Hutan Pinus Gunung Pancar

Kesibukan serta tekanan dalam pekerjaan, tidak sering membuat Anda mengalami stress sehingga yang Anda butuhkan adalah liburan untuk melepaskan penat dan mengisi ulang kembali semangat yang hilang. Provinsi Jawa Barat memiliki berbagai keindahan alam yang dapat memberikan suasana berbeda dengan perkotaan tempat Anda tinggal. Salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi adalah Hutan Pinus Gunung Pancar.

Gunung yang didominasi oleh pohon Pinus ini akan memberikan suasana sejuk serta ketenangan bagi para wisatawan yang berkunjung. Kondisi lingkungan dan pepohonan Pinus yang masih asri menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung sekadar untuk menikmati keindahan alam. Berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar dengan keluarga atau pasangan di akhir pekan merupakan pilihan yang tepat.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar yang Sangat Instagramable
Taman Wisata Alam Gunung Pancar yang Sangat Instagramable

1. Lokasi

Gunung Pancar yang berada di ketinggian 300 sampai 800 meter di atas permukaan laut ini memiliki kawasan wisata yang berlokasi di Desa Karang Tengah, lebih tepatnya di Jalan Raya Babakan. Kampung Babakan RT/RW 03/05, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Suhu di Gunung Pancar tidak jauh berbeda dengan suhu di kota dikarenakan memiliki lokasi yang berdekatan dengan kawasan Sentul City.

2. Akses

Akses menuju Taman Wisata Alam Gunung Pancar cukup mudah ditempuh. Wisatawan disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan masih belum ada kendaraan umum yang melintasi hingga kawasan wisata. Anda akan masuk melalui gerbang ke satu yang ada di Kawasan Perhutani untuk menuju lokasi.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta harus melalui tol Jagorawi dan keluar di exit tol Sentul Selatan. Setelahnya belok kiri ke Jalan MH Thamrin dan mengikuti arah menuju Jungle Land hingga menemukan jalan kecil menanjak. Pintu gerbang masuk Taman Wisata Alam Gunung Pancar berada setelah tanjakan tersebut.

Alternatif lain, setelah berada di Jalan MH Thamrin, belok kiri setelah menemukan Plaza Amsterdam dan ikuti terus jalannya. Setelah bertemu dengan percabangan antara arah Telaga Cikeas dan Rainbow Hills, Anda dapat ambil jalur kiri menuju Jalan Babakan Madang. Ikuti jalan tersebut hingga menuju Jalan Gunung Pancar. Lokasi Taman Wisata Alam Gunung Pancar akan melewati jalan menanjak dan kecil sebelumnya.

Saat berada di gerbang kesatu, Anda akan membayar tiket masuk kawasan. Harga tiket untuk masuk ke kawasan hutan berkisar antara Rp 7.500 sampai Rp 15.000 per orang. Selain itu, harga tiket masuk wisatawan yang ingin melakukan camping dikenakan tarif sebesar Rp 80.000 sampai Rp 290.000. Kegiatan lain di luar rincian di atas dapat dikenakan biaya tambahan.

3. Destinasi Wisata di Hutan Pinus Gunung Pancar

Bersepeda di Gunung Pancar
Bersepeda di Gunung Pancar

Di Kawasan Wisata Alam Gunung Pancar terdapat beberapa destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Para wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti hiking, outbond, bersantai di uap panas, bersepeda, dan camping. Lokasi yang memiliki jenis dominan Pinus ini menjadikan tidak sedikit wisatawan yang berkunjung hanya untuk bersantai di bawahnya.

Salah satu destinasi wisata unik di kawasan ini adalah pemandian uap panas. Pemandian uap panas berbeda dengan pemandian air panas. Udara panas di pemandian ini berasal dari mata air alami yang dialirkan melalui kolam rendaman. Pemandian ini mengandung belerang dan mineral sehingga kegiatan ini sangat cocok untuk melepas penat, menghilangkan pegal-pegal, merelaksasi otot, dan melepas stress. Wisatawan yang hendak mencoba sensasi ini harus membayar sebesar Rp 10.000.

Pohon Pinus menjadi Latar yang Bagus untuk Foto
Pohon Pinus menjadi Latar yang Bagus untuk Foto

Tegakan hutan pinus yang indah dapat digunakan sebagai objek fotografi. Bagi wisatawan yang memiliki hobi yang berkaitan dengan fotografi, lokasi ini sangat cocok. Banyak wisatawan yang mengunakan lokasi ini untuk foto prewedding, buku tahunan sekolah, atau membuat video. Namun, ada sejumah harga yang harus dibayar untuk itu. Kegiatan Prewedding dikenakan biaya sebesar Rp750.000 per sesi, kegiatan buku tahunan sekolah dikenakan biaya Rp1.500.000 per sesi, sedangkan jika hanya untuk koleksi pribadi tidak dikenakan biaya.

Berwisata di Hutan Pinus Gunung Pancar bersama Pasangan
Berwisata di Hutan Pinus Gunung Pancar bersama Pasangan

Wisatawan juga dapat melakukan camping di Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Pihak pengelola menyediakan paket camping yang dapat dipilih untuk memudahkan wisatawan yang ingin ber-camping. Keindahan langit malam ditambah suasana sejuk dalam hutan menjadi daya tarik tersendiri untuk melakukan camping.

Bagi wisatawan yang tidak menyukai tidur di luar ruangan, pihak pengelola telah meneydiakan paket Glamping. Glamping adalah kependekan dari Glamorous Camping. Perbedaan glamping dan camping adalah terdapatnya fasilitas yang lebih mewah. Wisatawan yang tidak menyukai kotor, udara malam, dan hewan liar disarankan untuk lebih memilih glamping daripada camping.

Glamping Bersama Keluarga Tercinta
Glamping Bersama Keluarga Tercinta

Perusahaan dan sekolah biasa melakukan kegiatan outbond di kawasan wisata ini. Target dari kegiatan outbond ini adalah terbentuknya kerja sama dalam tim yang disebut team building. Kegiatan tersebut meliputi outbond, fun games, dan aktivitas lainnya. Disamping itu, Hutan Pinus Gunung Pancar ini dapat dipakai untuk bersepeda, hiking, tracking, hiking, dan berkuda.

Taman Wisata Alam tidak hanya terkenal dengan wisata alam dan pemandian uap panasnya saja. Kawasan ini memiliki wisata kebudayaan yang menarik. Terdapat beberapa makam yang sudah berusia sangat tua di sana. Beberapa tokoh yang bermakam di sana antara lain Raden Lawulung, H. Dalem Putih, Ki Mas Bungsu, Raden Surya Kencana, Kalijaga, serta beberapa tokoh lokal. Pada hari tertentu, terdapat pagelaran budaya yang diperuntukkan untuk para tamu wisatawan.

4. Wisata Kuliner

Berwisata Kuliner
Berwisata Kuliner

Pihak pengelola Hutan Pinus Gunung Pancar menyediakan berbagai wisata kuliner yang dapat dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung. Tidak sedikit wisatawan yang datang hanya untuk bersantai menikmati pepohonan pinus membuat paru-paru seperti disegarkan kembali. Di sana juga disediakan berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh di tengah sejuknya hawa dataran tinggi.

Ameera Cafe merupakan tempat yang nyaman untuk beristirahat setelah lama beraktivitas di Gunung Pancar. Menggunakan konsep rumah kayu yang mungil membuat tempat ini sangat unik dan instagenic sembari bersantai. Tempat duduk yang berada di luar ruangan akan meningkatkan kualitas berkuliner para wisatawan sembari menikmati suasana sejuk Gunung Pancar.

Harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Untuk menikmati secangkir cappuccino, anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000 saja. Makanan yang ada di Ameera Cafe salah satunya adalah pisang goreng coklat keju. Pisang dipotong lalu digoreng dengan tepung serta ditaburi dengan parutan keju dan cokelat meses di atasnya. Harga untuk seporsi pisang goreng adalah Rp 25.000.

5. Fasilitas

Bermain dengan Sang Buah Hati di Lokasi Wisata Alam Bogor
Bermain dengan Sang Buah Hati di Lokasi Wisata Alam Bogor

Fasilitas wisata yang disediakan pihak pengelola terbilang cukup lengkap, di antaranya toilet, warung makan dan minum, tempat penyewaan tenda, dan lain sebagainya. Taman Wisata Alam Gunung Pancar juga memiliki camping ground yang biasa digunakan untuk kegiatan outbond, camping, gathering, pelatihan, dan kegiatan lainnya.

Lokasi yang berada di dataran tinggi ini memiliki tempat nyaman untuk bersantai dan menghangatkan badan. Pihak pengelola Taman Wisata Alam Gunung Pancar menyediakan kedai kopi yang menunya tidak kalah dengan kopi yang disediakan di perkotaan.

Selain kedai kopi, pihak pengelola juga menyediakan wisata kuliner sehingga para wisatawan dapat menyantap makanan sembari menikmati indahnya pegunungan.

6. Hotel dan Penginapan

Bagi wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh, tidak perlu khawatir dengan tempat tinggal. Banyak hotel dan penginapan yang terdapat di sekitar Taman Wisata Alam Gunung Pancar dengan berbagai kualitas dan harga.

Hotel yang sudah terkenal dengan lokasi yang dekat dengan Gunung Pancar adalah Hotel Neo Green Savana Sentul City, HARRIS Hotel Sentul City Bogor, dan RUKUN Senior Living Residence. Hotel tersebut berlokasi sekitar empat sampai enam kilometer dari kawasan wisata Gunung Pancar. Pemesanan hotel tersebut dapat melalui situs online atau menghubungi langsung hotel tersebut.

Selain hotel, di dekat kawasan wisata Gunung Pancar juga terdapat villa. Villa yang terkenal di kawasan tersebut adalah Villa Batu. Bangunan dengan desain modern dan ditambah dengan unsur batuan alam yang natural akan memberikan kenyamanan bagi wisatawan. Di sekitar bangunan terdapat ruang hijau yang cukup luas untuk berkegiatan dan menikmati pemandangan gunung.

Fasilitas yang ditawarkan hotel dan penginapan di sekitar Gunung Pancar sangat beragam. Wisatawan dapat memilih kebutuhan kamar dilihat dari kapasitas tempat, serta fasilitas penunjang seperti hydrotherapy.

Harga hotel dan penginapan yang berada di sekitar Gunung Pancar berkisar antara Rp 700.000 sampai Rp 2.400.000 per malam tergantung dari fasilitas dan kualitasnya. Beberapa penginapan dilengkapi dengan wifi, mini bar, serta kolam renang.

Saat musim liburan sekolah, penginapan dan hotel akan dibanjiri dengan pesanan kamar. Bagi wisatawan yang ingin bermalam disarankan untuk memesan dari jauh hari. Pemesanan dapat dilakukan dengan mudah melalui situs online atau aplikasi android.

7. Tips Berkunjung ke Hutan Pinus Gunung Pancar

Bermain bersama Anak di Gunung Pancar
Bermain bersama Anak di Gunung Pancar

Sebelum anda berkunjung ke Hutan Pinus Gunung Pancar disarankan untuk membawa perlengkapan yang membuat diri Anda nyaman selama berada di sana sehingga liburan terasa menyenangkan. Berikut tips berkunjung ke Hutan Pinus Gunung Pancar.

Pertama, memakai pakaian dan perlengkapan yang membuat nyaman. Gunung Pancar memiliki suhu yang rendah ketika malam hari sehingga diperlukannya pakaian hangat sepanjang malam. Wisatawan juga disarankan untuk memakai alas kaki yang tebal seperti sepatu agar kaki tidak terluka karena bebatuan.

Kedua, bagi wisatawan yang ingin menginap, disarankan untuk memesan penginapan dari jauh hari sebelum penuhnya kapasitas penginapan dan hotel di sekitar Gunung Pancar. Memasuki waktu liburan, jumlah pengunjung Taman Wisata Alam Gunung Pancar akan meningkat.

Ketiga, bawa obat-obatan pribadi. Mencegah terjadinya hal yang tidak terduga ketika berkunjung, wisatawan disarankan untuk membawa obat pribadi. Meskipun pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas, namun tidak salahnya menyiapkan sendiri.

Keempat, memeriksa kembali kendaraan sebelum pergi. Kawasan wisata yang hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi ini memiliki medan perjalanan yang tidak mudah. Jalan sempit dan menanjak merupakan kendala bagi pengendara. Periksalah kendaraan Anda sebelum pergi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ketika berkendara.

Berkunjung ke tempat wisata alam yang masih asri seperti Hutan Pinus Gunung Pancar memang sangat menyenangkan. Pesona alam serta suasananya memberi pengalaman tidak terlupakan saat berkunjung. Agar tetap terjaga kelestariannya, Anda harus tetap menjaga tempat wisata alam ini dengan tidak merusak agar generasi mendatang dapat merasakan keindahan hutan pinus ini.

Hutan Pinus Gunung Pancar
Rating: 5 from 12 vote[s]

Tinggalkan komentar