Mencegah Kebakaran Hutan dan Kabut Asap

Diposting pada
  1. Peningkatan kesehatan
  2. Pengurangan kemiskinan
  3. Mengurangi resiko dalam produksi makanan
  4. Mengurangi kehilangan kesempatan bisnis di berbagai sektor
  5. Mengurangi emisi gas rumah kaca

Lebih lanjut lagi, kami berusaha mencapai skala pencegahan kebakaran hutan, dimana tindakan harus bertarget pada transformasi sifat dan perilaku. Tindakan difokuskan dalam menyediakan masyarakat miskin berbagai alternatif selain membakar lahan gambut untuk tujuan pertanian. Hal ini termasuk kebijakan keuangan yang secara langsung berpengaruh terhadap masyarakat miskin.

Perubahan sikap juga harus ditujukan kepada para investor, memperkuat kesadaran dan keterlibatan institusi keuangan bisa menjadi kunci. Penuntutan yang efektif akan kemudian menjadi pemain kunci. Penelitian, harapan, pendidikan, kepedulian terhadap publik, dan pengembangan kapasitas adalah komponen terpenting dari suatu solusi.

Yang terakhir dan yang paling penting, kami akan membutuhkan suatu kerja sama untuk program dalam beberapa tahun ke depan yang menyangkut berbagai disiplin ilmu seperti kehutanan, pertanian, kesehatan, keuangan, hukum, bisnis skala besar, dan sektor pendidikan.

Beberapa tindakan yang dapat dipertimbangkan adalah :

  1. Investasi publik (kebijakan keungan yang disesuaikan dengan masyarakat pedesaan, seperti sekolah, kesehatan, lapangan kerja, insentif untuk pertanian tanpa pembakaran lahan)
  2. Perjanjian dengan bank dan institusi keuangan untuk mengekang investasi yang tidak pantas (bisa diterapkan di Indonesia dan negara lainnya) disesuaikan dengan kondisi keuangan.
  3. Perjanjian yang mendetail dengan korporasi aktif skala besar yang bergerak dalam bidang pemanfaatan lahan.
  4. Memudahkan dalam hal birokrasi dan meningkatkan akuntabilitas institusi publik.
  5. Mengubah peraturan penggunaan lahan, perencanaan spasial, dan pemilikan lahan.
  6. Mengampanyekan kesadaran publik (pendidikan, TV, media, dan media sosial) untuk mempromosikan pembangunan lestari, teknologi dan investasi alternatif dalam pertanian dan pelaksanaan perubahan.
  7. Penelitian tentang kesehatan, pertanian, dan bisnis.
  8. Penelitian tentang efek dari kebakaran dan kabut asap terhadap iklim, termasuk aspek yang berhubungan dengan global warming.
  9. Penelitian dan restorasi lahan gambut.

Sungguh ini adalah tugas yang cukup berat tapi sekarang adalah waktu untuk menentukan langkah ke depan.

 

Referensi:

[Cifor] Center for International Forestry Research blog.cifor.org