Terpesona Keindahan Terasering Panyaweuyan Majalengka

Diposting pada
Terasiring Panyaweuyan (instagram.com)
Terasering Panyaweuyan (instagram.com)

Majalengka, Jawa Barat dikenal sebagai daerah yang mempunyai banyak curug atau air terjun sehingga dijuluki sebagai Kota Seribu Curug.

Ternyata tidak hanya menyuguhkan wisata curug saja tapi Majalengka juga menyuguhkan wisata alam unik yang mempunyai pemandangan super menarik. Nama tempat wisata yang dimaksud adalah Terasering Panyaweuyan.

Lokasinya ada di Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Tempat wisata ini berada di lereng Gunung Ciremai dengan tinggi kontur yang berbeda-beda. Tinggi konturnya mulai dari 400 mdpl sampai 2000 mdpl dengan sudut kemiringan mencapai 250 – 400. Kondisi ini yang membentuk pemandangan super indah lho.

Mungkin beberapa dari Anda pernah mendengarkan atau bahkan mempelajari tentang terasering.

Terasering adalah sistem pertanian atau teknik bercocok tanam dengan sistem berteras-teras atau bertingkat. Tujuannya untuk mencegah terjadinya erosi tanah. Di tempat wisata ini Anda akan disuguhkan pemandangan bukit yang ditanami berbagai tanaman dengan sistem terasering.

Pada awalnya, Bukit Panyaweuyan adalah tempat untuk lahan pertanian. Namun karena pemandangan alamnya super mempesona, masyarakat mengelola lokasi tersebut menjadi tempat wisata.

Keindahannya yang instagramable ini menjadikan Terasering Panyaweuyan banyak dikunjungi wisatawan. Wisata alam yang satu ini juga sempat ramai diperbincangkan di jagat dunia maya lho.

Petani di bukit ini menanam berbagai jenis tanaman seperti bawang merah, ubi jalar, bawang putih, dan padi.

Pemandangan alam yang memanjakan mata menjadikan tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang jenuh karena rutinitas harian.

Sebaiknya Anda datang saat musim hujan karena tanaman akan terlihat lebih hijau dan segar.

Kombinasi paling sempurna adalah menikmati pemandangan hijau dengan sejuknya udara saat pagi hari. Jadi sebaiknya Anda datang saat pagi hari mulai jam 5 pagi ya.

Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 5000 per orang untuk memasuki kawasan wisata ini. Murah kan?

Berlibur ke Panyaweuyan (instagram.com)
Berlibur ke Panyaweuyan (instagram.com)

Tiket masuk yang murah dengan pemandangan super mempesona, yakin tidak tertarik?

Yuk buruan berlibur ke Majalengka dan mampir ke Terasering Panyaweuyan ya.

Editor:
Mega Dinda Larasati