Merdunya Seruling Samudera di Pantai Klayar

Diposting pada

Buat Anda yang sering main-main ke Pacitan pasti sudah tak asing lagi dengan Pantai Klayar, bukan?

Pantai Klayar adalah sebuah pantai yang terkenal dengan suara seruling samudera yang merdu dan pasir lembut berwarna putih kecokelatan.

Ketenaran nama pantai ini sudah tak usah ditanyakan lagi. Pantai ini bahkan sudah dijadikan lagu loh yang nyanyi Didi Kempot lho. Tidak hanya itu saja, ternyata Pantai Klayar ini juga telah dijadikan pantai komersial yang dikembangkan dan dipromosikan oleh Pemerintah Pacitan sebagai destinasi wisata.

Pantai Klayar ini sendiri berada di Dusun Kalak, Desa Sendang, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Klayar di Pacitan (instagram.com)
Pantai Klayar di Pacitan (instagram.com)

Objek Wisata di Pantai Klayar

Terdapat beberapa objek wisata yang bisa Anda nikmati di Pantai Klayar ini antara lain:

Pemandangan Gradasi Warna Pasir

Pasir di Pantai Klayar ini memiliki warna yang unik yaitu putih dan coklat.

Advertisement nature photography

Pasir berwarna putih ada di bagian paling tepi kemudian akan berwarna coklat ketika mendekati air laut. Gradasi pasir yang indah ini bisa dilihat dengan jelas jika di lihat dari atas dengan menggunakan kamera drone.

Batu Karang di Tengah Pantai

Di tengah pantai terdapat bebatuan karang yang tak lepas dengan cerita mistisnya. Bebatuan tersebut bisa didaki karena disediakan tangga yang terbuat dari beton.

Seruling Samudera

Seruling samudera ini adalah sebutan untuk lubang batu karang yang ada di balik tebing. Ketika angin dan air laut menembus lubang itu, maka akan ada suara menyerupai seruling yang seolah-olah berasal dari laut.

Air Mancur di Tengah Laut

Tak hanya mengeluarkan suara merdu saja namun seruling samudera ini juga bisa memancarkan air seperti air mancur yang ada di tengah laut. Seruling samudra akan memancarkan air setinggi 10-15 meter ketika air laut pasang yaitu pukul 09.00 WIB pagi sampai pukul 16.00 WIB.

Batu Sphinx dan Sumur

Di Pantai Klayar juga ada bebatuan yang bentuknya mirip dengan Patung Sphinx di Mesir. Dulu masyarakat sekitar menyebutnya dengan Watu Lumbung.

Selain Batu Sphinx, Pantai Klayar juga memiliki 3 lubang yang disebut sumur. Sumur pertama ini lebar dan luas yang dulu digunakan untuk pemandian dan pengobatan kuda balap.

Dua sumur lainnya memiliki ukuran yang kecil yang bernama Ciderlaras dan Suranyata.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Sunset di Pantai Klayar (instagram.com)
Sunset di Pantai Klayar (instagram.com)

Jika Anda berkunjung di hari biasa atau Senin sampai Jumat, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5000 saja. Sedangkan ketika weekend atau Sabtu dan Minggu Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja.

Biaya parkirnya sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Pantai Klayar ini kurang menggoda apalagi coba? Harga tiket yang murah bisa membuat Anda menikmati keindahan yang luar biasa dan jarang sekali ada di pantai lainnya.

Jadi kapan nih mau main-main ke Pantai Klayar? Jangan lupa dengar dan hafal dulu lagu Pantai Klayarnya ya biar makin baper hehe.

 

Editor:

Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.