Kamu hobi gowes atau touring ? Yuk baca dulu tulisan ini.

Melakukan hobi merupakan hal yang sangat menyenangkan. Dengan melakukan aktivitas yang merupakan hobi kamu, kamu akan merasa sangat puas. Khusus untuk kamu yang mempunyai hobi bergowes ria atau berkendara motor, kamu harus tahu mana yang lebih baik, “Goweser atau Biker ?”

1. Sepeda Gowes Lebih Ramah Lingkungan daripada Sepeda Motor

Sepeda gowes sudah pasti menang dalam hal sedikitnya emisi yang dikeluarkan. Sepeda motor sampai saat ini secara umum masih menggunakan bahan bakar fosil yang sudah tentu akan memancarkan karbon ke udara yang imbasnya akan memperparah efek rumah kaca.

2. Masalah Kecepatan Sudah Tentu Sepeda Motor Menang

Kecepatan sepeda motor rata-rata orang di jalanan mencapai 60 – 80 km/jam sedangkan para pembalap sepeda memiliki kecepatan rata-rata 40 km/jam. Kecepatan sepeda motor pun cenderung stabil di tanjakan, berbeda dengan kecepatan sepeda yang bisa menurun ketika di tanjakan karena bergantung pada kekuatan si pemakai sepeda.

3. Lebih Sehat dan Menyehatkan Sepeda Gowes

gaya hidup sehat

Berolahraga merupakan salah satu jalan agar tubuh sehat dan kuat. Begitu pula dengan olahraga bersepeda, kamu bisa membakar kalori dalam tubuh kamu sekaligus mendapatkan bonus tubuh yang sehat asalkan dilakukan secara teratur dan seimbang. Berbeda dengan penggunaan sepeda motor yang identik akan menimbulkan berbagai penyakit apabila berkendara secara tidak sehat.

4. Pakai Sepeda Motor Belum Tentu Keren Lho

pengendara motor di Tiongkok

Beberapa orang menganggap bahwa menggunakan sepeda motor itu lebih keren daripada alat transportasi yang lain. Ya boleh aja sih berpikiran seperti itu, tapi akan lebih kece kalo kamu menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Alasannya karena saat ini dunia makin panas akibat emisi gas rumah kaca, kalo kamu tetep memancarkan polutan ke udara apakah kamu masih keren?

5. Pakai Sepeda Gowes bisa Membuat Kamu Lebih Bahagia

Menurut penelitian yang dilakukan di University of East Anglia Norwich Medical School, bersepeda atau berjalan kaki akan membuat seseorang lebih bahagia dibandingkan mereka yang menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini akan meningkatkan efektifitas kerja seseorang dan tingkat kesejahteraan orang-orang yang berjalan kaki atau bersepeda. Masih ragu untuk bergowes ria?

6. Sepeda Gowes Termahal dan Sepeda Motor Termahal

harga sepeda dan sepeda motor termahal

Trek Butterfly Madone merupakan sepeda termahal saat ini dan dihargai 500 ribu dollar amerika atau apabila kita konversikan ke rupiah harganya adalah 6,5 miliyar. Sepeda motor termahal saat ini adalah Neiman Marcus Limited Edition Fighter yang harganya mencapai 148,2 triliun. Kamu lebih pilih yang mana?

7. Pakai Sepeda Gowes biar Makin Hemat

Bersepeda selain menyehatkan juga dapat menghemat pengeluaran kamu. Energi yang dibutuhkan untuk menjalankan sepeda ya energi kamu sendiri, berbeda dengan sepeda motor yang harus menggunakan energi dari bahan bakar fosil yang harus beli terlebih dulu. Kalo kamu seorang bikers cobalah dalam sebulan mengganti kendaraan kamu dari sepeda motor ke sepeda gowes, kamu bakalan merasakan manfaat yang cukup besar terutama dalam segi pengeluaran.

8. Meski Anti Tilang Sepeda Gowes Harus Tetap Taat Aturan

Berbeda dengan sepeda motor yang memiliki berjuta aturan dalam mengendarainya, sepeda gowes tidak terlalu banyak aturan yang mengikat. Banyak para goweser yang sering melanggar peraturan lalu lintas maupun peraturan lainnya, sebaiknya kamu jangan ikutan untuk melanggar peraturan, kalo bisa jadi pelopor taat berkendara yah, kaya gambar di atas.

9. Sambil Gowes Bisa Sambil Mendengarkan Musik Kesukaanmu

mendengarkan musik ketika bersepeda

Hal inilah yang seringkali membuat asik ketika sedang bersepeda. Kayuhan sepeda lebih asik apabila sesuai irama musik yang kamu suka. Selain perjalanan tidak terasa cape, perjalanan ketika bersepeda tidak terasa membosankan.

10. Mau Pilih Sepeda Gowes atau Sepeda Motor adalah Pilihan Kamu

Mau menggunakan sepeda gowes ataupun sepeda motor itu adalah hak dari kamu. Sepeda gowes dan sepeda motor memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, so bijaklah dalam memilih moda transportasi yang akan kamu gunakan dan jangan lupa terus jaga lingkungan kamu agar terus terjaga.

Sumber: Redaksi Forester Act !