Pemanasan Global: Pengertian, Sejarah, Penyebab, dan Dampak

Diposting pada

5. Dampak Pemanasan Global

Beruang kutub kehilangan habitatnya akibat pemanasan global
Beruang kutub kehilangan habitatnya akibat pemanasan global

Pemanasan suhu bumi menimbulkan dampak yang tidak hanya dirasakan oleh manusia, tetapi juga dirasakan oleh makhluk hidup lain dan ekosistemnya. Berikut ini dampak dari pemanasan suhu bumi dalam skala universal:

5.1 Hujan Asam Akibat Pemanasan Global

Terjadinya hujan asam akibat terbentuknya asam nitrat dan asam sulfat hasil pembakaran batubara dan minyak bumi. Hujan asam yang terjadi akan menyebabkan kerusakan pada benda-benda logam, mengganggu kesehatan manusia, merusak tanaman, dan lain sebagainya.

5.2 Rusaknya Ekosistem Terumbu Karang

Rusaknya ekosistem terumbu karang terjadi karena terumbu karang dikhawatirkan tidak mampu cepat beradaptasi terhadap perubahan kondisi lingkungan yang cepat.

5.3 Mencairnya Es di Kutub dan Meningkatnya Permukaan Air Laut

Kenaikan suhu bumi akibat global warming tentunya menyebabkan es-es yang ada di Bumi mencair termasuk bongkahan-bongkahan es di kutub utara dan kutub selatan. Mencairnya es di kutub utara maupun kutub selatan akan menyebabkan meningkatnya permukaan air laut.

Bongkahan es yang mencair akan mengalir ke dalam lautan dan tentunya menambah jumlah atau volume air laut, sehingga permukaan air laut pun ikut naik. Jika dibiarkan terus menerus maka akan banyak pulau-pulau kecil yang tenggelam atau permukaan daratannya tertutup oleh air laut.

5.4 Pergantian Musim yang Tidak Menentu

Bumi akan mengalami pergantian musim tidak menentu yang dapat menyebabkan berbagai permasalahan khususnya di bidang pertanian. Musim penghujan bisa jadi akan berlangsung lebih lama daripada musim kemarau atau sebaliknya.

5.5 Perubahan Pola Hidup Binatang dan Tanaman

Suhu bumi yang meningkat menyebabkan banyak binatang akan bermigrasi ke daerah yang lebih dingin, populasi hewan cenderung lebih banyak di daerah dengan suhu dingin daripada daerah dengan suhu panas. Bisa dikatan bahwa penyebaran populasi binatang menjadi tidak seimbang.

Tanaman pun akan banyak yang layu, kering, dan kemudian mati akibat suhu yang semakin tinggi. Pemanasan suhu bumi juga dapat menjadi pemicu meningkatnya hama tanaman, terutama tanaman pangan.

Risiko kepunahan hewan juga semakin meningkat. Hal ini bisa terjadi pada satwa yang mengalami perubahan habitat kemudian bermigrasi. Migrasi ini sangat memungkinkan menyebabkan satwa tidak dapat beradaptasi kemudian mati.

5.6 Cuaca Sulit Diprediksi

Curah hujan meningkat dan badai semakin sering terjadi. Angin juga bertiup lebih kencang dengan pola yang berbeda-beda sehingga kerap kali menimbulkan angin puting beliung

5.7 Meluasnya Berbagai Penyakit yang Dapat Menyerang Manusia

Dampak selanjutnya yang dapat timbul akibat terjadinya pemanasan suhu bumi adalah timbulnya berbagai jenis penyakit bagi manusia. Penyakit tang dapat ditimbulkan meliputi kanker kulit, kataraks, gangguan kardiovaskular, stress, store, dan lain sebagainya.

Ada juga penyakit yang disebabkan oleh binatang seperti malaria dan demam berdarah karena nyamuk. Nyamuk memang berkembangbiak dengan cepat di tempat yang suhunya lebih tinggi.

Oleh karena itu pemanasan global dapat menyebabkan perkembangan penyakit malaria dan demam berdarah makin besar dan menyebar luas.

5.8 Meningkat dan Meluasnya Kekeringan

Kekeringan semakin sering terjadi di berbagai tempat karena penguapan skala besar terjadi akibat pemanasan suhu bumi yang berlangsung terus menerus.

Kekeringan yang parah dapat menimbulkan kekurangan air, kebakaran hutan, dan lain sebagainya. Kini kekeringan parah mulai terjadi di Afrika, bagian barat Amerika Serikat, dan bagian bumi lainnya.

Itulah beberapa dampak yang disebabkan oleh terjadinya pemanasan global. Dampak yang terjadi oleh pemanasan suhu bumi ini memang merupakan dampak buruk atau dampak negatif bagi kehidupan di bumi, baik kehidupan manusia, hewan, maupun lingkungan.

Selain dampak-dampak negatif yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi dampak pemanasan global baik yang kita sadari maupun yang tidak kita sadari.

Jika peristiwa ini terus terjadi dan tidak ada upaya untuk menanganinya atau menguranginya, maka bisa dipastikan bahwa dampak negatif ini akan menjadi lebih parah.