Move On dari Hiruk Pikuk Perkotaan ke Desa Wisata Tembi Yogyakarta

Diposting pada

Bekerja dan mengerjakan tugas terasa malas?

Mungkin Anda butuh waktu istirahat dengan melihat pemandangan untuk menyegarkan otak sejenak.

Salah satu pilihannya adalah berkunjung saja ke Desa Wisata Tembi yang lokasinya ada di Tembi, Timbulharjo, Sewon, Mriyan, Kecamatan Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Desa Wisata Tembi (instagram.com)
Desa Wisata Tembi (instagram.com)

Di Desa Tembi Anda bisa melupakan sejenak deretan bangunan besar dan polusi udara dengan menikmati lukisan alam yang sudah tersedia.

Di wilayah ini Anda bisa mendapatkan pemandangan hijau persawahan, segarnya udara pedesaan, dan kearifan budaya lokal yang masih sangat kental.

Hal tersebut pasti akan memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi wisatawan terutama untuk Anda yang sudah penat dengan hiruk pikuk kehidupan di kota.

Selain itu, adapun beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Desa Tembi.

Anda bisa membajak sawah, mengunjungi museum, sampai membatik bersama pembatik profesional.

Anda tidak hanya diajak untuk mencoba pengalaman membajak sawah, tetapi juga menanam padi, memasak masakan tradisional, tracking di alam, dan lain-lain.

Museum yang ada di Desa Tembi diberi nama Museum Rumah Budaya Tembi atau Tembi House of Culture.

Museum ini adalah museum yang mengoleksi berbagai jenis peralatan masyarakat Suku Jawa yaitu mulai dari alat alat-alat dapur sampai senjata sekalipun.

Berlibur ke Desa Wisata Tembi (instagram.com)
Berlibur ke Desa Wisata Tembi (instagram.com)

Selain itu, ada juga koleksi peninggalan berupa foto-foto zaman dahulu, peralatan untuk bertani, peralatan seni, sepeda, sepeda motor kuno, dan poster kuno.

Anda harus membayar tiket masuk untuk bisa berkunjung dan menikmati segala pesona Desa Wisata Tembi.

Harganya sesuai dengan jenis atraksi atau wahana yang akan dicoba yaitu berkisar antara Rp 20.000 sampai Rp 50.000 saja.

Selain itu, jika Anda membawa kendaraan pribadi maka akan dikenakan pula biaya parkir sebesar Rp 3000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Di Desa Tembi terdapat beberapa fasilitas pendukung seperti area parkir yang luas, kamar mandi, warung makanan, dan lain-lain.

Selain itu untuk Anda yang berasal dari luar Yogyakarta tidak perlu khawatir jika ingin menginap karena di Desa Tembi sudah tersedia homestay lho.

Di dalam homestay tersebut terdapat beberapa ruangan yaitu ruang untuk kamar tidur, mushola, gazebo, kamar mandi, ruang keluarga, ruang tamu, dan ruang-ruang yang lain.

Jika sudah selesai bermain di sawah atau di Museum Anda juga bisa menambah wawasan dengan membaca buku di perpustakaan.

Di perpustakaan terdapat lebih dari 5000 buku yang siap menghibur otak Anda.

Perpustakaan ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami berikan khusus untuk Anda.

Jika ingin tertarik langsung terbang ke Jogja ya!

Selamat berlibur!