Menikmati Suasana New Zealand di Danau Kembar, Solok, Sumatera Barat

Diposting pada

Di Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat terdapat satu wisata alam dengan pemandangan super mempesona. Tempat wisata alam ini bahkan dikatakan mempunyai pemandangan yang mirip dengan New Zealand.

Wisata alam tersebut bernama Danau Kembar.

Danau ini oleh masyarakat sekitar disebut Danau Kembar karena lokasinya yang berdekatan yaitu hanya 300 meter saja.

Sebenarnya dua danau ini mempunyai nama yang berbeda. Danau yang satu bernama Danau Dieteh sedangkan satunya lagi bernama Danau di Bawah.

Uniknya penyebutan Danau di Bawah justru lokasinya ada di atas sedangkan Danau di Atas atau Danau Dieteh lokasinya ada di bawah. Jangan bingung ya!

Selain namanya yang berbeda danau ini juga memiliki perbedaan lain seperti luas, kedalaman, panjang, dan lebar.

Danau Dieteh atau Danau di Atas mempunyai luas 1.720 meter, kedalaman 44 meter, panjang 6,25 kilometer, dan lebar 2,75 kilometer.

Sedangkan Danau di Bawah mempunyai luas 1.690 meter, kedalaman 886 meter, panjang 5,62 kilometer, dan lebar 3 kilometer.

Lokasi dua danau ini ada di ketinggian 1.600 mdpl sehingga mempunyai suhu yang sangat dingin yaitu sekitar 14 – 16 0C.

Jadi, jika berencana untuk mengunjungi si Danau Kembar ini jangan lupa untuk membawa penghangat badan seperti jaket atau selimut.

Pemandangan Danau Kembar Solok (instagram.com)
Pemandangan Danau Kembar Solok (instagram.com)

Selain bisa menikmati indahnya pemandangan danau. Di sana Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Talang yang indah, perkebunan sayur mayur, dan Kebun Teh Alahan Panjang atau Kebun Teh Danau Kembar. Benar-benar seperti suasana New Zealand, bukan?

Dikarenakan pemandangan yang menyegarkan, tempat wisata ini tidak hanya cocok dikunjungi bersama keluarga tetapi dengan pasangan juga.

Bahkan akan sangat cocok karena di sana terdapat penjual Bunga Sarai Ganuang berwarna merah yang pastinya menambah romantisme berwisata.

Anda juga bisa memancing di danau ini lho! Memancing dengan suasana yang sejuk dan lukisan alam indah yang ada di sekitaran akan memberikan sensasi tersendiri.

Ingin berkunjung tetapi khawatir kalau harus bayar mahal? Tenang saja, untuk masuk ke wisata Danau Kembar Anda tidak perlu membayar tiket masuk kok alias gratis.

Calon pengunjung yang berasal dari luar daerah Solok bingung mau menginap di mana? Tenang! Di dekat tempat wisata Danau Kembar sudah ada penginapan yang bagus kok dengan harga menyesuaikan fasilitas.

Itulah sedikit ulasan mengenai Danau Kembar. Jika ingin menikmati suasana alami pegunungan tidak perlu jauh-jauh ke New Zealand deh, Danau Kembar Solok tidak kalah cantik lho!

Editor:
Mega Dinda Larasati