Air Terjun Luweng Sampang, Grand Canyon Indonesia

Diposting pada

Air Terjun Luweng Sampang merupakan salah satu wisata alam yang berada di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata ini berjarak sekitar 30 km dari arah Kota Yogyakarta.

Grand Canyon Indonesia
Grand Canyon Indonesia (instagram.com)

1. Harga Tiket Air Terjun Luweng Sampang

Bagi Anda yang akan memasuki kawasan wisata Air Terjun Luweng Sampang tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis.

Namun, Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan yang tergolong murah yaitu sebesar Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil.

2. Keindahan Air Terjun Luweng Sampang

Grand Canyon Indonesia Luweng Sampang
Grand Canyon Indonesia Luweng Sampang (instagram.com)

Keindahan alam di kawasan wisata Air Terjun Luweng Sampang ini sangatlah indah karena memiliki air terjun yang tidak terlalu tinggi dan terdapat dinding kapur indah mengelilingi air terjun. Dinding kapur tersebut terbentuk karena terkikis aliran air.

Adanya dinding kapur ini bukanlah hal yang aneh dan baru. Hal ini disebabkan karena memang di daerah Gunung Kidul merupakan daerah karst yang banyak didominasi bukit kapur.

Keindahan dinding kapur inilah yang membuat kawasan wisata Air Terjun Luweng Sampang juga dikenal sebagai Grand Canyon Indonesia.

Advertisement nature photography

Air Terjun Luweng Sampang tidak termasuk dalam jajaran air terjun kokoh yang menjulang tinggi, namun merupakan air terjun rendah dan memiliki suasana yang tenang.

Daya tarik lainnya yang dimiliki air terjun ini terletak pada warna airnya. Warna air di sini berwarna hijau kebiruan, namun ketika musim hujan warna air berubah menjadi coklat keruh.

3. Tips Berkunjung ke Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang
Air Terjun Luweng Sampang (instagram.com)

Terdapat beberapa tips berkunjung ke Air Terjun Luweng Sampang, antara lain:

  1. Berkunjung ke wisata alam air terjun tidak akan lengkap rasanya jika tidak menceburkan diri ke kolam air terjun. Oleh karena itu bawalah pakaian ganti agar Anda tidak menggunakan pakaian basah seharian. Nanti masuk angin lhoo.
  2. Air terjun ini memiliki dua kolam dengan kedalaman berbeda. Jadi Anda harus tetap waspada jika ingin berenang, melompat, maupun berendam di kolam agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
  3. Hati-hati dan jangan sembarangan memanjat dinding batu kapur di sana karena dinding tersebut biasanya licin.
  4. Datanglah pada saat musim atau cuaca yang tepat agar mendapatkan pemandangan yang indah dan aman.

Itulah sedikit ulasan mengenai Air Terjun Luweng Sampang, Anda bisa berkunjung ke air terjun ini dengan orang terkasih karena suasananya yang tenang dan romantis.

Jika hari libur sudah tiba, jangan lupa pilih tempat wisata yang tepat seperti Air Terjun Luweng Sampang.

 

Editor:

Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.