Pohon Mahoni: Taksonomi, Habitat, Budidaya, dan Manfaat

Diposting pada

8.2 Khasiat Obat dari Pohon Mahoni

Masyarakat mengenal pohon mahoni sebagai tanaman yang berkhasiat obat. Biji mahoni sebagai obat dan vitamin pertama kali ditemukan pada tahun 90-an oleh Dr Larry Brookes, seorang ahli biokimia. Penyakit yang dapat disembuhkan dengan biji mahoni antara lain tekanan darah tinggi, rematik, diabetes mellitus, kencing manis, dan lain sebagainya.

Pengobatan tradisional Tiongkok juga mengenal biji mahoni sebagai obat yang bersifat pahit, dingin, anti jamur, dan dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Biji mahoni yang digunakan sebagai obat adalah biji mahoni yang sudah dikeringkan dan digiling halus sampai menjadi serbuk.

Biji mahoni sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit karena mengandung zat flavonolds dan saponins. Zat flavonolds berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi kolestrol, mengurangi rasa sakit, antioksidan, menyingkirkan radikal bebas, mengobati pendarahan, dan lain sebagainya. Zat saponin berkhasiat untuk mengurangi lemak badan, memperbaiki tingkat gula darah, menguatkan fungsi hati, memperkuat daya tahan tubuh, dan lain sebagainya.

7.3 Manfaat lainnya

Selain dapat digunakan sebagai pohon peneduh dan berkhasiat obat, pohon mahoni juga memiliki banyak manfaat lainnya. Kayunya yang sangat kuat dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan perabotan rumah maupun kerajinan ukiran. Daun mahoni dapat dijadikan makanan ternak.

Kulit pohon mahoni dapat digunakan sebagai pewarna alami pakaian. Kain atau pakaian yang direbus bersama kulit mahoni akan berwarna kuning dan tidak mudah luntur.

Biji pohon mahoni yang pipih dan bersayap biasanya digunakan sebagai mainan oleh anak-anak. Jika dilempar ke atas, biji bersayap ini akan turun dengan berputar-putar. Hal ini  tentunya akan terasa menyenangkan ketika dimainkan oleh anak-anak.

Getah pohon mahoni atau yang biasa disebut blendok dapat digunakan sebagai bahan baku lem.

Itulah beberapa informasi mengenai pohon mahoni yang memiliki banyak manfaat. Semoga menambah wawasan kamu ya!

 

Referensi:

Akar Media. Pohon mahoni [internet] [diakses 2018 Okt 18]. Terdapat pada: http://www.akar-media.com/pohon-mahoni/

Harga Material. Harga kayu mahoni [internet] [diakses 2018 Okt 18] Terdapat pada: http://hargamaterial.id/harga-kayu-mahoni/

Krajogja. Lorong Mahoni Spot Asik Selfie di Purworejo [internet] [diakses 2018 Okt 19]. Terdapat pada: http://krjogja.com/web/news/read/21601/Lorong_Mahoni_Spot_Asik_Selfie_di_Purworejo

Priangan A. Pohon mahni- ulasan lengkap manfaat dan cara budidaya [internet] [diakses 2018 Okt 18]. Terdapat pada: https://alampriangan.com/pohon-mahoni-berkhasiat-obat/

Seli.2017.Teknik Budidaya pohon mahoni hingga bereproduksi [internet] [diakses 2018 Okt 18] Terdapat pada: http://ptnasa.net/blog/pohon-mahoni/

 

Editor: Mega Dinda Larasati