Taman Nasional Kerinci Seblat: Luas, Sejarah, dan Wisata Alam

Diposting pada

6.3 Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh terletak di puncak Gunung Tujuh dan dulunya merupakan kawah gunung berapi. Danau Gunung tujuh ini berada pada ketinggian 1 950 mdpl menjadikannya danau tertinggi di Asia Tenggara. Waktu sekitar 3,5 jam dibutuhkan untuk mendaki sampai ke danau yang memiliki panorama yang indah ini. Pendakian diawali dari desa Pelompek yang letaknya 8 km dari desa Kersik Tua. Danau Gunung Tujuh merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat sehingga diperlukan surat izin untuk memasuki kawasan ini. Surat izin dapat dibuat di desa Palompek.

6.4 Gua Sengering

Gua Sengering Taman Nasional Kerinci Seblat

Gua yang terletak di desa Sengering ini merupakan rumah bagi peradaban manusia pada ribuan tahun yang lalu. Gua Tiangko adalah salah satu gua yang paling populer. Di Gua Tiangko pernah dihuni oleh manusia yang hidup pada 9 000 tahun yang lalu. Gua ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang sangat indah. Sengering ini berada di 9 km dari Sungai Manau yang terletak di pinggir jalan raya menuju ke Bangko.

6.5 Cagar Alam Bukit Tapan

Cagar Alam Bukit Tapan dan Pegunungan Indrapura merupakan bagian dari Gunung Kerinci dan termasuk ke dalam wilayah administratif Provinsi Jambi. Di sini banyak ditemui berbagai jenis satwa liar, terutama berbagai jenis primata. Cagar alam ini dapat diakses melalui kota Padang atau Sungai Penuh.

6.6 Gunung Seblat

Gunung Seblat dengan ketinggian 2 383 mdpl merupakan habitat bunga Rafflesia arnoldii, berbagai jenis primata, dan reptilia. Gunung ini merupakan habitat utama dari berbagai satwa liar yang ada di sana.

 

7. Fasilitas dan Transportasi

Penginapan dan Hotel

Berikut adalah fasilitas dan transportasi yang ada di Taman Nasional Kerinci Seblat:

  • Di Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, tersedia hotel yang cukup memadai, seperti Hotel Busana di jalan Martadinata dan Hotel Matahari di Jalan Jend. Ahmad Yani.
  • Di Kersik Tuo ada beberapa penginapan dan pemandu wisata bagi pengunjung yang ingin mendaki Gunung Kerinci.
  • Di Curup, Lubuk Linggau dan Bangko tersedia hotel yang cukup besar, rumah makan dan kendaraan sewaan untuk menuju ke kawasan atau obyek wisata.
  • Di kaki Gunung Tujuh tersedia fasilitas guesthouse yang dapat menampung 10 orang, untuk pengunjung yang ingin mendaki atau menuju Danau Gunung Tujuh. Danau tersebut dapat dicapai dengan berjalan kaki selama 3 – 4 jam.
  • Di Danau Gunung Tujuh terdapat air terjun dan jalan setapak sehingga kita dapat menikmati keindahan danau atau bersampan sambil melihat air terjun dan satwa liar, seperti siamang atau berbagai jenis burung.
  • Di Kota Padang dan Jambi terdapat bandar udara.
  • Di Curup, Painan, dan Lubuk Linggau terdapat Kantor Perwakilan Taman Nasional, Pusat Informasi, dan Mess Jagawana/Ranger.
  • Terdapat sekitar 20 pos jaga di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, yang terdiri atas:
    • Provinsi Jambi sebanyak 8 pos
    • Provinsi Sumatera Barat sebanyak 5 pos
    • Provinsi Bengkulu sebanyak 4 pos
    • Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 3 pos
  • Di Bangko terdapat mess jagawana

Fasilitas penunjang yang ada di Taman Nasional Kerinci Seblat antara lain Wisma, Museum Taman Nasional, Pondok Wisata, Pusat Informasi, Pondok Kerja, Tempat Parkir, Tempat Berkemah, Tempat Berteduh/Shelter, Menara Pengamatan, dan Jalan Setapak.

 

Referensi:

Informasi Pariwisata Nusantara (Visit Indonesia)

Supriatna J. 2014. Berwisata Alam di Taman Nasional. Jakarta (ID): Yayasan Obor Indonesia