. Hotel dan Penginapan

Hotel di Sekitar Pantai Losari

Dikarenakan Pantai Losari terletak di jantung kota Makassar, maka anda tidak perlu repot-repot mencari tempat menginap karena di sekitar pantai banyak penginapan berbagai kelas, mulai dari wisma sampai hotel berbintang.

Hotel dekat pantai Losari yang direkomendasikan yaitu Hotel Aryaduta Makassar dan Makassar Golden Hotel karena letaknya sangat dekat dengan pantai Losari yang mana untuk sampai di pantai tersebut cukup hanya berjalan kaki ke luar hotel saja.

Baca juga  7 Tips Berlibur ke Pantai

 

5. Wisata Kuliner

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Pantai Losari tapi tak mencoba berbagai makanan khas Makassar. Apalagi pantai Losari terkenal dengan tenda-tenda penjual makanan yang berjejeran di sepanjang garis pantai. Berikut rekomendasi 7 santapan yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Pantai Losari.

5.1 Pisang Epe

Pisang Epe

Pisang epe ini adalah olahan pisang yang unik dan berbeda dengan olahan pisang yang lainnya, seperti pisang goreng ataupun pisang bakar. Pisang epe ini berbentuk gepeng dan dimasak dengan cara dibakar. Setelah matang, pisang ini disiram dengan saus gula merah.

Saat ini penjual pisang epe semakin kreatif untuk menjajakan dagangannya, mereka menambahkan topping yang beragam seperti parutan keju, parutan coklat, dan lain-lain jadi anda tidak perlu khawatir akan rasa pisang epe ini. Jajanan ini biasanya dijajakkan dengan menggunakan gerobak-gerobak.

5.2 Sup Konro

Sup Konro

Dalam sup konro, biasanya tersaji iga sapi yang dibalur dengan kuah yang terbuat dari berbagai macam rempah-rempah khas Indonesia. Sesuai dengan namanya konro berarti sapi, makanan ini menggunakan bahan utamanya dari hewan tersebut. Kami merekomendasikan Sup Konro Karebossi yang berada di jalan Ujung Pandang yang jaraknya hanya 1,5 km dari Pantai Losari.

5.3 Coto Makassar

Coto Makassar

Coto Makassar atau Coto Mangkasara ini adalah makanan tradisional Makassar dengan isi jeroan sapi yang direbus hingga empuk, setelah itu dipotong-potong dan disiram dengan kuah. Makanan ini paling pas disantap dengan ketupat atau lontong. Jika ingin mencoba masakan yang jadi ikon kota Makassar ini, cukup datang ke Coto Nusantara di Jalan Ratulangi No. 35, sekitar 1 km dari Pantai Losari.

5.4 Pallubasa

Pallubasa

Sama seperti Coto Makassar yang berisi jeroan sapi dengan rempah yang beragam, namun perbedaannya makanan ini disajikan dengan  topping kelapa goreng sebagai pengganti bawang goreng. Masakan ini berkuah kental dan biasanya ditambah dengan telur mentah. Masakan ini nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Penjual pallubasa di dekat Pantai Losari berada di Jalan Datu Museng.

5.5 Mie Titi

Mie Titi

Mie Titi adalah mie dari Makassar yang digoreng hingga kering dan ditambah dengan kuah kental. Mie ini biasanya juga ditambah daging atau telur dan potongan sayuran. Mie ini dijual di Warung mie titi di Jalan Bulu Kunyi.

5.6 Sup Ubi

Sup Ubi adalah sup dengan isian potongan dadu singkong rebus yang kemudian ditambahkan berbagai topping dan sayuran, seperti tauge, bawang goreng dan seledri. Penjual sup ubi di dekat Pantai Losari ada di daerah Datu Museng.

5.7 Es Palu Butung

Es Palu Butung

Anda juga harus menyegarkan tenggorokan dengan es ini, apalagi di daerah Makassar yang terkenal panas. Es palu butung memang sedikit mirip dengan es pisang hijau, tetapi bedanya es pisang hijau pisangnya dilapisi dengan dadar yang terbuat dari tepung beras dan dicampur santan serta pewarna hijau, sedangkan es palu butung hanya menggunakan pisang kukus tanpa dilapisi tepung. Jika ingin menikmati es ini cukup datang ke Warung Bravo di Jalan Andalas.

 

6. Objek Wisata di Sekitar Pantai Losari

Wisata di Makassar bukan hanya Pantai Losari saja, tapi ada beberapa objek wisata di sekitar Pantai Losari yang tak kalah hits dan keren. Berikut adalah objek wisata sekitar Pantai Losari.

6.1 Pulau Kayangan

Pulau Kayangan

Pulau dengan luas tak lebih dari 1 hektare ini mulai ramai dikunjungi wisatawan karena pulai ini menawarkan pemandangan indah dan pantai pasir putih. Sunset dan suasana tenang di pulau ini menjadi incaran para wisatawan. Untuk menuju Pulau Kayangan, wisatawan hanya perlu menyebrang dengan perahu motor kurang lebih 15 menit saja. Untuk penginapan, di Pulau ini juga sudah tersedia beberapa penginapan.

Baca juga  Wayag di Raja Ampat

6.2 Pulau Samalona

Pulau Samalona

Pulau kecil ini luasnya tak lebih dari 2 hektare dan terletak tak jauh dari Pantai Losari. Pulau Samalona ini selalu menjadi incaran para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan bawah laut. Pulau ini memiliki pasir putih lembut dan ombak yang tenang, tak heran jika pulau ini cocok dijadikan tempat snorkeling. Ada banyak jenis ikan warna-warni dan terumbu karang yang masih alami di sini.

6.3 Masjid Terapung Makassar

Masjid Terapung Makassar

Masjid yang memiliki nama asli Masjid Amirul Mukminin ini juga dikenal sebagai tempat wisata religi di kota Makassar, bahkan masjid ini adalah ikonnya. Hal yang lebih kerennya lagi masjid ini adalah masjid terapung pertama di Asia Tenggara.

Kamu bisa menikmati sunset di sini dan bersantai sambil menikmati pemandangan laut. Lokasi Masjid ini berada di dekat Pantai Losari tepatnya Jalan Penghibur No. 289, Losari, Makassar.

6.4 Benteng Fort Rotterdam

Fort Rotterdam

Benteng ini adalah ikon wisata sejarah milik kota Makassar yang merupakan benteng sisa peninggalan kolonial Belanda. Di benteng ini wisatawan dapat melihat benda peninggalan zaman dulu seperti alat pertanian, penggilingan padi, pakaian adat daerah, dan peninggalan dalam bentuk gulungan.

Benteng ini dibangun pada masa kerajaan Gowa Tallo tahun 1545. Benteng ini pula konon katanya dibangun hanya menggunakan tanah liat dan putih telur.

 

7. Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang penting untuk anda simak apabila anda ingin berkunjung ke Pantai Losari.

  • Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan latar belakang tulisan raksasa “Pantai Losari”.
  • Waktu berkunjung ke Pantai Losari direkomendasikan pada pukul 15.00 – 21.00 WIB agar mendapatkan pemandangan khas senja di tepi pantai.
  • Setiap minggu pagi, berbagai jajanan dan aneka makanan tradisional tersedia di Pantai Losari.

 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari informasi tentang Pantai Losari. Apabila berkenan silakan bantu kami untuk like dan share artikel ini yah.

 

Referensi:

Wisata Nasional. 2018. Pantai Losari [internet] [https://wisatanasional.net/wisata-nasional-pantai-losari-makassar] diakses 26 Mei 2018.

Aksaraku. 2018. Pantai Losari [internet] [www.bennyrhamdani.com] diakses 26 Mei 2018.

Nusa Trip. 2018. Pantai Losari [internet] [www.nusatrip.com] diakses 26 Mei 2018.

IDN Times. 2018. ___ [internet] [food.idntimes.com] diakses 26 Mei 2018.

Phinemo. 2018. ___ [internet] [phinemo.com] diakses 26 Mei 2018.

Wikipedia. 2018. ___ [internet] [id.wikipedia.com] diakses 26 Mei 2018.

Pantai Losari Ikon Wisata Kota Makassar
Rating: 4.5 from 11 votes