15+ Tanaman Herbal Obat Diabetes yang Aman Dikonsumsi

“Diabetes adalah penyakit kronis dan berbahaya. Informasi mengenai tanaman herbal obat diabetes akan dibahas dalam artikel yang satu ini!”

Seperti yang diketahui bahwa diabetes adalah penyakit kronis dan berbahaya. Sebagian besar orang mengetahui bahwa ada beberapa tanaman herbal obat diabetes yang mudah ditemukan.

Oleh karena itu, jangan tunda baca artikel ini untuk mengetahui berbagai jenis tanaman herbal untuk obat diabetes!

1. Penyakit Diabetes

Diabetes

Berdasarkan Oxford Languages, diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang terjadi karena terganggunya kemampuan tubuh untuk memproduksi atau merespon hormon insulin.

Akibat dari gangguan ini adalah metabolisme karbohidrat berubah menjadi tidak normal dan meningkatnya kadar glukosa dalam darah atau urin.

Diabetes ini dibagi menjadi dua macam yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Penyebab penyakit diabetes tipe 1 adalah sistem kekebalan tubuh yang seharusnya menyerang virus dan bakteri justru menyerang bahkan menghancurkan sel penghasil insulin.

Akibatnya, tubuh pun kekurangan atau tidak bisa memproduksi insulin sehingga gula yang seharusnya diolah menjadi energi menumpuk di dalam darah.

Sedangkan penyebab diabetes tipe 2 adalah tubuh memang masih bisa menghasilkan insulin secara normal, tetapi tidak bisa digunakan secara normal.

Kondisi ini juga seringkali disebut sebagai resistensi insulin.

Adapun beberapa obat untuk penyakit diabetes. Salah satunya yaitu dengan menggunakan tanaman herbal.

2. Tanaman Herbal sebagai Obat Diabetes

Tanaman herbal atau tanaman obat adalah jenis tanaman dengan kandungan yang bermanfaat khususnya untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Ada tanaman herbal yang seluruh bagiannya bisa dijadikan obat termasuk bagian akar sekalipun.

Namun, ada juga bagian-bagian tertentu dari tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai obat, seperti daun atau buahnya saja.

Ada banyak sekali manfaat tanaman herbal yang bisa Anda dapatkan jika mampu mengolahnya dengan tepat.

Misalnya, meningkatkan nafsu makan, mengobati luka, menurunkan kolesterol, mengobati asam urat, sebagai anti bakteri, mencerahkan kulit, hingga mengobati diabetes dan kanker.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa salah satu pemanfaatan tanaman herbal adalah sebagai obat diabetes.

Ada banyak tanaman herbal atau rempah yang dipercaya mempunyai sifat penurun gula darah sehingga sangat berguna bagi orang dengan atau yang berisiko terkena diabetes tipe 2.

Beberapa penelitian atau studi klinis pun sudah menyatakan bahwa terdapat sejumlah bahan alami yang bisa membantu mengelola kondisi seseorang dengan penyakit diabetes.

Namun, untuk mengolah tanaman ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena ditakutkan jika salah mengolah maka khasiatnya akan menghilang atau bahkan berubah menjadi racun.

Walaupun seringkali dianggap lebih aman untuk dikonsumsi dibandingkan obat-obatan medis, ternyata tanaman herbal ini juga bisa menyebabkan efek samping terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Jenis-jenis Tanaman Herbal untuk Obat Diabetes

Tanaman obat (pixabay.com)

Setelah mengetahui penjelasan mengenai tanaman herbal, Anda bisa mengambil informasi bahwa beberapa jenis tanaman herbal juga bisa berguna untuk mengobati diabetes.

Namun, masih ada banyak orang yang bertanya mengenai tanaman apa yang bisa mengobati diabetes?

Lalu, apa obat diabetes yang paling bagus?

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai beberapa tanaman herbal untuk obat diabetes!

3.1 Gingseng

Gingseng

Gingseng adalah salah satu tanaman herbal yang bisa ditemukan di beberapa negara Asia seperti Korea, Tiongkok, dan Jepang.

Gingseng banyak dijadikan sebagai bahan minuman dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mencegah flu, mengobati penyakit paru-paru, memelihara fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menurunkan kadar gula dalam darah.

Hal ini dikarenakan gingseng mempunyai kandungan bernama ginsenosides yang bisa mempengaruhi kadar insulin dalam tubuh.

3.2 Jintan Hitam

Jintan hitam

Jintan hitam adalah tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai bumbu penyedap serta pengawet makanan untuk beberapa masakan di India dan Timur Tengah.

Jintan hitam sendiri mampu memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti menurunkan kadar kolesterol, melawan kanker, mencegah sakit perut, hingga mengontrol gula darah.

3.3 Bawang Merah

Bawang merah

Bawang merah adalah bumbu masakan yang banyak digunakan pada makanan Indonesia.

Bahan ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan salah satunya adalah bisa menurunkan kadar gula darah.

Hal ini dikarenakan bawang merah mempunyai kandungan senyawa petida yang bersifat hipoglikemia dan berguna untuk membantu pankreas dalam memproduksi insulin.

3.4 Lidah Buaya

Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang dikenal mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu saja, tanaman ini juga seringkali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk perawatan rambut dan kulit.

Salah satu manfaat untuk kesehatan tubuh adalah bisa membantu mengobati penyakit diabetes.

Kandungan aktifnya seperti mannans, lektin, dan antrakulinon bisa membantu mengontrol kadar glukosa darah serta mengurangi endapan lemak yang ada di dalam darah.

Tidak hanya itu saja, lidah buaya juga berguna untuk menjaga dan memperbaiki sel penghasil insulin di pankreas.

Cara mengolah lidah buaya untuk obat diabetes adalah dijadikan jus.

Jadi, kupas lidah buaya kemudian potong kecil-kecil dan campur bersama air lalu haluskan dengan menggunakan blender.

Menurut sebuah penelitian, jus lidah buaya ini hanya perlu dikonsumsi sebanyak dua sendok makan per hari dalam waktu dua minggu saja.

3.5 Jahe

Jahe (pixabay.com)

Jahe adalah salah satu rempah favorit masyarakat Indonesia karena tidak hanya bisa dijadikan sebagai bumbu masakan, tetapi juga dijadikan sebagai bahan minuman yang super nikmat.

Jahe sendiri mempunyai banyak manfaat khususnya bagi kesehatan tubuh.

Salah satu manfaatnya adalah bisa mengurangi kadar gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Hal ini dikarenakan jahe mempunyai kandungan penting seperti fenol, antioksidan, dan antiinflamasi.

Cara mengonsumsi jahe untuk mengobati diabetes adalah dengan mencampurkannya ke dalam makanan dan menjadikannya sebagai minuman.

Konsumsi secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal!

3.6 Pare

Pare

Pare adalah tumbuhan yang mempunyai rasa pahit, tetapi banyak dijadikan sebagai bahan masakan, misalnya somay, keripik, tumis, dan lain-lain.

Namun, ternyata tanaman ini mempunyai sifat anti-diabetes yang itu berarti bisa mengobati diabetes khususnya diabetes jenis melitus tipe 2.

Kandungan bahan aktif yang ada di dalam pare seperti vicine, alkaloid, peptida, dan charantin akan membantu menstimulan aktivitas pelepasan insulin agar bekerja lebih baik lagi.

Bahkan juga membantu dalam melawan resistensi insulin yang disebabkan oleh komplikasi diabetes.

3.7 Kunyit

Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan, jamu, hingga produk kecantikan.

Hal ini dikarenakan kunyit sendiri mempunyai banyak kandungan penting salah satunya adalah zat kurkumin.

Zat ini berguna untuk menurunkan kolesterol, menjaga sistem pencernaan, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga menurunkan kadar gula darah.

Cara mengonsumsi kunyit untuk penderita diabetes adalah dengan mencampurkannya ke dalam masakan, dijadikan sebagai minuman, atau bisa juga dengan mengunyahnya langsung saat perut kosong.

3.8 Kayu Manis

Kayu-Manis

Kayu manis adalah rempah yang biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap masakan dan minuman.

Kayu manis sendiri mempunyai banyak manfaat seperti mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah kanker, mengobati nyeri haid, melawan bakteri, dan menurunkan risiko diabetes.

Rempah ini sangatlah cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes tahap awal.

3.9 Daun Salam

Daun salam

Daun apa saja yang bisa menurunkan diabetes?

Ada beberapa daun dan salah satunya adalah daun salam atau bay leaf.

Daun salam ini menjadi salah satu obat diabetes yang bisa dibilang efektif karena menghasilkan mintak atsiri dan itu membantu untuk mengontrol kadar glukosa dalam tubuh serta meningkatkan fungsi reseptor insulin.

Tidak hanya itu saja, daun salam juga mempunyai kandungan polifenol yang berguna sebagai antioksidan.

Daun salam ini memang seringkali dijadikan sebagai bumbu masakan, tetapi untuk pengobatan diabetes cara mengolahnya hanya perlu direbus saja selama beberapa menit.

3.10 Daun Sirsak

Selain daun salam ada juga daun sirsak yang bisa membantu untuk mengobati penyakit diabetes.

Sejumlah penelitian mengatakan bahwa daun sirsak ini bisa membantu untuk mengatasi diabetes karena mempunyai kandungan antioksidan dan metanolik.

Kandungan metanolik ini bekerja dalam pankreas agar bisa menghasilkan insulin untuk menyeimbangkan kadar gula darah.

Tidak hanya menyembuhkan diabetes saja tetapi juga bisa menyehatkan kulit, meredakan stres, mengobati asam urat, melawan infeksi, melawan kanker, dan lain sebagainya.

Cara mengolahnya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirsak hingga mendidih kemudian konsumsi air rebusan tersebut secara rutin.

3.11 Sambiloto

Mungkin beberapa dari Anda masih merasa cukup asing dengan nama sambiloto ini.

Tanaman herbal sambiloto adalah tumbuhan yang mempunyai rasa sangat paht, tetapi bermanfaat besar untuk kesembuhan beberapa penyakit salah satunya diabetes.

Tanaman ini mempunyai banyak kandungan penting seperti antioksidan, antibakteri, andrografolida, antikanker, dan lain sebagainya.

Beberapa kandungan tersebut ternyata bisa berguna untuk mengendalikan kadar gula darah.

3.12 Kulit Manggis

Kulit manggis memang dikenal bisa digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit.

Salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan cara mengonsumsi ekstrak kulit manggis adalah diabetes melitus.

Hal ini dikarenakan, kulit manggis mempunyai kandungan yang bernama xanthone dan itu berguna untuk menurunkan resistensi tubuh terhadap gula darah.

Selain bisa mengobati diabetes, kulit manggis juga bisa menurunkan kadar kolesterol, menghambat pertumbuhan sel kanker, menguatkan daya tahan tubuh, dan lain sebagainya.

3.13 Bawang Putih

Bawang putih

Bawang putih tidak hanya berguna sebagai bumbu masakan saja, tetapi juga sebagai obat diabetes.

Hal ini dikarenakan bawang putih mempunyai kandungan antioksidan yang bisa membantu untuk mengontrol gula darah.

Cara mengonsumsinya adalah dengan memakan 1 hingga 4 siung bawang putih mentah per hari.

3.14 Milk Thistle

Milk thistle

Milk thistle adalah tanaman berbunga yang berasal dari negara-negara Mediterania.

Tanaman ini juga seringkali disebut sebagai thistle suci dan thistle Mary.

Bagian milk thistle yang bisa dikonsumsi adalah batang dan daunnya.

Cara mengonsumsinya adalah dengan dijadikan salad.

Milk thistle mempunyai banyak manfaat pula bagi tubuh seperti menurunkan kadar kolesterol, mengobati penyakit kuning, menyembuhkan gangguan kandung empedu, mengobati hepatitis, hingga menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, milk thistle juga bisa membantu meningkatkan resistensi insulin yang akan menjadi bagian penting dari diabetes tipe 2.

3.15 Fenugreek

Fenugreek

Fenugreek adalah tanaman herbal yang banyak tumbuh di beberapa bagian Eropa serta Asia Barat.

Tanaman ini bagian daunnya bisa dimakan dan mempunyai biji kecil berwarna cokelat.

Biji tersebutlah yang banyak digunakan sebagai bahan untuk pengobatan.

Tidak hanya sebagai obat, biji ini juga bisa dijadikan sebagai bumbu dan teh.

Fenugreek sendiri bisa memberikan banyak manfaat khususnya bagi para penderita diabetes.

Bijinya mengandung serat dan senyawa lainnya yang berguna untuk memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat serta gula oleh tubuh.

Tidak hanya itu saja, biji ini juga bisa membantu meningkatkan cara tubuh untuk menggunakan gula dan meningkatkan jumlah insulin yang dilepaskan.

Cara untuk mengonsumsinya adalah dengan merendam fenugreek dengan air atau bisa juga mengonsumsi olahannya  seperti roti dari tepung fenugreek yang dipanggang.

3.16 Gymnema

Gymnema adalah semak menjalar berkayu yang berasal dari hutan Afrika dan India.

Tanaman ini sudah digunakan secara medis dalam ayurveda atau praktik pengobatan India kuno.

Gymnema sendiri dikonsumsi dengan cara dikunyah daunnya.

Namun, itu akan mengganggu kemampuan merasakan rasa manis untuk sementara waktu dan ini adalah hal yang wajar.

Agar lebih mudah, adapun produk yang berupa ekstrak daun gymnema dalam bentuk pil atau tablet sehingga mudah dikonsumsi dan dosisnya lebih mudah dikontrol.

Manfaat yang bisa didapatkan jika mengonsumsinya adalah menurunkan kadar kolesterol, merangsang pelepasan insulin di pankreas, menurunkan gula darah, dan mengurangi jumlah darah yang diserap oleh usus.

Tidak hanya itu saja, tanaman ini juga bisa mengobati masalah perut, menyembuhkan penyakit pada hati, dan mengatasi masalah sembelit.

3.17 Lengkuas

Lengkuas adalah salah satu rempah atau tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan.

Keberadaan lengkuas atau laos dalam suatu masakan bisa memberikan cita rasa gurih dan aroma yang lebih wangi.

Namun, tidak hanya bisa dijadikan sebagai bumbu masakan, lengkuas ini ternyata juga bisa membantu untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Hal ini dikarenakan lengkuas mempunyai beberapa kandungan penting seperti antioksidan polifenol yang bisa menurunkan kadar gula darah, melawan infeksi, menurunkan kolesterol jahat, dan bersifat antikanker.

3.18 Kencur

Kencur adalah rempah yang banyak dijadikan sebagai bahan utama pembuatan jamu favorit banyak orang yaitu beras kencur.

Adapun banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi jamu beras kencur ini seperti meredakan diare, meningkatkan nafsu makan, meredakan batuk berdahak, melancarkan haid, mengurangi pegal, hingga menurunkan kadar gula dalam darah.

Oleh karena itu, jamu beras kencur atau beberapa olahan lain dari kencur ini sangatlah berguna untuk dikonsumsi penderita diabetes.

 

Diabetes memang menjadi salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan beberapa komplikasi hingga kematian.

Namun, untuk bisa mengatasinya ternyata bisa menggunakan tanaman herbal obat diabetes.

Jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal maka aturlah pola maka makan beserta nutrisinya.

Pastikanlah bahwa seorang penderita diabetes mengonsumsi banyak makanan sehat dan mengatur asupan karbohidrat.

Tidak hanya itu saja, olahraga juga sangatlah diperlukan untuk menjaga gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Beberapa jenis olahraga yang disarankan adalah yoga, bersepeda, hiking, senak aerobik, berenang, jalan cepat, pilates, angkat bebas, dan lain-lain.

Jika Anda ingin mengonsumsi beberapa tanaman herbal obat diabetes tersebut, sebaiknya lakukan konsultasi kepada dokter terpercaya dulu ya!

 

Referensi:

Halodoc.com. Diabetes. [Internet]. Terdapat pada: https://www.halodoc.com/kesehatan/diabetes

Sehatq.com. 2021. 14 Jenis Tanaman Obat-obatan yang Wajib Ada di Rumah Anda. [Internet]. Terdapat pada: https://www.sehatq.com/artikel/jenis-tanaman-obat-obatan-yang-wajib-ada-di-rumah-anda

Tokopedia.com. 2019. 10 Obat Herbal Diabetes Terbaik untuk Atasi Gula Berlebih. [Internet]. Terdapat pada: https://www.tokopedia.com/blog/obat-herbal-diabetes-paling-ampuh-hlt/

Alodokter.com. 2021. Inilah Manfaat Gingseng untuk Kesehatan Tubuh. [Internet]. Terdapat pada: https://www.alodokter.com/fakta-di-balik-khasiat-ginseng

Cantik.tempo.co. 2019. Lidah Buaya Mampu Mengontrol Gula Darah, Ini 8 Manfaat Lainnya. [Internet]. Terdapat pada: https://cantik.tempo.co/read/1243472/lidah-buaya-mampu-mengontrol-gula-darah-ini-8-manfaat-lainnya/full&view=ok

Kesehatan.kontan.co.id. Bawang merah bermanfaat mengobati diabetes melitus. [Internet]. Terdapat pada: https://kesehatan.kontan.co.id/news/bawang-merah-bermanfaat-mengobati-diabetes-melitus-1

Health.grid.id. 2021. Untuk Pengobatan, Dari Mengontrol Diabetes Sampai Melawan Infeksi. [Internet]. Terdapat pada: https://health.grid.id/read/352564854/8-khasiat-air-rebusan-daun-sirsak-untuk-pengobatan-dari-mengontrol-diabetes-sampai-melawan-infeksi?page=all

Hellosehat.com. 2021. 4 Manfaat Tersembunyi Jamu Beras Kencur Bagi Tubuh. [Internet]. Terdapat pada: https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-jamu-beras-kencur/

Webmd.com. 2021. Milk Thistle: Benefits and Side Effects. [Internet]. Terdapat pada: https://www.webmd.com/digestive-disorders/milk-thistle-benefits-and-side-effects#:~:text=for%20the%20liver.-,Can%20Milk%20Thistle%20Help%20People%20With%20Diabetes%3F,people%20with%20type%202%20diabetes.

Healthline.com 2020. Diabetes: Can Fenugreek Lower My Blood Sugar?. [Internet]. Terdapat pada: https://www.healthline.com/health/type-2-diabetes/fenugreek-blood-sugar

Healthline.com. 2018. Is Gymnema the Future of Diabetes Treatment?. [Internet]. Terdapat pada: https://www.healthline.com/health/diabetes/gymnema-future-treatment#cons

Teruskan Membaca