Pencemaran Udara: Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Jenis

Diposting pada

4.2 Dampak Sosial Ekonomi Pencemaran Udara

Dampak pencemaran udara bagi kesehatan akan merembet menjadi dampak ekonomi bagi masyarakat. Beban ekonomi termasuk pada biaya yang akan dikeluarkan jika membutuhkan penanganan khusus misal harus pergi ke rumah sakit.

Akibat adanya pencemaran udara, makhluk hidup tidak dapat menikmati udara sehat yang menjadikan aktivitas sosial jadi terhambat.

4.3 Dampak Pendidikan

Di bidang pendidikan, dampak pada pendidikan sangatlah berbahaya bagi pelajar. Mereka akan terhambat dalam hal berfikir dan menyelesaikan suatu pekerjaan atau pun permasalahan.

4.4 Dampak terhadap Sektor Pertanian

Pencemaran udara sangat mempengaruhi sektor pertanian.

Tumbuhan atau tanaman akan rentan terhadap terjadinya penyakit nekrosis, klorosis, dan bitnik hitam.

Partikel yang terdeposisi pada permukaan tanaman tersebut dapat mengganggu proses fotosintesis.

Advertisement nature photography

Penyakit tersebut menyebabkan sirkulasi udara sehat berkurang dan udara menjadi kotor sehingga tidak bak untuk dihirup.

Akibatnya para petani akan mengalami kegagalan panen sehingga berimplikasi pada kerugian yang dihadapi petani.

4.5 Dampak Lingkungan Pencemaran Udara

Polusi udara juga berdampak terhadap lingkungan yaitu hujan asam, eutrofikasi, haze, penipisan ozon, dan perubahan iklim global. Hujan Asam merupakan salah satu dampak terjadinya dari pencemaran udara.

Pencemaran udara antara zat SO2 dan NO2 apabila bereaksi dengan air hujan dapat membentuk asam dan menurunkan pH air menyebabkan terjadinya hujan asam. Air hujan biasa memiliki pH 5,6 karena adanya CO2 di atmosfer.

Hujan asam merupakan hujan yang mengandung asam sulfat dan nitrat yang berbahaya. Hujan asam dapat merusak pohon, merubah tanah, dan badan air menjadi asam. Hal ini mengakibatkan tanah menjadi tidak subur dan air menjadi tidak cocok untuk ikan dan satwa lainnya.

Eutrofikasi sebenarnya merupakan suatu proses alami dari alam, akan tetapi dengan aktivitas manusia yang menyebabkan polusi udara dapat mempercepat proses eutrofikasi.

Efek rumah kaca juga disebabkan oleh keberadaan CO2, CFC, NO2, dan metana yang terdapat di lapisan troposfer yang menyerap radiasi panas yang dipantulkan permukaan bumi.

Adanya efek rumah kaca dapat menyebabkan peningkatan suhu rata-rata bumi, perubahan ilkim, pencairan kawasan es di kutub, dan perubahan siklus hidup makhluk hidup.

Kerusakan lapizan ozon yang berada di stratosfer. Lapisan tersebut merupakan pelindung alami bumi yang berguna untuk memfilter sinar ultraviolet dari matahari.

Emisi CFC yang dapat mencapai stratosfer bersifat stabil dapat menyebabkan laju penguraian molekul-molekul yang ada di lapisan ozon lebih cepat dari pembentukannya. Alhasil terbentuk lubang-lubang pada lapisan ozon.

5. Jenis-Jenis Pencemaran Udara

Penemaran udara dibedakan menjadi 2 yaitu pencemaran udara primer dan sekunder.

5.1 Pencemaran Udara Primer

Pencemaran udara primer merupakan substansi pencemaran yang berasal langsung dari sumber pencemaran udara tersebut dan dipancarkan langsung ke atmosfer. Karbon monoksida, merupakan contoh dari pencemaran udara primer karena hasil dari pembakaran akibat dari aktivitas manusia.

5.2 Pencemaran Udara Sekunder

Pencemaran udara sekunder merupakan substansi zat pencemar yang terbentuk dari hasil reaksi zat pencemar-pencemar primer di muka bumi.

Pembentukan ozon merupakan salah satu contoh dari pencemaran udara sekunder. Ozon terbentuk dari senyawa hidrokarbon dan nitrogen oksida dengan adanya sinar matahari. Pencemaran udara sekunder dapat menyebabkan masalah seperti asap fotokimia.

Perbedaan pencemaran udara primer dengan pencemaran udara sekunder ialah jika pencemaran udara primer secara langsung dipancarkan ke udara oleh sumber pencemar sedangkan pencemaran udara sekunder ialah pencemaran udara yang dihasilkan dari reaksi antara zat pencemar udara primer dengan molekul lain.

Gambar Gravatar
Mahasiswa rantau dari ujung timur pulau jawa.