Bonsai: Jenis dan Tips Membuatnya

Diposting pada

2.4 Umur Panjang

Banyaknya perlakuan dalam memelihara dan merawat bonsai menyebabkan tanaman ini memerlukan waktu yang lama dalam pembuatannya. Oleh karena itu diperlukan tanaman yang mampu hidup dalam waktu panjang.

Selain itu, bonsai yang indah mampu menimbulkan kesan tua karena dalam pembentukannya tidak hanya menekankan unsur estetika tetapi terdapat unsur yang menampilkan kesan harmoni, wibawa, antik, dan anggun dalam kesederhanaannya yang terlihat secara natural.

2.5 Ukuran

Tanaman bonsai merupakan tanaman yang berukuran kerdil atau kecil karena tanaman ini juga akan ditanam didalam pot. Pada umumnya tanaman ini memiliki tinggi 5 cm hingga 150 cm.

Pengerdilan dilakukan karena tanaman tersebut mampu tumbuh membesar dengan tinggi mencapai belasan atau puluhan meter jika hidup di alam seperti tanaman beringin.

Klasifikasi Ukuran Bonsai (pinterest.com)
Klasifikasi Ukuran Bonsai (pinterest.com)

Pengerdilan dilakukan dengan berbagai perlakuan seperti pemangkasan akar dan pucuk yang berpengaruh terhadap berkurangnya hormon pertumbuhan auksin, membuang tunas yang tumbuh secara berkala, dan ditempatkan pada lingkungan dengan cahaya matahari penuh. Perlakuan ini membuat tidak memaksa tanaman untuk tumbuh lebih tinggi untuk mendapatkan cahaya matahari.

3. Beberapa Jenis Tanaman Bonsai

Ada berbagai macam jenis bonsai yang dibudidayakan untuk dijual atau pun menjadi koleksi bagi pemiliknya. Berikut ini beberapa jenis tanaman bonsai dari bermacam-macam jenis tanaman:

Advertisement nature photography

3.1 Bonsai Bougenville

Bougenville merupakan salah satu tanaman yang lazim ditemui untuk dijadikan bonsai. Tanaman dari famili Nyctaginaceae dan genus Bougainvillea memiliki berbagai macam jenis. Di Indonesia terdapat banyak spesies tanaman bougenville yang cukup banyak yaitu terdapat 8 spesies dari 14 spesies yang ditemukan di dunia.

Kelopak bunganya tipis seperti kertas sehingga juga sering disebut sebagai bunga kertas. Warna dari bunga ini menjadi daya tarik karena beragam dan mencolok seperti ungu, kuning, magenta, keemasan, hingga putih.

Ada pula bougenville yang memiliki daun hijau dengan tepi berwarna putih sehingga terlihat seperti corak unik seperti pada jenis Bambino Baby Victoria. Salah satu yang sering dijumpai adalah jenis Bougainvillea glabra.

Taksonomi tanaman bougenville:

KerajaanPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub DivisiMagnoliphyta
KelasMagnoliopsida
OrdoCaryophyllales
FamiliNyctaginaceae
GenusBougainvillea
SpesiesBougainvillea sp.

3.2 Bonsai Beringin

Tanaman lainnya adalah tanaman dari famili Moraceae yaitu beringin. Jenis yang sering dijadikan objek adalah beringin cina atau Ficus microcarpa.

Beringin ini memiliki daun yang berukuran kecil dan rimbun sehingga keindahannya akan lebih terlihat dengan kreasi-kreasi salah satunya dengan pemangkasan untuk meningkatkan daya tariknya.

3.3 Bonsai Adenium

Adenium atau sering dikenal dengan sebutan Kamboja Jepang memiliki warna bunga yang indah. Warna yang sering dijumpai adalah merah muda dengan bagian tepinya yang berwarna lenih tua dari bagian dalamnya.

Selain itu, keunikan lainnya terdapat pada bagian batangnya. Bagian bawah batangnya memiliki ukuran yang besar dan jauh berbeda dengan bagian atasnya.

Jenis yang sering dijadikan objek salah satunya adalah Adenium obesum.

KerajaanPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub DivisiMagnoliphyta
KelasMagnoliopsida
OrdoGentianales
FamiliApocynaceae
GenusAdenium
SpesiesAdenium sp.

3.4 Bonsai Azalea

Azalea adalah tanaman perdu yang memiliki warna bunga yang sangat indah. Tanaman ini berasal dari wilayah Jepang dan Cina. Bentuk daunnya membulat dengan ukuran yang kecil dan berwarna hijau.

Daerah pegunungan sangat cocok bagi tanaman ini untuk tumbuh optimal dan menghasilkan bunga yang lebat. Daunnya berwarna hijau dan gelap. Batang kayunya berstruktur keras. Bunganya juga berwarna cerah dan besar.

Tanaman ini sesuai untuk tumbuh pada tanah yang memiliki pH masam sekitar 5,5 hingga 6. Rhododendron indicum merupakan salah satu jenis yang sering ditemukan.

Berikut taksonimi tanaman Azalea:

Gambar Gravatar
Mahasiswa Institut Pertanian Bogor, Departemen Manajemen Hutan angkatan 2016. Kelahiran Jakarta, Juni 1999. Tempat tinggal Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat