Pulau Derawan, Pesona Elok Kalimantan Timur

Diposting pada

Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Pulau Derawan

  • Speed boat untuk mengunjungi pulau-pulau di sekitar Pulau Derawan serta sebagai transportasi keluar masuk Pulau Derawan
  • Resort yang eksotis
  • Permainan air seperti banana boat, perahu layar, dan kano
  • Alat untuk snorkling dan diving
  • Hotel dan penginapan yang sesuai dengan budget pengunjung
  • Sajian kuliner khas Pulau Derawan

 

Hotel dan Penginapan

Penginapan dan Hotel

Setelah berjalan-jalan menikmati keindahan pulau ini pastinya anda lelah bukan? Dan ingin merebahkan badan sejenak sambil menghirup semilir angin sepoi-sepoi pulau yang cantik ini.

Anda tidak perlu khawatir, untuk tempat beristirahat banyak masyarakat setempat yang menyediakan tempat menginap yang nyaman dan aman, contohnya homestay yang disediakan masyarakat sekitar, Sari Cottage Derawan, Derawan Dive Resort, Fisheries Eco Villa, Derawan Dive Lodge, Mirroliz Pelangi Cottage, Derawan Beach CAFÉ & Cottage dan masih banyak lagi.

Untuk Homestay, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup 75.000 rupiah semalam anda dapat menikmati waktu istirahat yang menyenangkan.

Sedikit lebih mahal dari homestay, Cottage menawarkan kenyamanan yang lebih memuaskan, cukup dengan mengeluarkan kocek sebesar 250.000 rupiah per malam.

Selain itu, ada juga tempat penginapan lain favorit wisatawan yaitu resort yang dibandrol dengan harga mulai dari 1 juta rupiah per malamnya. Jika anda ingin penginapan yang lebih mahal, anda bisa menyewa villa yang dapat diisi beramai-ramai, villa ini bisa anda dapatkan dengan merogoh kocek sekitar 660.000 rupiah saja untuk waktu 1 malam.

Untuk anda yang tidak suka pusing dengan urusan tersebut, ada paket hemat yang menawarkan penginapan untuk beberapa hari minimal 2 orang dengan harga yang lebih murah dan terjangkau, selain itu jika anda pergi ke pulau ini dengan rombongan maka kocek yang akan anda rogoh tidak akan terlalu dalam, umumnya sekitar 1.500.000 – 2.000.000 per orang.

 

Wisata Kuliner di Pulau Derawan

Berwisata Kuliner

Dengan wisata bahari yang dimiliki Pulau Derawan, tak ayal banyak wisata kuliner khas perairan laut yang menjadi bahan santapan favorit para wisatawan yang mengunjungi pulau ini.

Berikut makanan khas Pulau Derawan yang wajib anda coba:

Kima-kima, merupakan kuliner khas Pulau Derawan yang terbuat dari kerang laut yang dikeringkan, makanan ini mirip seperti ikan asin. Anda dapat memperolehnya seharga 50.000 rupiah per kilonya. Pada saat memasaknya, anda dapat memberikan sedikit bumbu cabai supaya terasa pedas. Makanan ini sangat pas jika dihidangkan dengan nasi panas, hmm yummy….

Elai, salah satu jenis durian yang tumbuh di Kalimantan. Warnanya oren, berbentuk seperti durian namun teksturnya tak selembut durian, kalau disantap agak terasa lebih pulen dari durian. Tertarik mencobanya? Yuk mampir ke Pulau Derawan.

Sarang Semut, biasanya sarang semut terkenal ada di bagian indonesia Timur, namun di Pulau Derawan penganan ini menjadi kuliner khas yang tak kalah menarik. Cemilan ringan nan manis ini biasa disebut warga lokal sebagai “Kue Jah”. Kue jah ini terbuat dari gula merah yang dicampurkan ke adonan seperti bihun lalu di bentuk menyerupai silinder. Menarik bukan?

Tele-tele, camilan ini terbuat dari campuran ketan, kelapa, dan gula putih yang dimasak dalam kulit bulu babi. Bulu babi yang digunakan pun tidak sembarangan, hanya bulu babi yang tak beracunlah yang digunakan. Ketika menyantap tele-tele ini akan terasa gurih, manis, dan wangi pandan pun juga akan terasa, mirip seperti rasa ketupat namun dibungkus dengan bulu babi/ landak laut. Proses memasaknya pun memakan waktu lebih kurang 1 jam.

 

Objek Wisata di Sekitar Pulau Derawan

Pulau Maratua

Karena termasuk dalam Kepulauan Derawan maka tidak komplit rasanya kalau tidak mengunjungi pulau-pulau lain di sekitar Pulau Derawan. Pulau-pulau ini antara lain ada Pulau Maratua, Kakaban, dan Sangalaki. Untuk Pergi ke pulau tersebut, anda dapat menyewa Speed boat yang banyak disediakan di tepi pantai Pulau Derawan.

Speed boat dengan kapasitas 3-4 orang biasanya disewakan dengan harga mulai dari 1.500.00 sampai dengan 2.000.000 rupiah, sedangkan speed boat berukuran besar yaitu 6-12 orang disewakan dengan harga 8.000.000 rupiah sampai 10.000.000 rupiah.

 

Perkiraan budget ke Pulau Derawan

Untuk anda yang berencana mengunjungi Pulau Derawan, dari sekarang siapkan budget minimal 2.000.000 rupiah untuk keperluanmu di sana mulai dari tiket pesawat jika menggunakan jalur udara, lalu sewa speed boat, makan minum, penginapan dan wahana air serta biaya untuk menyewa alat snorkeling, sayangkan jika ke Pulau Derawan tapi tidak mencoba wahana diving dan snorkling.

 

Tips Berkunjung

Berikut adalah tips-tips dari kami sebelum anda berkunjung ke Pulau Derawan.