Hutan Pinus Gunung Pancar

Diposting pada

Kesibukan serta tekanan dalam pekerjaan, tidak sering membuat Anda mengalami stress sehingga yang Anda butuhkan adalah liburan untuk melepaskan penat dan mengisi ulang kembali semangat yang hilang. Provinsi Jawa Barat memiliki berbagai keindahan alam yang dapat memberikan suasana berbeda dengan perkotaan tempat Anda tinggal. Salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi adalah Hutan Pinus Gunung Pancar.

Gunung yang didominasi oleh pohon Pinus ini akan memberikan suasana sejuk serta ketenangan bagi para wisatawan yang berkunjung. Kondisi lingkungan dan pepohonan Pinus yang masih asri menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung sekadar untuk menikmati keindahan alam. Berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar dengan keluarga atau pasangan di akhir pekan merupakan pilihan yang tepat.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar yang Sangat Instagramable
Taman Wisata Alam Gunung Pancar yang Sangat Instagramable

1. Lokasi

Gunung Pancar yang berada di ketinggian 300 sampai 800 meter di atas permukaan laut ini memiliki kawasan wisata yang berlokasi di Desa Karang Tengah, lebih tepatnya di Jalan Raya Babakan. Kampung Babakan RT/RW 03/05, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Suhu di Gunung Pancar tidak jauh berbeda dengan suhu di kota dikarenakan memiliki lokasi yang berdekatan dengan kawasan Sentul City.

2. Akses

Akses menuju Taman Wisata Alam Gunung Pancar cukup mudah ditempuh. Wisatawan disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan masih belum ada kendaraan umum yang melintasi hingga kawasan wisata. Anda akan masuk melalui gerbang ke satu yang ada di Kawasan Perhutani untuk menuju lokasi.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta harus melalui tol Jagorawi dan keluar di exit tol Sentul Selatan. Setelahnya belok kiri ke Jalan MH Thamrin dan mengikuti arah menuju Jungle Land hingga menemukan jalan kecil menanjak. Pintu gerbang masuk Taman Wisata Alam Gunung Pancar berada setelah tanjakan tersebut.

Alternatif lain, setelah berada di Jalan MH Thamrin, belok kiri setelah menemukan Plaza Amsterdam dan ikuti terus jalannya. Setelah bertemu dengan percabangan antara arah Telaga Cikeas dan Rainbow Hills, Anda dapat ambil jalur kiri menuju Jalan Babakan Madang. Ikuti jalan tersebut hingga menuju Jalan Gunung Pancar. Lokasi Taman Wisata Alam Gunung Pancar akan melewati jalan menanjak dan kecil sebelumnya.

Saat berada di gerbang kesatu, Anda akan membayar tiket masuk kawasan. Harga tiket untuk masuk ke kawasan hutan berkisar antara Rp 7.500 sampai Rp 15.000 per orang. Selain itu, harga tiket masuk wisatawan yang ingin melakukan camping dikenakan tarif sebesar Rp 80.000 sampai Rp 290.000. Kegiatan lain di luar rincian di atas dapat dikenakan biaya tambahan.

3. Destinasi Wisata di Hutan Pinus Gunung Pancar

Bersepeda di Gunung Pancar
Bersepeda di Gunung Pancar

Di Kawasan Wisata Alam Gunung Pancar terdapat beberapa destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Para wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti hiking, outbond, bersantai di uap panas, bersepeda, dan camping. Lokasi yang memiliki jenis dominan Pinus ini menjadikan tidak sedikit wisatawan yang berkunjung hanya untuk bersantai di bawahnya.

Salah satu destinasi wisata unik di kawasan ini adalah pemandian uap panas. Pemandian uap panas berbeda dengan pemandian air panas. Udara panas di pemandian ini berasal dari mata air alami yang dialirkan melalui kolam rendaman. Pemandian ini mengandung belerang dan mineral sehingga kegiatan ini sangat cocok untuk melepas penat, menghilangkan pegal-pegal, merelaksasi otot, dan melepas stress. Wisatawan yang hendak mencoba sensasi ini harus membayar sebesar Rp 10.000.