Suku di Indonesia: Pengertian, Sebaran, Jumlah, dan Daftar Lengkap

Diposting pada

Indonesia merupakan negara dengan beraneka ragam kultur budaya, ras, agama, adat istiadat (tradisi), dan agama dengan tingkat toleransi yang tinggi. Sehingga, Bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang majemuk atau heterogen. Semua itu tercermin dan dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dan jumlah suku di Indonesia yang sangat berlimpah.

Mengapa suku di Indonesia beraneka ragam? Pada awalnya nenek moyang orang Indonesia berasal dari kelompok suku yang berbeda.

Kelompok-kelompok tersebut adalah kelompok Austro-Melanesoid yang persebarannya dari Australia – Irian – Kai – Seram – Sulawesi – Timor – Sumatra Utara – Aceh – Kedah –Pahang – Malaysia.

Kelompok yang lain adalah kelompok Mongoloid yang persebarannya melalui dua rute.

Rute pertama, Jepang – Taiwan – Filipina – Sangir – Sulawesi dan rute kedua, Asia Tenggara – Sulawesi Utara – Halmahera – Maluku Selatan.

Tarian Khas Suku Sunda yang Merupakan Salah Satu Suku di Indonesia
Tarian Khas Suku Sunda yang Merupakan Salah Satu Suku di Indonesia

1. Pengertian Suku

Berikut adalah beberapa definisi suku menurut berbagai perspektif.

1.1 Pengertian menurut Srijanti

Menurut Srijanti et al. (2009) pengertian suku bangsa adalah suku sosial yang khusus dan bersifat askriptif (ada sejak lahir), yang sama coraknya dengan jenis kelamin dan golongan umur.

Suku di Indonesia sangat banyak dan beragam, menurut statistik hampir mencapai 300 suku bangsa.

Setiap suku mempunyai adat istiadat, norma, dan tata kelakuan yang berbeda.

Namun demikian, keanekaragaman suku di Indonesia dapat membuat masyarakat saling bersinergi untuk saling mencapai tujuan masyarakat yang adil dan makmur.

Suku di Indonesia yang majemuk ini dapat menjadi identitas nasional dalam aspek suku bangsa.

Hal tersebut yang membuat Indonesia mempunyai semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti walaupun berbeda-beda suku, ras, dan agama tetapi tetap satu kesatuan.

Banyak negara-negara lain yang kagum terhadap Indonesia karena rasa toleransi antar suku yang sangat tinggi dan jarang terjadi perpecahan walaupun memiliki banyak suku yang berbeda dan beraneka ragam.

1.2 Pengertian menurut Koentjaraningrat

Pengertian lain tentang suku dikemukakan oleh Koentjaraningrat dalam bukunya yang berjudul Pengantar Ilmu Antropologi. Koentjaraningrat menyatakan bahwa suku merupakan sekelompok manusia yang memiliki kesatuan dalam budaya dan terikat oleh kesadarannya akan identitasnya.

Identitas dan kesadaran yang dimiliki biasanya diperkuat dengan kesatuan bahasa.

Suku menurutnya disebut juga etnik/ etnis yang berarti suatu golongan manusia yang mempunyai karakteristik dan ciri khas tertentu yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dirinya dengan sesama golongannya.

Suku/ etnik biasanya timbul akibat adanya garis keturunan sehingga karakteristik setiap suku diwariskan secara turun temurun.

Identitas setiap suku secara sederhana dapat dicirikan dengan adanya unsur-unsur penciri suku antara lain, hubungan darah, kesamaan bahasa, kesamaan dalam memeluk suatu kepercayaan, dan kesamaan adat istiadat.

1.3 Pengertian berdasarkan KBBI

Suku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah golongan orang-orang (keluarga) yang seturunan, golongan bangsa sebagai bagian dari bangsa yang besar, golongan orang sebagian dari kaum yang seketurunan.

Artinya suku adalah “bagian dan sebagiannya” yang membentuk suatu kesatuan sosial yang dapat dibedakan dengan suatu kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran identitas suku, seperti kebudayaan dan bahasa. Suku yang dimaksud dalam KBBI ini adalah suku bangsa, karena banyak arti atau definisi suku di dalam KBBI tergantung dengan konteksnya.

2. Faktor Terbentuknya Suku Bangsa

Suku di Indonesia yang beragam dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri sendiri dan masyarakatnya, sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh faktor dari luar masyarakat seperti asimilasi budaya, akulturasi budaya, pernikahan beda suku, lingkungan geografis, perkembangan daerah, dsb.

Faktor keberagaman suku di Indonesia yang dipengaruhi oleh faktor internal di antaranya:

Suku di Indonesia: Pengertian, Sebaran, Jumlah, dan Daftar Lengkap
Rating: 3.9 from 109 vote[s]

Gambar Gravatar
Mahasiswa Manajemen Hutan IPB, seorang petualang dan perantau dari Jogja yang hobi baca buku