Rayap: Habitat, Sebaran, Karakteristik, dan Cara Membasmi

Diposting pada

7.5 Rayap Pohon

Rayap pohon merupakan rayap yang tinggal di pohon-pohon hidup dan tek berhubungan dengan tanah. Contoh rayap pohon adalah rayap yang menyerang pohon jati, Neotermes tectonae.

 

8. Kerugian Akibat Rayap

Selain memiliki peran positif sebagai dekomposer, serangga pemakan selulosa ini juga memiliki peran negatif yaitu sebagai hama pengganggu. Hal ini disebabkan karena hutan sebagai habitat aslinya telah terganggu.

Pada umumnya serangga hama ini menyerang tanaman dan bagian-bagian gedung atau bangunan yang terbuat dari kayu sehingga masa/umur pakainya semakin pendek. Jika kejadian ini dibiarkan begitu saja maka akan menyebabkan kerugian ekonomi.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Thailand, kerugian ekonomi akibat kerusakan pada bangunan karena serangan rayap tanah dari genus Coptotermes mencapai 2,2 juta dollar Amerika setiap tahunnya. Sementara itu di Amerika Serikat hampir 80% dari biaya pengendalian rayap ditujukan untuk pengendalian rayap tanah. Kerugian ekonomi akibat serangan serangga ini di Indonesia sendiri mencapai 1,7 triliun rupiah pada tahun 1995 (Rakhmawati 1996 dalam Sari 2008).

 

9. Fakta-Fakta Menarik

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik tentang rayap:

9.1 Ratu rayap bertelur setiap 15 detik sekali

Ratu rayap berumur 40 tahun ditemukan di Shi Chuan, Tiongkok dengan panjang tubuh 4,6 cm termasuk rayap dengan ukuran besar/gemuk. Tugas utama dari ratu rayap adalah bereproduksi dengan bertelur. Ratu rayap bahkan dapat bertelur setiap 15 detik sekali sepanjang hidupnya!

9.2 Rayap dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang sangat besar

Rayap yang dikenal sebagai serangga perusak dapat merusak bangunan/gedung yang terbuat dari kayu. Kerugian ekonomi yang ditimbulkan akibat kerusakan yang disebabkan serangga ini sangat besar bahkan dapat mencapai triliunan rupiah.

9.3 Rayap memiliki sarang yang sangat kompleks

Sarang Rayap

Sarang rayap biasanya dibuat oleh kasta pekerja dengan menggunakan kombinasi tanah, lumpur, kunyahan kayu, air liur dan kotoran rayap. Sarang rayap terdiri dari beberapa bagian-bagian yang saling dihubungkan dengan labirin-labirin atau terowongan.

Ruangan-ruangan di sarangnya meliputi tempat hidup rayap dan penampungan air melalui kondensasi.

9.4 Manfaat sarang rayap

Sarang rayap dapat dijadikan indikator lingkungan. Adanya sarang rayap di suatu lokasi menunjukan bahwa ada cadangan air di lokasi tersebut yang sangat dibutuhkan makhluk hidup. Sarang rayap dapat mencapai ukuran yang sangat besar, bahkan dapat mencapai tinggi 10 meter dengan lebar 15 meter.

Sarang rayap tertua berumur 2.200 tahun pernah ditemukan di hutan Miombo, Repubik Kongo di Afrika Bagian Tengah.

9.5 Rayap termasuk serangga kanibal

Adanya hemolimfa sari rayap yang terluka akan dapat merangsang rayap lainnya untuk memakannya (kanibalisme). Beberapa peneliti menganggap kanibalisme sebagai upaya spesies ini dalam menjaga keseimbangan kasta dalam koloninya.

9.6 Rayap terlahir cacat

Sejak dilahirkan hingga mati sebenarnya serangga ini bisu, tuli, dan buta. Keterbatasan yang dimiliki spesies ini lantas tidak membuat serangga pemakan kayu ini lemah. Rayap tetap dapat berkomunikasi dengan sesamanya menggunakan senyawa kimia yang dimilikinya.

 

10. Cara Membasmi Rayap

Meskipun memiliki tubuh yang kecil, keberadaan serangga ini tidak boleh kita remehkan begitu saja. Spesies pemakan selulosa ini yang berkoloni besar mampu merusak bagian-bagian dari bangunan yang terbuat dari kayu bahkan dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang besar. Oleh karena itu, perlu adanya upaya pembasmian serangga ini apabila sudah mulai merugikan kehidupan manusia.

Hewan ini dapat dibasmi dengan menggunakan zat anti rayap yaitu asam borat atau boric acid. Asam borat ini mampu bekerja dengan cepat dan ampuh mengatasi rayap dengan mudah dalam waktu singkat. Zat ini biasanya dimasukkan ke dalam wadah semprot sehingga mudah dan praktis digunakan untuk membasmi rayap.

Selain asam borat, air rendaman tembakau dan cairan kapur sirih juga dapat digunakan untuk membasmi rayap. Bahkan berdasarkan penelitian, zat kimia anti rayap bisa didapat dari kayu pohon-pohon tertentu secara alami.

Pencegahan serangan serangga pemakan kayu ini juga harus dilakukan dengan cara pengawetan kayu, pengumpanan dan perlakuan tanah. Pengawetan kayu agar tahan terserang rayap dapat dilakukan dengan melapisi kayu menggunakan zat anti rayap, misalnya cat kayu anti rayap. Meskipun sudah menggunakan cat kayu anti rayap, furniture maupun bagian-bagian bangunan yang dilapisinya harus tetap dipantau setiap enam bulan sekali.

Zat anti rayap lainya adalah garam Wolman yang biasanya digunakan untuk pengawetan kayu yang dipasang di bagian bawah atap rumah, sedangkan untuk kayu yang dipasang pada bagian luar bangunan bisa diawetkan dengan menggunakan zat anti rayap lainnya seperti larutan minyak yaitu Kreosoft.

Pengumpanan dilakukan dengan menginduksi racun yang bereaksi lambat ke dalam kayu umpan agar dimakan oleh pekerja dan nantinya akan disebarkan ke dalam koloninya. Cara pengumpanan ini termasuk cara membasmi rayap secara ramah lingkungan.

Perlakuan tanah dilakukan dengan membentuk penghalang kimia yaitu dengan mengaplikasikan zat anti rayap seperti insektisida sintetik maupun insektisida botani ke dalam tanah baik di bawah maupun di sekeliling bangunan.

Insektisida sintetik merupakan jenis insektisida yang berasal dari bahan-bahan kimiawi dan paling umum digunakan masyarakat untuk mencegah serangan serangga ini. Apabila penggunanan inseksitisa sintetik ini dilakukan secara terus menerus maka residunya di alam akan bertahan dalam waktu yang lama sehingga akan mencemari lingkungan.

Insektisida botani/alami merupakan jenis insektisida dari bahan tanaman yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama. Insektisida jenis ini dapat dengan mudah dibuat dan tidak mencemari lingkungan. Tanaman dari famili Meliaceae dan Piperacea merupakan tanaman yang paling berpotensi digunakan sebagai insektisida alami.

Selain pembasmian yang dilakukan oleh seorang diri, kita juga dapat menggunakan jasa pembasmian rayap dan serangga hama lainnya, seperti Rentkoil dan perusahaan lainnya yang sejenis. Dengan cara ini, kita lebih dapat menghemat waktu dan tetap aman dari serangan rayap.

 

Referensi:

Anonim. 2014. Jenis-Jenis Rayap [internet]. [diunduh 2017 Des 7]. Tersedia pada [http://dokterrayap.com/2014/09/06/jenis-jenis-rayap/]

Sari S P. 2006. Pengaruh ekstrak Aglaia odorata Lour dan Piper retrifractum Vahl terhadap mortalitas rayap tanah Coptotermes curvignathus Holmgren (Isoptera: Rginotermitidae) [skripsi]. Bogor (ID): Fakultas Kehutanan IPB.