Manajemen Hutan: Pengertian, Jurusan, Prospek Pekerjaan, dan Tantangan

Diposting pada

7.17 Pengelolaan DAS Terpadu

Mata kuliah ini membahas ekosistem hutan dalam suatu DAS sebagai unit ekosistem, zonase ekosistem hutan dalam suatu DAS, dasar-dasar pembagian fungsi hutan di satu DAS, evaluasi kemampuan lahan dan arahan fungsi lahan, ekosistem hutan, rehabilitasi hutan, pengenalan teknik rehabilitasi DAS dan manajemen lahan berbasis SIG (Sistem Informasi Geografis).

7.18 Biometrika Hutan

Mata kuliah Biometrika Hutan membahas berbagai materi dalam bidang ilmu kehutanan yang bersifat memberikan bekal alat analisis kuantitatif melalui pendekatan statistika dan pemodelan sistem untuk mengantarkan mahasiswa kehutanan memahami fenomena biologi hutan dan sistem pengelolaan hutan dan lingkungan.

Sebagai syarat dari mata kuliah ini mahasiswa wajib menguasai dasar-dasar statistika (sebaran, pendugaan parameter, dan pengujian hipotesis) dan matematika.

Sub bahasan mata kuliah ini adalah ruang lingkup biometrika hutan, pengertian tentang struktur data dan analisis yang sesuai, analisis hubungan untuk satu atau lebih banyak variabel, analisis untuk data cacah dan kategori, model pertumbuhan, teori sistem, tahapan analisis sistem, dinamika sistem, serta pemodelan spasial dan soft system methodology untuk pengelolaan hutan dan lingkungan.

7.19 Penilaian Hutan

Mata kuliah ini membahas beragam macam manfaat dari ekosistem hutan yang berwujud nyata (tangible) dan tidak nyata (intangible), manfaat yang memiliki pasar dan tidak memiliki pasar, nilai ekonomi-ekologi setiap jenis hasil hutan berupa kayu maupun non kayu, penilaian (appraisal) menggunakan metode penilaian tertentu yang diperlukan untuk menguantifikasi nilai ekonomi-ekologi setiap macam manfaat tersebut, serta penilaian hutan sebagai keperluan dalam perencanaan kehutanan dan pengelolaan sumberdaya hutan.

7.20 Analisis Kebijakan Kehutanan

Mata kuliah ini membahas konsep kebijakan pengelolaan sumberdaya hutan, menjelaskan permasalahan pengelolaan sumberdaya hutan, serta memahami pilihan kebijakan yang optimal.

7.21 Operasi Pemanfaatan Hutan

Mata kuliah ini membahasi perencanaan pemanenan hutan sampai dengan operasionalisasi pelaksanaan pemanenan dalam pengelolaan hutan khususnya pemanenan hutan berupa kayu.

Cakupan materi kuliah ini adalah perencanaan petak tebang dan areal layak tebang, perhitungan rencana produksi tebangan, perencanaan detail jalan sarad dan TPn (tempat pengumpulan kayu), perencanaan tenaga kerja dan biaya pemanenan, perencanaan jadwak operasi pemanenan, risalah umum tentang peralatan dan mesin, pemilihan peralatan dan perhitungan jumlah kebutuhan peralatan dan mesin pemanenan, penjadwalan dan pengalokasian peralatan dan mesin pemanenan, serta metode kerja dan pengukuran kerja.

7.22 Analisis Biaya Pengelolaan Hutan

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep optimasi dalam kegiatan pengelolaan hutan, menghitung biaya (tetap, variabel, dan produksi) baik pada pengelolaan hutan secara swakelola (IUPHHK-HA, IUPHHK-HT, dan industri perkayuan) maupun berdasarkan kontra, biaya produksi produk ganda dan bersama, produk utama dan ikutan (pemanfaatan limbah), memanfaatkan informasi biaya untuk analisis investasi dan pengendalian biaya operasi kegiatan pengelolaan hutan, serta dapat menganalisis dan memilih pola hubungan pemberi dan penerima kepercayaan (kemitraan) yang efisien dan efektif.

7.23 Ilmu Kerja Hutan

Mata kuliah ini menjelaskan tentang sistem manusia dan produksi dalam lingkup pekerjaan hutan yang komplek melalui aspek hubungan antara manusia-manusia, manusia-mesin, dan manusia-lingkungan kerja dalam perspektif anatomi, fisiologi, dan prikologi yang dijabarkan melalui aspek kapasitas kerja, pengukuran kerja, dan perlindungan K3.

Selain itu terdapat pula berbagai sumber bahaya dalam kegiatan kerja baik yang berasal dari lingkungan fisik-biologi-kimia, antrometri, postur kerja, penerapan prinsip ergonomi dalam desain alat pelindung diri dan mesin, manajemen K3, serta penerapan sosial responsibility-nya.