Pantai Ngitun merupakan pantai yang paling cocok bagi para traveller yang menyukai tantangan. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk camping ceria bersama teman, sahabat bahkan keluarga. Pantai yang minimalis akan membuatmu berasa di pantai pribadi (private beach). Bisa dibilang pantai ini masih perawan karena lokasinya yang tak begitu ramai. Tapi tenang aja pantai ini sudah dikelola oleh Pokdarwis setempat jadi keamanan pantai ini tetap terjamin.

Asal-usul nama Pantai Ngitun berasal dari istilah Bahasa Jawa “Ngentun” yaitu mengirim makanan ke ladang. Aktivitas tersebut biasa dilakukan masyarakat sekitar yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Bila beruntung kamu dapat melihat aktivitas ini karena letak pantai yang berdekatan dengan ladang warga.

Pantai Ngitung yang Tersembunyi di Balik Perbukitan

 

1. Lokasi

Pantai Ngitun terletak di deretan pantai selatan Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tepatnya berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi pantai ini kurang lebih 73 km dari Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam. Pantai ini berada di antara bukit-bukit karst yang eksotis.

Berikut link maps yang dapat memudahkan kamu menuju ke lokasi Pantai Ngitun.

 

2. Akses

Akses menuju destinasi wisata ini cukup mudah dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Hanya saja saat memasuki desa kurang lebih 2 km menuju pantai jalan masih berupa cor blok saja. Kamu bisa tetap memakai kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.

Bagi wisatawan yang luar daerah bisa menggunakan kereta api, bus, maupun pesawat untuk tiba di Yogyakarta. Kemudian menyewa jasa angkutan online untuk sampai di Perempatan Ketandan. Lalu naik bus sampai terminal Wonosari dengan biaya kurang lebih Rp 15.000. Setelah itu mencari bus ke Kecamatan Tepus atau menyebutkan nama pantai yang dituju. Bila kesulitan mencari bus, kamu dapat menggunakan jasa angkutan online sampai tiba di tempat tujuan.

 

3. Keindahan Pantai Ngitun

Pasir Elok di Pantai Ngitun

Pantai ini memiliki pasir putih nan bersih. Pohon-pohon rindang di pinggir pantai menambah sejuknya udara saat siang hari. Bila membawa hammock kamu juga bisa menikmati sepoi-sepoi angin sambil berbaring di bawah pohon. Nah selanjutnya kamu bisa menikmati pemandangan dari puncak Watu Bangku dan Watu Gentong.

Pantai yang memiliki panjang garis pantai kurang lebih 110 m dan lebar 50 m memiliki kekayaan flora dan fauna yang masih terjaga. Biasanya saat air surut kamu bisa melihat bulu babi, bintang laut, kerang, keong, ikan-ikan kecil, rumput laut, dan lain sebagainya. Tapi harus hati-hati ya biar gak kena duri bulu babi yang beracun. Terkadang ada juga nelayan lobster yang mencari umpan di dinding-dinding batu karang.

Menikmati Mentari di Pantai Ngitun

Pada saat malam hari kamu dapat menikmati langit yang dihiasi bintang ditemani deburan ombak. Bila beruntung kamu dapat melihat bintang jatuh dan milkyway. Kamu juga bisa membuat api unggun untu menambah keseruan dan kehangatan liburan kamu. Jangan lupa untuk menggunakan tong dalam membuat api unggun agar sisa bakaran tidak mengotori pasir.

 

4. Keunikan Pantai Ngitun

4.1 Watu Bangku

Banyak Terdapat Spot Instagramable

Watu Bangku merupakan puncak tertinggi yang ada di Pantai Ngitun. Obyek ini berada di bukit sebelah Barat Daya ditandai dengan bendera merah putih yang berkibar. Di atas Watu Bangku kamu bisa melihat pemandangan Pantai Ngitun dan Samudera Hindia. Laut yang terhampar luas membuat kamu dapat melihat kapal tongkang yang melintas. Bila musim hujan kamu akan melihat bukit-bukit yang hijau.

4.2 Watu Gentong

Berfoto di Bukit Karst

Watu Gentong dalam Bahasa Indonesia berati “Batu Gentong”. Asal-usul nama tersebut disebabkan bentuknya yang mirip dengan gentong. Letaknya berada di bawah Watu Bangku dan memiliki jurang yang dalam. Pemandangan deburan ombak yang menghempas tebing dapat disaksikan secara langsung. Tapi tenang aja jalan menuju ke sini sudah ada petunjuk arahnya kok.

4.3 Siluet Wajah

Siluet wajah ini memang jarang disadari wisatawan karena bentuknya yang abstrak. Siluet ini tersusun dari batu-batu dinding Watu Bangku dan hanya bisa dilihat dari samping saja. Terdapat hidung, mata, mulut, dan dagu seorang laki-laki jika diperhatikan.

Baca juga:  Raja Ampat: Salah Satu Kawasan Wisata Alam Terbaik di Indonesia

 

5. Fasilitas

Fasilitas yang tesedia di pantai ini sudah lengkap mulai dari toilet, listrik, air bersih, warung-warung, mushola, parkiran luas, tempat sampah, penyewaan tenda, tikar, dan tong api unggun. Tiket masuk pun sudah dilengkapi dengan asuransi. Hanya dengan tarif Rp 5.000 rupiah per motor dan Rp 10.000 per mobil, kamu bisa masuk ke lokasi ini. Penginapan yang tersedia masih terbatas jadi lebih cocok camping di pinggir pantai.

 

6. Obyek Wisata di Sekitar Pantai Ngitun

Gunungkidul sudah tidak asing lagi dengan keindahan deretan pantai-pantainya. Jadi selain berkunjung ke Pantai Ngitun kamu juga bisa berkunjung ke pantai yang lainnya. Berikut pantai-pantai yang mungkin dapat menjadi alternatif kunjungan kamu.

6.1 Pantai Timang

Pantai Timang berada di Dusun Danggolo sebelah timur Pantai Ngitun. Pantai ini terkenal dengan ciri khas gondola atau jembatan penyebrangan yang menghubungkan satu pulau dengan yang lainnya. Fasilitas yang tersedia sudah lengkap dan ditambah jasa jeep untuk mengantar pengunjung sampai ke lokasi.

6.2 Pantai Jogan

Pantai Jogan berbeda dengan pantai yang lainnya. Pantai ini menyuguhkan keindahan air terjun setinggi kurang lebih 12 m di bibir pantai yang unik. Cocok dijadikan spot foto yang instagramable deh. Tiket masuknya hanya 3.000 rupiah per orang. Namun, akses jalan yang belum dicor membuat kendaraan roda empat belum bisa masuk.

6.3 Pantai Nglambor

Tak perlu diragukan lagi, Pantai Nglambor sangat terkenal dikalangan wisatawan dengan fasilitas snorkeling yang tersedia. Air yang jernih dan bersih membuat wisatawan dapat melihat keindahan biota laut yang beragam. Biaya yang diperlukan untuk menikmati fasilitas snorkeling berkisar 50.000 – 75.000 rupiah saja. Jangan lupa tetap jaga kelestarian terumbu karang ya teman-teman.

6.4 Pantai Siung

Pantai Siung terkenal dengan pantai pasir putih dan tebing-tebing karst yang menjulang tinggi. Pantai ini berada di sebelah Timur Pantai Nglambor. Akses jalan cukup menantang dengan tanjakan dan tikungannya namun sudah beraspal. Fasilitas sudah cukup lengkap kok mulai dari toilet, parkiran, dan warung-warung juga ada.

Bukit-bukit karst dapat menjadi alternatif wisata bagi para pecinta alam. Biasanya mereka memanfaatkan untuk latihan maupun lomba panjat tebing (rock climbing). Tersedia berbagai jalur dengan tingkat kesulitan berbeda-beda. Nah kalau ini harus keep safety ya.

 

7. Tips Berkunjung

Pergi Berlibur dengan Sahabat Tercinta

Berikut beberapa tips berkunjung yang bisa kalian terapkan biar liburan di Pantai Ngitun makin asik.

  • Jangan lupa camping bersama teman atau saudara yang suka berpetualang.
  • Bawalah perlengkapan camping pribadi jika enggan menyewa atau bisa booking ke pengelola agar tidak kehabisan.
  • Pada saat air surut wisatawan dapat melihat bulu babi, ikan-ikan kecil, bintang laut, kerang, dan lain-lain.
  • Pemandangan bukit-bukit yang hijau dapat dinikmati saat musim hujan.
  • Untuk menghindari jalan yang licin datanglah saat tidak hujan.
  • Apabila senang bercengkrama dengan masyarakat, kamu dapat berinteraksi dengan masyarakat yang dijumpai.
  • Jangan buang sampah sembarangan ya karena sudah tersedia tempat sampah.
  • Jangan lupa bawa kamera buat mengabadikan petualangan berharga kalian.
  • Lebih baik tidak melakukan perjalanan di malam hari karena jalanan yang sepi dan minim kendaraan umum.

Nahh sekian dulu ya informasi mengenai Pantai Ngitun dan wisata yang ada di Gunungkidul. Buat kalian yang penasaran langsung aja deh cek official account Pokdarwis @pantaingitun dan atur jadwal buat jalan-jalan ke Gunungkidul.

 

Referensi:

Pantai Jogan [internet]. Terdapat pada: https://www.pantainesia.com/pantai-jogan

Pantai Nglambor [internet]. Terdapat pada: https://www.google.com/amp/s/www.nativeindonesia.com/amp/pantai-nglambor/

Pantai Siung Keindahan Pantai Pasir Putih dan Tebing yang menjulang [internet]. Terdapat pada: http://jogjapedia.net/wisata-pantai/pantai-siung-keindahan-pantai-pasir-putih-dan-tebing-yang-menjulang/

 

Editor: Mega Dinda Larasati

Pantai Ngitun, Pantainya Para Petualang
Rating: 4.8 from 10 votes