Pulau Pahawang, Eksotisme Pantai Perawan yang Bikin Malas Pulang

Diposting pada

Pulau Pahawang adalah salah satu destinasi wisata di Bandar Lampung yang wajib kamu kunjungi. Perjalanan dari Bandar Lampung, memakan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke Pulau Pahawang yang berlokasi di lepas Teluk Punduh, di kecamatan Marga Punduh Pindada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Pulau ini terbilang masih perawan karena belum banyak dijamah orang. Meski demikian, pulau tersembunyi ini akhir-akhir ini sudah mulai populer karena beberapa wisatawan yang sudah pernah berkunjung mengakui eksotismenya dan merekomendasikan Pulau Pahawang ini sebagai destinasi wisata terbaik di Bandar Lampung. Menarik ya, seperti apa sih Pulau Pahawang ini?

Pulau Pahawang Indonesia via youtube.com

Asal Usul Pulau Pahawang

Sebelum menginjakan kaki di pulau ini, ada baiknya kamu tahu sejarahnya dulu. Nama Pahawang diambil dari bahasa lokal “Pahiwang” yang artinya menangis. Konon, dahulu kala ada seorang kakek sedang bersedih. Sang kakek ditinggal pergi oleh istri yang dicintainya kemudian menangis sepanjang hari. Jadi, nama pulau ini diambil dari kisah kesetiaan sang kakek.

Penduduk asli pulau eksotis ini adalah masyarakat Pundu Pidada dan Sunda. Sebagian besar mata pencaharian penduduk di sana adalah nelayan, tetapi Pulau Pahawang sebagai pulau maritim eksotis yang dijadikan destinasi wisata, maka tidak jarang juga kita menjumpai masyarakat di sana bekerja sebagai petugas pantai, koki, atau pedagang.

 

Wisata di Sekitar Pulau Pahawang

Pulau Pahawang via 45.m3.co.id

Kalau kamu cari tempat untuk ber-snorkeling di Lampung, ya Pulau Pahawang tempatnya. pulau yang masih perawan ini daya tarik utamanya adalah kegiatan ber-snorkeling, tapi untuk kamu yang masih takut ber-snorkeling atau tidak bisa berenang juga tidak perlu khawatir, kamu tetep bisa menikmati pemandangan indah di pulau ini. Laut biru yang cantik, air yang bening, hawa segar, hingga flora fauna khas hutan mangrove yang instagramable bisa kamu nikmati juga. Tidak heran kalau tempat wisata di Lampung ini disebut-sebut sebagai surga bahari.

Perihal lokasi, sebenarnya area Pulau Pahawang ini terdiri dari dua pulau, yaitu:

Pulau Pahawang Besar yang merupakan pulau utama dengan luas sekitar 1.000 hektar berpenduduk sekitar 1.000 kepala keluarga. Berbagai penginapan, hotel, dan fasilitas umum pun dibangun di area ini untuk kenyamanan para wisatawan.

Pulau Pahawang Kecil letaknya tidak jauh dari Pulau Pahawang Besar dengan luas sekitar 13 hektar saja. Kabarnya, pulau ini dikelola secara privat oleh warga negara asing yang oleh orang lokal disebut Mr. Joe.

Untuk best view di pulau eksotis ini, paling tepat kamu nikmati saat sunrise maupun sunset. Pemandangan yang menyejukkan hati dan pengalaman yang berkesan dijamin tidak mudah kamu lupakan. Apabila kamu memiliki tujuan utama untuk meng-eksplor pulau ini berikut adalah tempat-tempat yang wajib kamu kunjungi:

Pulau Kelagian Besar

Pulau ini memiliki pasir pantai yang putih dan tidak berpenghuni. Pulau ini sering dijadikan tempat latihan untuk pasukan TNI AL.

Pulau Kelagian Kecil

Ini adalah spot snorkeling pertama di Pulau Pahawang. Keindahan biota laut beserta terumbu karangnya tidak boleh kamu lewatkan. Sedikit catatan untuk kamu yang mau ber-snorkeling, jangan lupa perhatikan keselamatan ya. Turuti instruksi dari guide, pakai pelampung, sepatu katak, dan alat bernafas dengan benar. Kemudian, jangan juga suka iseng memegang biota laut beracun seperti bulu babi atau bintang laut berduri.

Wisata Taman Nemo

Selain menikmati ekologi bawah laut, di sini kamu bisa juga menemukan clown fish. Yups, si ikan nemo alias ikan badut atau ikan giru di sini banyak sekali karena mereka berada tepat di habitat alam aslinya.