Pantai Carita, Pantai Penuh Cerita di Hati Para Wisatawan

Diposting pada

Pantai Carita merupakan salah satu objek wisata yang berlokasi di Pandeglang, Banten. Sesuai namanya, pertama keberadan pantai ini hanya merupakan sebuah cerita atau mitos yang beredar di masyarakat. Cerita yang menyebar dari mulut ke mulut menyebutkan bahwa terdapat pantai yang sangat indah di daerah Pandeglang. Beberapa orang kemudian mulai mencari keberadaan pantai tersebut untuk membuktikan kebenaran cerita tersebut yang ternyata memang benar adanya.

Hamparan pasir putih yang berwarna kontras dengan warna air laut membuat setiap mata yang memandangnya akan terpana. Di pantai ini, wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan Gunung Anak Krakatau yang terlihat dari kejauhan.

Selain itu, wisatawan juga dapat melihat keindahan matahari terbit di pagi hari dan matahari tenggelam di sore hari. Cerminan matahari yang terpancar di muka air laut dengan warna yang sangat menakjubkan akan memanjakan mata.

Sunset di Pantai Carita

 

1. Lokasi

Advertisement nature photography

Pantai Carita terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten, atau lebih tepatnya di Padi Barat Provinsi Banten. Pantai ini telah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam berdasarkan SK Menteri Pertanian No. 440/ kpts/ UM/ 1978 pada tanggal 15 Juli 1978.

 

2. Akses Menuju Pantai Carita

Meskipun lokasi Pantai Carita ini terbilang jauh dari perkotaan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kondisi jalan yang ada lumayan bagus dan tidak bergelombang/berlubang.

Jika ingin mengunjungi pantai ini dari Jakarta, gunakan rute yang melewati tol Jakarta Merak dan ikuti petunjuk arah hingga ke Pantai Carita. Biasanya perjalanan dari Jakarta menuju pantai ini dapat dilakukan dalam waktu paling cepat sekitar 3 jam.

Selain dari Jakarta, kamu juga dapat pergi ke lokasi wisata dari Kabupaten Bogor. Jika perjalanan dimulai dari Kota Bogor, maka jalur yang dapat ditentukan adalah jalur ke arah Pandeglang atau jalur Serang.

 

3. Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Carita sangat bersahabat dengan kantong dan sebanding dengan keindahan alam serta fasilitas yang ditawarkan. Hal ini membuat Pantai Carita sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata alam kamu berikutnya.

Jenis TiketTarif Masuk & Parkir (Rp)
Per orang15.000
Motor10.000
Mobil30.000
Bus Mini500.000, sudah termasuk tiket
Bus Besar800.000, sudah termasuk tiket

 

4. Fasilitas

Pasir Putih di Pantai Carita Banten

Di Pantai Carita terdapat beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, antara lain:

  • Banana Boat, kamu bisa bermain banana boat bersama kawan atau keluarga dan menikmati segarnya air laut.
  • Jetski, kamu juga bisa memicu adrenalin dengan jetski dan mencoba mengarungi Pesisir Pantai Carita.
  • Diving dan Snorkling, keindahan pantai carita tidak hanya di permukaan air laut saja. Pantai Carita ini memiliki keindahan biota laut yang dapat memanjakan mata.

Selama liburan di pantai ini kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa Life Guard yang akan selalu siap untuk menjaga keamanan sekitar pantai. Namun, kamu juga harus selalu berhati-hati ya ketika bermain di pantai ini.

 

5. Hotel dan Penginapan

Penginapan dan Hotel

Bagi kamu yang ingin menghabiskan malam di sini tidak perlu khawatir karena ada banyak hotel dan kamar yang dapat dipesan jauh-jauh hari. Harganya pun beragam mulai dari yang paling murah Rp 150.000 hingga Rp 1.500.000 per malam dengan fasilitas yang beragam.

Hotel yang paling murah untuk menginap adalah Hotel Wira Carita. Tarif menginap di hotel ini per malamnya Rp 150.000 – Rp 200.000 untuk kamar non-AC. Kamar yang menggunakan AC tarif per malamnya Rp 238.000 – Rp 298.000.

Selain itu, ada pula Bintang Laut Resort dengan tarif per malamnya Rp 1.354.814. Di sekitar tempat wisata ini juga terdapat homestay yang harganya jauh lebih murah.

 

6. Kuliner

Berwisata Kuliner

Setelah puas menikmati pemandangan dan wisata alam di Pantai Carita, sudah pasti perut akan terasa lapar. Di sini kamu tidak perlu khawatir dengan pilihan makanan yang tersedia karena tersedia berbagai macam makanan mulai dari jajanan biasa hingga makanan yang berbeda.

Makanan yang di sekitar pantai biasanya merupakan hasil olahan seafood yang bisa diperoleh dengan harga sekitar Rp 70.000 per kilo yang sudah dilengkapi dengan bumbu dan saladnya. Kamu juga bisa membeli ikan segar dengan harga mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 50.000.

Kamu juga bisa mengunjungi Rumah Makan Ibu yang berlokasi di Jalan Raya Pantai Carita Km 10 atau sekitar 5 km dari Pantai Carita. Restoran ini dapat dikatakan sebagai restoran yang wajib dikunjungi oleh wisatawan karena menu makanan seafood yang sangat lezat dan tempat yang lumayan nyaman.

Menu andalan restoran ini adalah otak-otak yang bisa dibeli dengan harga Rp 50.000.

Jika dahaga mulai menyerang, kamu tidak perlu jauh-jauh mencari toko yang menjual minuman. Kamu hanya perlu mencari penjual es kelapa muda di sekitar pantai. Selain harganya yang cukup terjangkau yaitu Rp 6.000. Minuman ini akan membuat tubuhmu terasa segar di tengah panasnya udara pantai.

 

7. Destinasi Wisata

Suasana di Pantai Carita

Berikut ini beberapa tempat wisata yang dapat Anda nikmati di Pantai Carita: