Pesona Pantai Base G Kota Jayapura Papua

Diposting pada

Sekitar 30 menit dari Kota Jayapura terdapat tempat wisata alam menarik. Wisata alam yang lokasinya tidak jauh dari kota ini memiliki pemandangan sangat indah. Wisata alam ini bernama Pantai Base G dibacanya Besji ya bukannya Basege haha.

Pantai Base G (instagram.com)
Pantai Base G (instagram.com)

Dinamakan Pantai Base G karena dulu pada masa Perang Dunia ke-2, pantai ini digunakan sebagai homebase oleh pasukan sekutu. Huruf G yang merupakan abjad urutan ke-7 menandakan bahwa pantai ini adalah homebase ke-7.

Pemandangan hamparan pasir putih dan birunya air laut yang menyatu dengan langit akan menghipnotis Anda untuk menikmatinya berlama-lama.

Di sini juga terdapat beberapa pohon rindang untuk berteduh. Salah satunya adalah Pohon Keben yang merupakan tanaman berbentuk pohon dan memiliki kayu lunak dengan ketinggian sekitar 4 sampai 16 meter.

Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini berasal dari berbagai kalangan. Misalnya, anak-anak muda, rombongan keluarga, bahkan persekutuan gereja.

Jika ingin membuang lelah dengan suasana sepi Anda bisa datang di hari Minggu pagi. Hal ini dikarena banyak penduduk yang masih beribadah di gereja. Saat siang hari dan semakin ke sore hari pantai ini akan semakin ramai.

Advertisement nature photography

Semua bangku dan pondok yang tersedia akan penuh bahkan tak sedikit orang yang rela menggelar tikar demi menikmati pemandangan dengan ditemani ramahnya angin sepoi-sepoi.

Menikmati Suasana Pantai (instagram.com)
Menikmati Suasana Pantai (instagram.com)

Setelah menikmati kecantikan Pantai Base G Anda diwajibkan untuk mengumpulkan sampah dan meninggalkannya di samping pondok untuk dikelola oleh pemilik pondok. Cara ini diharapkan mampu membuat pantai tetap bersih dan nyaman untuk dikunjungi.

Anda cukup membayar biaya sekitar Rp 5000 sampai Rp 50.000, tergantung kendaraan yang Anda kendarai. Jika ingin menyewa pondok Anda cukup membayar Rp 100.000 saja.

Pantai Base G ini masih dianggap sebagai tanah ulayat atau tanah adat sehingga masyarakat setempat dan para petinggi adat mengakui bahwa merekalah yang pantas untuk mengelola tempat ini.

Jadi jika berkunjung ke Pantai Base G jangan kaget jika bertemu dengan sekelompok orang yang meminta atau memungut sejumlah uang sebagai tarif atau tiket masuk.

Itu tadi sedikit informasi tentang Pantai Base G yang ada di Kota Jayapura. Jika ke Tanah Mutiara Hitam jangan lupa mampir ya! Semoga artikelnya bermanfaat.

 

Editor:
Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.