Bonsai: Jenis dan Tips Membuatnya

Diposting pada

5.2 Penanaman

Diperlukan media tanam dan tempat yang sesuai untuk tanaman. Tanah yang gembur merupakan tanah yang baik bagi tanaman karena memiliki aerasi yang baik, selain itu media juga harus cukup nutrisi, air, dan drainase yang sesuai bagi keperluan tanaman.

Oleh karena itu media tanam yang digunakan tidak hanya 1 jenis saja. Jenis yang dapat dijadikan media tanam adalah tanah, pasir, humus, pupuk organik, bahkan kerikil.

Selain media tanam, pot juga mempengaruhi khususnya dalam aerasi dan drainase. Bentuknya juga beragam dari yang dangkal hingga dalam, juga berbentuk bulat, persegi, dan dimensi lainnya yang dapat tidak hanya berfungsi sebagai habitat tetapi meningkatkan nilai keindahannya.

5.3 Pembentukan

Setelah mendapatkan bibit, tanaman dapat diberi perlakuan pembentukan dengan cara memangkas menjadi bentuk yang diinginkan. Pemangkasan dilakukan pada pangkal percabangan dengan maksud mencegah terjadinya kekeringan. Selain itu, pemangkasan juga dilakukan untuk membuat pertumbuhan tanaman lebih lambat.

Teknik pemangkasan juga dilakukan pada akar untuk mendapatkan bentuk yang sesuai. Akar dipotong mengarah ke samping agar mudah untuk perbanyakan.

Teknik pembentukan lainnya adalah dengan menggunakan kawat yang dililitkan ke ranting atau cabang agar pertumbuhannya mengikuti arah kawat tersebut. Kawat dapat dilepas apabila sudah mencapai bentuk yang diharapkan

Advertisement nature photography

5.4 Perawatan dan Pemeliharaan

Tahapan ini merupakan tahapan yang harus dilakukan secara rutin. Pemberian air dan pupuk harus sesuai kebutuhan. Tanahnya juga harus diganti secara berkala. Penyiraman jangan dilakukan secara belebih untuk menghindari resiko jamur serta diletakkan pada sinar matahari yang cukup.

6. Harga Tanaman Bonsai

Harga bonsai sendiri pun sangat beragam. Harganya ditentukan berdasarkan ukuran, jenis tanaman, teknik pembentukan dan perawatan, serta usianya. Biasanya usia dan ukuran yang semakin besar akan memiliki harga yang tinggi. Harganya ada yang senilai Rp 150.000 hingga ada juga yang mencapai 3 miliar rupiah yang hampir setara dengan harga mobil ferrari.

Itulah penjelasan singkat tentang tanaman bonsai yang sesuai sebagai investasi karena nilai komersialnya yang tinggi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca.

Referensi:
Saktiyono. 1989. Biologi 2. Jakarta (ID): Bumi Aksara.
Koide, Nobukich, Kato, Takeyama. 1989. The Master Book of Bonsai. Tokyo (JP): Kodansha international.

 

Editor:
Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Mahasiswa Institut Pertanian Bogor, Departemen Manajemen Hutan angkatan 2016. Kelahiran Jakarta, Juni 1999. Tempat tinggal Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat