Pohon Beringin: Karakteristik, Sebaran, Manfaat, dan Mitos

Diposting pada
Tajuk Beringin Membulat (pinterest.com)
Tajuk Beringin Membulat (pinterest.com)

Daun pohon ini dipercaya dapat mengobati sakit sariawan pada anak-anak. Caranya yaitu dengan merebus daun beringin yang sudah dicuci bersih. Manfaat lain dari daun beringin yaitu dapat mengobati influenza, radang saluran nafas (bronchitis), batuk rejan, radang usus, disentri, dan kejang panas pada anak.

Tajuk dari Pohon Beringin sendiri berbentuk bulat dan melebar, hal tersebut mengakibatkan pohon ini sangat rindang dan sangat cocok digunakan untuk pohon peneduh. Tanaman ini mampu menahan hembusan angin dan dan menjaga lingkungan agar tidak begitu panas.

7. Mitos Pohon Beringin

Daerah Yogyakarta memiliki mitos yang sangat terkenal mengenai Pohon Beringin yaitu beringin kembar yang terletak di dekat Keraton Yogyakarta sebelah selatan. Di alun alun tersebut terdapat dua Pohon Beringin yang berdampingan. Kepercayaan yang berkembang di masyarakat apabila kita dapat melewati jalan di antara Pohon Beringin kembar dalam keadaan mata tertutup maka dipercaya dapat menolak bala. Kepercayaan ini biasa disebut juga Tradisi Masangin.

Mitos yang berkembang di masyarakat Indonesia adalah ketika suatu tempat terdapat Pohon Beringin maka tempat tersebut pasti akan dicap sebagai tempat yang angker oleh masyarakat.Terlebih jika pohon tersebut sudah berumur sangat tua. Kepercayaan yang menganggap bahwa Pohon Beringin merupakan tempat yang angker masih beredar sampai sekarang.

Terdapat suatu mitos bahwa Pohon Beringin dilarang ditebang apapun alasan nya dan dipercaya jika menebang pohon bertajuk lebar ini akan menimbulkan kesialan.

Pohon Beringin dipercaya sebagai tempat tinggal para makhluk halus seperti genderuwo. Hal tersebut dikarenakan pohon ini memiliki kesan mistis yang sangat kuat seperti pohon yang sangat rindang, sangat besar, memiliki akar gantung yang tidak beraturan dan batang pohon yang sangat besar. Masayarakat Indonesia banyak yang percaya jika pohon ini merupakan tempat tinggal para makhluk halus.

Pohon ini memiliki akar gantung yang kuat, bahkan jika kita bergelantungan di akar tersebut pun dirasa masih kuat. Namun, banyak mitos yang beredar bahwa dilarang bergelantungan di akar beringin karena hal tersebut mengakibatkan kita menjadi orang yang bergantung kepada orang lain, dalam artian tidak mandiri.

Nah itulah beberapa keunikan dari Pohon Beringin itu sendiri mulai dari akar gantung yang kuat, penyimpan air yang baik bahkan Pohon Beringin sangat kental dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai pohon yang angker. Tetapi dibalik mitos pohon yang angker tersebut Pohon Beringin memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup dan sekitarnya.

 

Referensi :
Ridwan, M dan Pamungkas, D.W. 2015. Keanekaragaman Vegetasi Pohon di Sekitar Mata Air di Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Prosiding Seminar Masyarakat Biodiversitas Indonesia. Vol. 1, Hal : 1375-1379.

Soejono. 2012. Composition of Trees Grown Surrrounding Water Springs at Two Areas in Purwosari, Pasuruan, East Java. The Journal of Tropical Life Science. 2(2) : 110-118.

Editor:
Mega Dinda Larasati