Danau Kaco Jambi, Intan Biru dengan Legenda Kelam yang Berkilauan

Diposting pada

Setelah dengar kata Jambi pasti Anda langsung memikirkan Kue Srikaya dan Lembok Nanasnya yang sedap, kan? Tak hanya itu saja yang sedap, namun Jambi juga mempunyai tempat wisata alam yang juga sedap dipandang.

Ternyata bukan Goyang Dumang milik Cita Citata saja yang bisa menjadikan semua masalah jadi hilang, Danau Kaco di Jambi juga bisa lho. Baca sampai habis ya!

Beningnya Danau Kaco di Jambi (instagram.com)
Beningnya Danau Kaco di Jambi (instagram.com)

Danau Kaco ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat di Desa Lembur, Kecamatan Gunung Raya. Jika mendengar tentang kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini kok tiba-tiba muncul bayangan rindangnya pepohonan, ya? Tidak salah lagi, bayangan itu sangatlah tepat.

Danau ini dikelilingi pepohonan yang rimbun. Jika dilihat dari kejauhan Danau Kaco terlihat seperti sebuah mutiara berwarna biru di antara hijaunya pepohonan.

Selain itu Danau Kaco juga akan terlihat sangat indah jika dikunjungi pada malam hari, apalagi ketika bulan purnama tiba. Cahaya bulannya menjadikan air jernih milik Danau Kaco ini tampak bercahaya.

Maka dari itu banyak orang yang tidak mau melewatkan kesempatan emas tersebut dan memutuskan untuk sengaja berkemah di tempat ini saat purnama. Cocok sekali ya untuk melepas penat?

Advertisement nature photography
Mencari Kedamaian di Heningnya Danau Kaco (instagram.com)
Mencari Kedamaian di Heningnya Danau Kaco (instagram.com)

Di balik kecantikannya, ternyata Danau Kaco juga mempunyai legenda yang cukup kelam.

Menurut beberapa cerita, air jernih yang ada di Danau Kaco ini berasal dari intan yang dititipkan para pemuda untuk melamar putri salah seorang raja yaitu Raja Gagak.

Putri yang bernama Napal Melintang ini sangatlah cantik, bahkan sang ayah atau Raja Gagak ikut serta terpikat hatinya. Oleh karena itu sang ayah membawa sang putri lari dan meninggalkan intan-intan pemberian para pemuda. Sampai saat ini, beberapa masyarakat masih mempercayai legenda tersebut.

Sudah jatuh cinta dengan Danau Kaco, kan? Jadi kapan nih mau main ke Danau Kaco? Siapa tahu nanti pemuda yang pernah menitipkan intan berpaling ke dirimu hehe. Segera siapkan mental, fisik, dan segala kebutuhan Anda ya. Selamat berlibur.

 

Editor:

Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.