Pupuk Kompos: Nutrisi Kaya Manfaat untuk Tanah dan Tumbuhan

Diposting pada
  1. Kaya akan unsur hara yang lengkap, baik itu unsur makro maupun unsur mikro yang mana kondisi tersebut tidak akan kita temukan pada pupuk buatan atau anorganik.
  2. Memiliki banyak kandungan asam organik, seperti asam humic, asam fulfic, hormon, serta enzim yang tidak juga kita dapatkan di pupuk buatan. Asam-asam seperti ini sangat berguna untuk tanaman maupun untuk lingkungan mikroorganisme yang ada di tanah.
  3. Pada pupuk organik banyak mengandung hewan tanah makro dan mikro yang sangat berpengaruh terhadap perbaikan sifat fisik tanah maupun sifat biologis tanah.
  4. Pupuk organik mampu memperbaiki serta menjaga struktur tanah.

Pupuk ini juga sangat baik apabila kita memiliki sistem penggunaan lahan (silvopastura), yaitu sistem agroforestri yang memadukan antara kegiatan kehutanan dan kegiatan peternakan. Hal ini akan memberikan dampak yang baik dan bersifat saling menguntungkan.

Tentunya masih ada banyak keunggulan lain dari pupuk kompos atau pupuk organik yang bisa kita temukan, namun pada intinya penggunaan pupuk organik akan membuat tingkat kesuburan tanah serta tanaman dan lingkungan untuk mikroorganisme lainnya lebih berkualitas dibandingkan penggunaan pupuk buatan.

 

Referensi:

Redaksi Forester Act