Pulau Pahawang adalah salah satu destinasi wisata di Bandar Lampung yang wajib kamu kunjungi. Perjalanan dari Bandar Lampung, memakan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke Pulau Pahawang yang berlokasi di lepas Teluk Punduh, di kecamatan Marga Punduh Pindada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Pulau ini terbilang masih perawan karena belum banyak dijamah orang. Meski demikian, pulau tersembunyi ini akhir-akhir ini sudah mulai populer karena beberapa wisatawan yang sudah pernah berkunjung mengakui eksotismenya dan merekomendasikan Pulau Pahawang ini sebagai destinasi wisata terbaik di Bandar Lampung. Menarik ya, seperti apa sih Pulau Pahawang ini?

Pulau Pahawang Indonesia via youtube.com

Asal Usul Pulau Pahawang

Sebelum menginjakan kaki di pulau ini, ada baiknya kamu tahu sejarahnya dulu. Nama Pahawang diambil dari bahasa lokal “Pahiwang” yang artinya menangis. Konon, dahulu kala ada seorang kakek sedang bersedih. Sang kakek ditinggal pergi oleh istri yang dicintainya kemudian menangis sepanjang hari. Jadi, nama pulau ini diambil dari kisah kesetiaan sang kakek.

Penduduk asli pulau eksotis ini adalah masyarakat Pundu Pidada dan Sunda. Sebagian besar mata pencaharian penduduk di sana adalah nelayan, tetapi Pulau Pahawang sebagai pulau maritim eksotis yang dijadikan destinasi wisata, maka tidak jarang juga kita menjumpai masyarakat di sana bekerja sebagai petugas pantai, koki, atau pedagang.

 

Wisata di Sekitar Pulau Pahawang

Pulau Pahawang via 45.m3.co.id

Kalau kamu cari tempat untuk ber-snorkeling di Lampung, ya Pulau Pahawang tempatnya. pulau yang masih perawan ini daya tarik utamanya adalah kegiatan ber-snorkeling, tapi untuk kamu yang masih takut ber-snorkeling atau tidak bisa berenang juga tidak perlu khawatir, kamu tetep bisa menikmati pemandangan indah di pulau ini. Laut biru yang cantik, air yang bening, hawa segar, hingga flora fauna khas hutan mangrove yang instagramable bisa kamu nikmati juga. Tidak heran kalau tempat wisata di Lampung ini disebut-sebut sebagai surga bahari.

Perihal lokasi, sebenarnya area Pulau Pahawang ini terdiri dari dua pulau, yaitu:

Pulau Pahawang Besar yang merupakan pulau utama dengan luas sekitar 1.000 hektar berpenduduk sekitar 1.000 kepala keluarga. Berbagai penginapan, hotel, dan fasilitas umum pun dibangun di area ini untuk kenyamanan para wisatawan.

Pulau Pahawang Kecil letaknya tidak jauh dari Pulau Pahawang Besar dengan luas sekitar 13 hektar saja. Kabarnya, pulau ini dikelola secara privat oleh warga negara asing yang oleh orang lokal disebut Mr. Joe.

Untuk best view di pulau eksotis ini, paling tepat kamu nikmati saat sunrise maupun sunset. Pemandangan yang menyejukkan hati dan pengalaman yang berkesan dijamin tidak mudah kamu lupakan. Apabila kamu memiliki tujuan utama untuk meng-eksplor pulau ini berikut adalah tempat-tempat yang wajib kamu kunjungi:

Pulau Kelagian Besar

Pulau ini memiliki pasir pantai yang putih dan tidak berpenghuni. Pulau ini sering dijadikan tempat latihan untuk pasukan TNI AL.

Pulau Kelagian Kecil

Ini adalah spot snorkeling pertama di Pulau Pahawang. Keindahan biota laut beserta terumbu karangnya tidak boleh kamu lewatkan. Sedikit catatan untuk kamu yang mau ber-snorkeling, jangan lupa perhatikan keselamatan ya. Turuti instruksi dari guide, pakai pelampung, sepatu katak, dan alat bernafas dengan benar. Kemudian, jangan juga suka iseng memegang biota laut beracun seperti bulu babi atau bintang laut berduri.

Wisata Taman Nemo

Selain menikmati ekologi bawah laut, di sini kamu bisa juga menemukan clown fish. Yups, si ikan nemo alias ikan badut atau ikan giru di sini banyak sekali karena mereka berada tepat di habitat alam aslinya.

Tanjung Putus

Tanjung Putus ini sangat unik, di mana tempat ini hanya muncul saat laut surut. Tanjung Putus adalah semacam jembatan alami antara Pulau Tanjung Putus dan Pulau Pahawang Kecil.

 

Akses Menuju Pulau Pahawang

Menuju Pulau Pahawang dari Jakarta biasanya melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung. Lebih lengkapnya, berikut adalah rute ke Pulau Pahawang yang dilansir dari Facebook Pahawang Island:

  1. Dari Pelabuhan Bakauheni naik bus menuju Bandar Lampung berhenti di Terminal Rajabasa (sekitar 2 jam). Naik angkot jurusan Rajabasa-Tanjung Karang (angkot warna biru, sekitar 30 menit tergantung kepadatan jalan) berhenti di Pasar Bawah Ramayana, naik lagi angkot jurusan Tanjung Karang-Teluk Betung (angkot warna marun/ungu) berhenti di Gudang Garam lalu naik angkutan pick up menuju Dermaga Ketapang (sekitar 1 jam). Ongkos bus dari Bakauheni-Rajabasa 25.000 rupiah, angkot 3.000 rupiah saja, dan ongkos angkutan pick up sampai ketapang berkisar antara 8.000-10.000 rupiah.
  2. Dari Pelabuhan Bakauheni naik bus menuju Bandar Lampung berhenti di Terminal Rajabasa lalu naik Bus Damri jurusan Rajabasa-Piyabung, jangan lupa meminta kepada kondektur untuk diturunkan di Dermaga Ketapang, ongkosnya sekitar 10.000 rupiah saja, tetapi bus ini hanya beroperasi satu kali saja dalam satu hari sekitar pada jam 7 pagi, jadi pastikan kalau mau naik damri waktunya harus tepat dengan jadwal keberangkatan bus. Alternatif DAMRI bisa menggunakan kendaraan angkutan pick up ke dermaga Ketapang.
  3. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi dari Pelabuhan Bakauheni menuju Bandar Lampung menuju Bunderan Gajah lurus ke arah Teluk Betung lalu ke arah Padang Cermin/Way Ratai. Di sepanjang perjalanan ada penunjuk jalan yang bisa memandu supaya tidak tersesat. Jalur yang sama bisa ditempuh dari Terminal Rajabasa perkiraan waktu perjalanan sekitar 1 – 1,5 jam.

 

Penginapan di Pulau Pahawang

Penginapan dan Hotel di Pulau Pahawang kebanyakan masih belum bisa di-booking melalui jasa online. Kalau beberapa hotel di sana penuh, alternatifnya adalah kamu bisa sewa wisma penduduk.

 

Trip ke Pulau Pahawang

Tidak susah untuk kamu yang mau eksplor salah satu pantai terkece di Lampung ini. Banyak sekali jasa traveling yang membuat open trip Pulau Pahawang. Ada berbagai macam paket wisata yang bisa kamu pilih. Biasanya untuk Pulau Pahawang Tour kamu akan ditawari paket 2 hari 1 malam atau full day trip. Dengan harga kisaran Rp 150.000 – Rp 350.000.

Kalau kamu tidak berangkat sendiri dan menggunakan jasa tour and travel, usahakan kamu dapet paket yang lengkap sesuai harga ya. Cek detailnya seperti sewa kapal penyebrangan, trip pulau kecil, makan, ketersediaan kamera bawah laut, hingga sewa alat snorkeling.

Tautan terkait
..

 

Foto-Foto Keindahan Alam Pulau Pahawang

 Destinasi Wisata Tanjung Putus

Eksotisme Tanjung Putus pada saat dibalut warna elok senja.

Kejernihan Air Laut Pulau Pahawang

Kejernihan air yang masih terjaga di pulau wisata ini menjadi salah satu daya tarik terbesar untuk melakukan wisata snorkeling.

Senja di Pulau Pahawang

Keindahan alam Pahawang menjelang malam di senja hari membuat suasana menjadi syahdu dan menentramkan.

Snorkeling di Laut Pahawang

Kegiatan snorkeling adalah kegiatan yang harus kamu coba di Pahawang karena laut di sini masih menyimpan terumbu karang yang sangat elok.

Wisata Bawah Air Pulau Pahawang

Wisata snorkeling di sini tidak akan membuat kamu kecewa, keindahan alam bawah lautnya masih sangat terjaga.

 

Pulau Pahawang menyimpan segudang potensi alam yang menarik, namun sayangnya beberapa wisatawan bilang kalau kebersihan di sekitar pulau ini kurang dipelihara. Dermaga ketapang kurang bagus, toilet tidak bersih, dan lokasi parkir yang kurang layak. Maka kalau kamu berkunjung, jangan sampai kamu ikutan buang sampah sembarangan ya. Kita jaga sama-sama biar keindahan pulau ini tetap lestari.

Melepas penat dengan berwisata di Pulau Pahawang benar-benar membuat betah nggak ingin pulang, justru bikin ketagihan. Yuk, eksplor Pulau Pahawang!

 

Referensi:

http://www.nativeindonesia.com/pulau-pahawang/

http://tukangngetrip.blogspot.co.id/2016/08/info-lokasi-wisata-pulau-pahawang-di.html

https://dukuntansi.wordpress.com/2014/08/29/semalam-di-pahawang-pesona-surga-bahari-dari-sang-bumi-ruwa-jurai-2/

Silakan Baca Juga Artikel Terkait Kami
Pulau Pahawang, Eksotisme Pantai Perawan yang Bikin Malas Pulang
Rating: 4.7 from 23 votes