Berkunjung ke Pantai Bahuluang, Pikiran dan Hari Auto Segar

Diposting pada

Kepulauan Selayar memang terkenal dengan wisata baharinya yang menawarkan berbagai pemandangan bawah laut super mempesona. Julukan surga tersembunyi juga tidak salah jika diberikan kepada salah satu tempat wisata yang berada di selatan Pulau Selayar yaitu Pulau Bahuluang.

Pulau Bahuluang berada di Desa Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Pantai Bahuluang (instagram.com)
Pantai Bahuluang (instagram.com)

Pulau Bahuluang adalah suatu patahan karang yang ikut terbawa arus dan kemudian membentuk daratan kecil di tengah lautan secara alami. Pemandangan bebatuan, air yang jernih, dan hamparan pasir putih dapat Anda temukan di tempat wisata alam yang satu ini.

Ternyata tidak hanya daratannya saja yang super cantik namun surga bawah lautnya juga tidak kalah mempesona lho. Anda wajib menikmatinya dengan melakukan snorkeling atau diving.

Bentuk pulau ini akan berubah di setiap musim. Masyarakat sekitar percaya bahwa yang mengubah bentuknya adalah seekor gurita raksasa penunggu laut Pulau Bahuluang.

Selain menikmati sensasi berjalan di atas patahan-patahan karang Anda juga bisa bertemu dengan artisnya anak indie lho. Siapa lagi kalau bukan senja? Haha.

Jangan lupa untuk bawa bekal dan peralatan yang dibutuhkan ya karena di Pulau Bahuluang tidak ada fasilitas apapun jadi Anda harus mempersiapkan semuanya sendiri. Ingat, jangan sampai buang sampah sembarangan! Mengotori alam itu perbuatan yang tidak baik .

Akses untuk menuju Pulau Bahuluang bisa dimulai dari kota Makassar ke pelabuhan fery Bulukumba menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Akses ini memerlukan waktu sekitar 4 sampai 5 jam.

Sesampainya di Pelabuhan Bulukumba Anda bisa menggunakan kapal fery menuju Pelauhan Selayar selama 2,5 jam lamanya.

Setelah itu di kota Benteng Anda akan menempuh perjalanan selama 45 menit samapai 1 jam menuju Kampung Appatanah. Kemudian Anda harus naik perahu jenis jolloro dengan kapasitas 10 sampai 15 orang.

Guna menghemat biaya disarankan untuk berkunjung ramai-ramai atau rombongan karena biaya transportasi yang dibutuhkan bisa saja menghabiskan sekitar Rp 500.000 sampai 1 juta.

Itulah sedikit ulasan tentang Pulau Bahuluang yang mempesona. Anda bisa datang dan membuang segala penat di sini lho.

 

Editor:
Mega Dinda Larasati