Situ Cicerem Kuningan, Kembarannya Labuan Cermin Kalimantan Timur

Diposting pada

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Labuan Cermin Kalimantan Timur tapi jauh dan biaya pulang perginya lumayan nih belum untuk wisata kuliner dan biaya menginap. Jangan risau, pusing, galau, dan merana karena di Kuningan juga ada Situ Cicerem lho tempat wisata alam yang mirip dengan Labuan Cermin dan sangat siap untuk menghipnotis Anda.

Kepo? Harus baca artikel ini sampai bawah ya!

Situ Cicerem (instagram.com)
Situ Cicerem (instagram.com)

Si kembaran Labuan Cermin Kalimantan Timur yang ada di Kuningan bernama Situ Cicerem atau lebih dikenal dengan nama Telaga Biru Cicerem. Lokasi wisata alam ini lebih tepatnya ada di Jalan Kaduela, Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Situ Cicerem mempunyai air berwarna biru sangat jernih dan banyaknya pepohonan rindang yang sangat siap untuk menyegarkan mata. Para pengunjung sering berbondong-bondong datang untuk segera mencicipi kesejukan air dan indahnya pemandangan.

Telaga yang ada di kaki Gunung Ciremai ini tak hanya airnya saja yang berwarna biru cantik, namun di dalamnya juga dihuni makhluk-makhluk cantik lho. Bukan bidadari tapi beragam ikan salah satunya adalah ikan emas. Meskipun ada ikannya namun jangan ragu untuk berendam karena ikannya ramah dan pastinya tidak menggigit kok haha. Anda hanya dibolehkan berendam bersama ikan ya dan dilarang untuk memancingnya.

Anda cukup membayar dengan biaya yang murah meriah yaitu Rp 5000 per motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Lho ini tiket masuk apa tiket parkir, kok dihitung per motor dan per mobil? Jadi begini lho, tiket masuknya Rp 5000 untuk motor berarti entah berapapun Anda boncengan ya tetap bayar dengan harga itu sama halnya dengan mobil entah berapapun isinya ya bayarnya tetap Rp 10.000 saja.

Nah, kalau tiket parkirnya Anda cukup membayar Rp 3000 untuk motor dan mobil Rp 5000. Sangat murah tapi mampu menyajikan sejuta pesona untuk para pengunjung tercinta hehe.

Sayangnya, tempat wisata ini masih belum menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya wahana dan lain lain. Hal ini karena wisata alam ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar. Fasilitas yang ada hanyalah beberapa warung makan dan toilet saja.

Liburan di Situ Cicerem (instagram.com)
Liburan di Situ Cicerem (instagram.com)

Meskipun demikian Situ Cicerem sangat bagus kok untuk dikunjungi. Cocok sekali untuk Anda yang ingin melepas pusing dan mencari suasana segar. Kecantikan tempat ini juga sangat cocok untuk Anda yang suka berselfie ria.

Sudah pernah ke sini belum? Kalau belum langsung gas kuy!

 

Editor:
Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.