Bonsai: Jenis dan Tips Membuatnya

Diposting pada
KerajaanPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub DivisiMagnoliphyta
KelasMagnoliopsida
OrdoEricales
FamiliEricaceae
GenusRhodondendron
SpesiesRhodondendron sp.

3.5 Bonsai Anggur

Jika sebelumnya tanaman yang menjadi objek adalah tanaman dengan daya tarik melalui bunganya, tanaman yang satu ini juga bisa menjadi tandingan bagi tanaman-tanaman berbunga tersebut.

Istilah tabulampot atau tanaman buah dalam pot menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin memiliki tanaman berbuah dengan lahan yang terbatas. Tabulampot ini tidak hanya semata-mata untuk menghasilkan tanaman berbuah saja, tetapi juga bisa dikreasikan sehingga mempercantik penampilannya.

Bentuk daun dan warna buah yang dimiliki tanaman anggur terbilang unik dan mencolok. Tanaman anggur cocok untuk dijadikan bonsai karena karakteristiknya yang mampu bertahan hidup pada intensitas cahaya matahari yang tinggi serta beriklim panas.

Tanaman yang memiliki buah kaya akan polifenol ini ditemukan pertama kali di wilayah Timur Tengah lalu tersebar secara luas oleh Columbus yang membawanya pada setiap perjalanannya.

Jenis yang sering ditemukan adalah Myrciaria cauliflora atau yang sering disebut sebagai Anggur Brazil atau jabutikaba. Sedangkan dalam masyarakat Sunda dikenal dengan nama Kupa Landa.

Taksonomi tanaman anggur:

Advertisement nature photography
KerajaanPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub DivisiMagnoliphyta
KelasMagnoliopsida
OrdoMyrtales
FamiliMyrtaceae
GenusMyrciaria
SpesiesMyrciaria cauliflora

3.6 Bonsai Anting Putri

Anting putri memiliki bunga yang indah berwarna putih dan mirip seperti melati. Pohon ini pertama ditemukan di daratan Cina. Di Indonesia, salah satu perbanyakannya ditujukan untuk keperluan bonsai karena bentuk alami tanaman ini yang pada dasarnya sudah indah.

Tanaman ini sering dikenal sebagai Santalia atau Melati Anting. Bentuk daunnya juga kecil dan berwarna hijau yang disertai tepi daun bergerigi dan ujungnya runcing.

Jenis yang sering dijadikan objek adalah Wrightia religiosa.

Taksonomi tanaman Anting Putri:

KerajaanPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub DivisiMagnoliphyta
KelasMagnoliopsida
OrdoGentianales
FamiliApocynaceae
GenusWrightia
SpesiesWrightia religiosa

3.7 Bonsai Pinus

Pinus atau tusam adalah tanaman yang dapat tumbuh tinggi di alam bebas hingga mencapai 20-40 meter. Tanaman ini banyak ditemukan pada ketinggian 400-2000 mdpl. Pinus memiliki jenis yang beragam.

Daunnya yang unik berbentuk jarum dengan warna hijau juga batang kulitnya yang mengelupas menjadi daya tarik dan cocok untuk dijadikan bonsai.

Pinus merkusii merupakan jenis pinus yang asli dari Indonesia dan pertama kali ditemukan di Sumatera di daerah Tapanuli Selatan dan juga sering dijadikan bonsai.

Jenis lainnya yang sering dikreasikan selain Pinus merkusii adalah Pinus thunbergii atau sering disebut sebagai Pinus Hitam Jepang yang merupakan jenis asli dari Jepang.

Taksonomi pohon Pinus:

KerajaanPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub DivisiGymnospermae
KelasConiferopsida
OrdoConifer
FamiliPinaceae
GenusPinus
SpesiesPinus sp.

3.8 Bonsai Delima

Tanaman berbuah lainnya yang juga mampu diberi perawatan untuk dipercantik adalah tanaman delima. Tidak hanya untuk dikonsumsi buahnya, tetapi dengan berbagai teknik dan perlakuan yang diberikan dapat membuat tanaman ini menjadi lebih indah.

Buahnya berwarna cerah kuning kemerahan dan berbentuk oval. Keunikan lainnya yang dimiliki adalah karena bentuk batangnya yang berputar secara alami. Ukuran daunnya kecil berwarna hijau.

Nama lainnya adalah pomegranate dan berasl dari daratan Mediterania dan Asia.

Taksonomi tanaman Delima:

KerajaanPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub DivisiMagnoliphyta
KelasMagnoliopsida
OrdoMyrtales
FamiliLythraceae
GenusPunica
SpesiesPunica granatum

3.9 Bonsai Sakura

Sakura merupakan tanaman asli dari Jepang. Sakura merupakan bunga identitas bagi negara Jepang yang melambangkan pembaharuan, keberanian, serta kecantikan. Warna bunganya merah muda dan putih. Bunganya ada yang berwarna merah muda gelap, merah muda cerah, putih dengan warna kuning ditengah, ada pula yang berwarna putih lalu berubah beberapa hari menjadi merah muda.

Perayaan hanami merupakan perayaan yang dibuat untuk musim mekarnya bunga sakura. Hal ini menunjukkan tentang filosofinya yang mendalam bagi masyarakat Jepang. Saat mekar, bunganya sangat lebat hingga menutupi ranting-rantingnya.

Jenisnya juga beragam dan semuanya juga bisa untuk diperindah salah satunya adalah Prunus serrulata.

Taksonomi tanaman Sakura:

Gambar Gravatar
Mahasiswa Institut Pertanian Bogor, Departemen Manajemen Hutan angkatan 2016. Kelahiran Jakarta, Juni 1999. Tempat tinggal Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat