Pulau Panaitan, Surganya Para Penggemar Surfing

Diposting pada

Pulau Panaitan adalah salah satu pulau yang lokasinya ada di sebelah barat Laut Jawa. Secara administratif, pulau ini berada di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pulau Panaitan mempunyai permukaan berbukit yang dibalut dengan hutan hujan tropis.

Hutan hujan tropis tersebut menjadikan pulau ini dihuni banyak sekali macam satwa yang hidup liar misalnya monyet, biawak, babi hutan, dan masih banyak lagi.

Bukit paling besar di pulau ini adalah Gunung Raksa. Di bukit ini terdapat banyak jenis flora dan fauna. Selain itu, di sana juga terdapat beberapa penemuan sejarah seperti Patung Shiwa dan Ganesha yang diprediksi merupakan peninggalan Zaman Hindu Kuno.

Berlibur di Pulau Panaitan (instagram.com)
Berlibur di Pulau Panaitan (instagram.com)

Pulau Panaitan juga seringkali disebut sebagai surganya para penggemar surfing dan menjadi salah satu lokasi surfing terbaik di dunia. Tak heran jika banyak wisatawan asing yang berkunjung untuk mencoba ombaknya.

Di pulau ini terdapat beberapa jenis ombak yaitu napalms, one palm points, pussy, apocalypse, dan lain sebagainya.

Ternyata, bukan ombaknya saja yang menarik tetapi pemandangannya juga sangat cantik. Tidak hanya bisa surfing, di pulau ini Anda juga bisa menyelam dan menikmati indahnya pemandangan bawah laut.

Salah satu titik menyelamnya yang lumayan terkenal adalah batu pitak yang ada di dekat legon butun. Namun, titik ini tidak disaranan untuk penyelam pemula karena mempunyai arus yang cukup kuat.

Suasana pulau yang alami dan sepi karena jauh dari hiruk pikuk kota akan memberikan kesan tersendiri untuk para pengunjung.

Jadi Pulau Panitan memang sangat cocok nih dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menenangkan pikiran dari aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya surfing dan menyelam, di Pulau Panaitan Anda juga bisa memancing lho!

Lokasinya yang berhadapan langsung dengan laut lepas menjadikan pulau ini dihuni oleh banyak sekali jenis ikan mulai dari kakap merah, kerapu lumpur, kerapu macan, giant travelly, tuna sirip kuning, dan masih banyak lagi.

Ilustrasi surfing (instagram.com)
Ilustrasi surfing (instagram.com)

Itulah informasi mengenai Pulau Panaitan yang menjadi surganya para penggemar surfing.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk langsung berlibur ke Pulau Panaitan!

Editor:
Mega Dinda Larasati