Konservasi Eks Situ Flora Jawa Barat di Taman Kehati Aqua Subang

Diposting pada

Konservasi eks situ merupakan kegiatan melindungi spesies tumbuhan dan hewan langka yang terancam di habitatnya sehingga dipindahkan ke habitat lain yang lebih aman. Kegiatan konservasi ini sangat penting untuk menjaga plasma nutfah agar tidak punah di alam.

Kegiatan konservasi flora di Jawa Barat selain dilakukan di hutan konservasi, juga dilakukan di luar kawasan hutan konservasi (secara eks situ). Salah satu upaya konservasi eks situ flora Jawa Barat dilakukan oleh PT Tirta Investama Plant Subang.

Kegiatan pengawetan terhadap plasma nutfah flora Jawa Barat ini dilakukan di Taman Keanekaragaman Hayati Aqua Plant Subang yang terletak di desa Darmaga, kecamatan Cisalak dan desa Pasanggrahan, kecamatan Kasomalang, kabupaten Subang, provinsi Jawa Barat.

Apa itu Taman Keanekaragaman Hayati?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Taman Kehati Aqua Plant Subang, lebih baik kita mengenal dulu apa itu Taman Keanekaragaman Hayati.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup (Permen LH) No. 3 Tahun 2012 tentang Taman Keanekaragaman Hayati, Taman Keanekaragaman Hayati adalah suatu kawasan pencadangan sumber daya alam hayati lokal di luar kawasan hutan yang mempunyai fungsi konservasi in-situ dan/atau ex-situ, khususnya bagi tumbuhan yang penyerbukan dan/atau pemencaran bijinya harus dibantu oleh satwa dengan struktur dan komposisi vegetasinya dapat mendukung kelestarian satwa penyerbuk dan pemencar biji.

Jadi pada intinya taman kehati itu adalah suatu kawasan yang digunakan untuk upaya konservasi in-situ ataupun ex-situ.

Advertisement nature photography

Taman Kehati Aqua Plant Subang

Dengan total luas sekitar 5.8 hektare, Taman Kehati Aqua Plant Subang pada tahun 2019 memiliki 38 spesies pohon dengan total 724 individu. Berdasarkan hasil analisis vegetasi, taman kehati ini memiliki indeks keanekaragaman hayati (indeks shannon) sebesar 3.37 yang berarti tingkat keragamannya berada pada kelas tinggi.

Taman Kehati Aqua Plant Subang
Taman Kehati Aqua Plant Subang

Berbagai flora yang ada di sana di antaranya adalah jamuju, nyamplung, akasia, petai, sengon, gandaria, mahoni, kayu manis, suren, kluwek, dan masih banyak lagi.

Taman Kehati Aqua Plant Subang ini memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah sebagai (1) koleksi tumbuhan, (2) pengembangbiakan tumbuhan dan satwa pendukung penyedia bibit, (3) sumber genetik tumbuhan dan tanaman lokal, (4) sarana pendidikan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, dan ekowisata, (5) sumber bibit dan benih, (6) ruang terbuka hijau, dan (7) penambahan tutupan vegetasi.

Pembangunan taman kehati ini sendiri merupakan upaya Aqua Plant Subang dalam bentuk kepatuhan lebih (beyond compliance) untuk mendukung upaya penyelamatan dan konservasi berbagai tumbuhan lokal di Jawa Barat agar bisa tetap lestari.