Mau Ke Semarang, Enaknya Naik Apa Sih?

Diposting pada

Jawa tengah juga memiliki tempat-tempat dan kota yang banyak menjadi tujuan wisata,baik turis domestik maupun dari mancanegara. Tidak hanya Yogyakarta dan Solo, wilayah yang bisa dikunjungi di Jawa tengah adalah Semarang.

Sebagai ibukota provinsi, Semarang telah menjadi destinasi liburan karena banyaknya tempat yang bisa dikunjungi selain juga mudah dalam diakses.

Tempat Wisata Semarang
Tempat Wisata Semarang

Akses mudah menjadi faktor penting yang mendukung majunya industri pariwisata suatu daerah, termasuk ke Semarang.  Kemudahan dan kenyamanan dalam mencapai destinasi tersebut menjadi salah satu faktor untuk menjadikan sebuah tempat menjadi destinasi saat liburan tiba.

Kemudahan memilih alat transportasi  membuat pelancong dari berbagai wilayah mudah untuk mendatangi sebuah destinasi liburan. Lalu bagaimana dengan anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di Semarang? Alat transportasi apakah yang sebaiknya menjadi pilihan anda?

Jalur Udara

Untuk mencapai Semarang dengan waktu tempuh yang lebih singkat, anda bisa memilih menggunakan pesawat. Pemilihan penggunaan pesawat juga dapat diambil jika anda berasal dari luar pulau Jawa atau bahkan luar negri.

Bandara Ahmad Yani
Bandara Ahmad Yani

Semarang memiliki bandar udara bernama Jendral Ahmad Yani yang baru saja diresmikan namanya pada tahun 2018 lalu oleh Presiden RI Joko Widodo. Dulunya bandara ini bernama Pelabuhan Udara Kalibanteng. Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani di Semarang ini melayan penerbangan dari dan ke Semarang dengan berbagai maskapai.

Bandara internasional ini telah melayan rute dari hampir seluruh wilayah di Indonesia dan manca negara. Maka dari itu kini berkunjung ke Semarang bisa menjadi lebih mudah dan cepat. Demi kemudahan anda bisa mencari tiket pesawat dengan harga dan maskapai yang anda inginkan dengan pembelian online.

Perlu diperhatikan bahwa harga tiket pesawat adalah akan berubah sesuai dengan waktu pemesanan dan promo ataupun event yang berlangsung.

Jalur Darat

Berlibur ke Semarang melalui jalur darat bisa ditempuh melalui dua jenis alat transportasi. Alat transportasi pertama adalah dengan bus. Banyak sekali bus antar kota maupun antar provinsi dengan berbagai macam kelas dan fasilitas  yang akan mengantar anda menuju kota Semarang.

Menggunakan bus biasanya akan memakan biaya yang lebih ringan dibandingkan dengan membeli tiket pesawat, namun beberapa orang mengalami mabuk ketika menaiki bus, untuk itu kereta seringkali dipilih. Ke kota lumpia naik kereta memiliki berbagai keunggulan.

Kereta api kini menjelma menjadi sarana transportasi yang kian digemari. Selain memiliki berbagai macam kelas dan fasilitas, kebersihannya juga terjamin. Dengan harga tiket yang bervariasi sesuai dengan kelas nya, kereta api  sangat nyaman walaupun anda berada di kelas ekonomi.

Kerata Api
Kerata Api

Dengan rel yang tersendiri, kereta api menghadirkan transportasi yang tidak hanya nyaman namun juga cepat karena tidak terkendala kemacetan lalu lintas. Harga tiket dari kelas yang bervariasi pun membuat anda dapat memilih harga tiket sesuai dengan keinginan ataupun budget yang anda siapkan.

Anda tentu tidak mau boros hanya karena dalam perjalanan liburan. Kemudahan juga hadir karena anda bisa membeli tiket di manapun melalui aplikasi dan secara  online tanpa  harus mendatangi stasiun.

Selain bus dan kereta api, anda juga bisa datang ke kota Lawang Sewu ini menggunakan mobil pribadi. Mobil pribadi digunakan karena memudahkan dalam membuat jadwal perjalanan liburan. Jika anda tidak ingin terpaku jadwal yang disediakan oleh bus atau stasiun kereta api , maka anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Kini jalan tol semakin panjang dan akan membuat perjalanan mengendarai mobil akan lebih mudah dan cepat. Namun tentu saja ada kelemahan ketika anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Menyetir merupakan kegiatan yang melelahkan, apalagi perjalanan jarak jauh.

Jika anda tidak mempunyai supir pengganti, maka anda harus sering beristirahat sepanjang perjalanan. Selain memakan waktu lebih lama, bisa saja ketika anda telah sampai di tempat liburan malah merasa lelah dan tidak menikmati waktu berlibur.

Dari berbagai pilihan kendaraan yang bisa anda gunakan, tentu pilihan terletak pada anda. Sesuaikan kemampuan dan budget anda. Pastikan waktu liburan menjadi waktu kebersamaan yang bermakna.

Jangan sampai tenaga dan budget anda habis dalam perjalanan, karena anda pati membutuhkan dan yang cukup ketika di tempat liburan nanti.