Mendaki 5 Gunung di Sekitar Malang Raya

Diposting pada

Malang memang mempunyai banyak destinasi wisata alam yang sangat menarik seperti pantai, air terjun, dan gunung. Sama seperti judulnya, di bawah ini akan dibahas mengenai mendaki 5 gunung yang ada di sekitar Malang Raya.

1. Gunung Panderman

Puncak Gunung Panderman
Puncak Gunung Panderman

Gunung Panderman merupakan suatu gunung yang terletak di barat daya Kota Batu, Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.

Gunung yang termasuk dalam gugusan atau kelompok Gunung Kawi ini sangat terkenal di kalangan pendaki gunung Kota Batu dan Kota Malang terutama para pendaki pemula karena memiliki puncak yang tidak begitu tinggi dan letaknya yang ada di sekitar kota.

Nama gunung ini diambil dari nama seorang pendaki pertama yaitu Van Der Man sehingga menjadi nama Gunung Panderman.

1.1 Harga Tiket

Untuk harga tiket parkir atau penitipan kendaraan anda harus membayar Rp. 5.000 per malam.

1.2 Rute menuju Gunung Panderman

Dari Kota Malang menuju Kota Batu dapat ditempuh dengan jarak sekitar 18 km, sedangkan dari Kota Batu menuju Dusun Toyomerto berjarak sekitar 3 km.

Advertisement nature photography

Jika Anda akan menggunakan jalur Toyomerto, dari Alun-alun Kota Batu ke arah barat kemudian di perempatan ke dua belok kiri, setelah itu ada gapura bertuliskan “Wisata Panderman” yang merupakan pintu masuk menuju Desa Pesanggrahan.

Dari gapura tersebut silakan masuk dan ikuti saja jalan utama, hingga sampai di pertigaan yang terdapat masjid ambil jalur kanan, tak lama lagi akan ada tempat Check Point Gunung Panderman di sebelah kiri.

Jika Anda akan menggunakan Jalur Curah Banteng, dari Kusuma Agrowisata Hotel teruslah naik dengan jalan yang beraspal cukup menanjak hingga sampai di titik awal pendakian Jalur Curah Banteng.

1.3 Jalur Pendakian

Pasundra Gunung Panderman
Pasundra Gunung Panderman

Untuk mendaki Gunung Panderman terdapat 2 jalur yaitu jalur Toyomerto dan jalur Curah Banteng.

1.3.1 Jalur Toyomerto

Jalur Toyomerto adalah jalur yang sangat sering digunakan para pendaki untuk mendaki Gunung Panderman.

Pos Pendaftaran dan Parkir Kendaraan

Di Dusun Toyomerto Anda bisa menitipkan kendaraan sembari registrasi pendakian dan untuk tarif parkir atau penitipan kendaraan Anda harus membayar Rp. 5.000 saja per hari.

Pos pendaftaran bisa Anda temukan di ujung Dusun Toyomerto berupa rumah penduduk.

Sumber Air Terakhir

Di sini Anda bisa mengisi cadangan air bersih yang terakhir karena setelah itu tidak ada lagi sumber air bersih.

Pos sumber air memiliki ketinggian 1330 mdpl dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Latar Ombo

Setelah perjalanan 1 jam dari sumber air terakhir terdapat Pos Latar Ombo yang berupa dataran luas untuk beristirahat atau mendirikan tenda.

Latar Ombo memiliki ketinggian 1600 mdpl dan dapat ditempuh kurang lebih selama 1 jam.

Watu Gede

Dari Latar Ombo menuju Watu Gede akan ditandai dengan batuan besar yang tersebar dan jalanan menanjak serta terjal. Watu Gede memiliki ketinggian 1730 mdpl dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Puncak Basundara

Setelah melewati beberapa pos sampailah di Puncak Basundara dengan ditandai sebuah benda seperti prasasti bertuliskan Puncak Basundara 2000 mdpl/2045 mdpl.

Dari Watu Gede menuju Puncak Basundara bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30-45 menit.

1.3.2 Jalur Curah Banteng

Jalur Curah Banteng merupakan jalur yang tidak terlalu direkomendasikan dan masih minim informasi serta referensi.

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.