Manajemen Hutan: Pengertian, Jurusan, Prospek Pekerjaan, dan Tantangan

Diposting pada

7.6 Manajemen Hutan

Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep pengelolaan hutan berbasis ekosistem, perencanaan kehutanan dalam pengelolaan hutan berbasis ekosistem, perencanaan kehutanan dalam pengelolaan hutan berbasis ekosistem, penatagunaan hutan, pembentukan unit pengelola hutan, penetapan tujuan pengelolaan hutan, metoda pengaturan hasil, penetapan preskripsi pengelolaan hutan, serta monitoring dan evaluasi dalam pengelolaan hutan.

7.7 Geomatika dan Inderaja Kehutanan

Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan dan aplikasi teknologi penginderaan jauh dan geomatika di bidang kehutanan khususnya yang terkait dengan penghimpunan data dan penurunan informasi yang dibutuhkan dalam pengelolaan hutan.

7.8 Perencanaan Hutan

Mata kuliah perencanaan hutan merupakan mata kuliah yang diperlukan mahasiswa kehutanan. Mata kuliah ini menjelaskan tentang perencanaan hutan pada tingkat unit manajemen.

7.9 Kebijakan dan Perundang-Undangan Kehutanan

Mata kuliah ini membahas tentang ruang lingkup kehutanan (pengertian, prinsip-prinsip dasar, dan permasalahan dalam pengelolaan kehutanan), pengertian tentang kebijakan dan proses dalam membuat membuat kebijakan, pengertian undang-undang, kaidah hukum dan sistem hukum kehutanan Indonesia, sistem pengurusan/administrasi kehutanan di Indonesia, implementasi kebijakan kehutanan Indonesia yang meliputi sejarah dan perkembangan kebijakan kehutanan Indonesia serta berbagai peraturan perundangan kehutanan, konvensi-konvensi internasional, serta permasalahan global bidang kehutanan dan lingkungan hidup.

7.10 Kehutanan Masyarakat

Mata kuliah ini membahas beragam bentuk interaksi manusia/masyarakat dengan beragam tipe hutan, beragam kemampuan adaptasi masyarakat dan dinamika interaksinya dengan SDH dan dengan stakeholder lain, kebijakan dan praktik pengembangan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan hutan, serta skema-skema partisipasi masyarakat dan peran stakeholder lain menuju pengelolaan hutan yang lestari.

7.11 Ekonomi Pengurusan Hutan

Mata kuliah ini membahas perspektif ekonomi kehutanan, ekonomi pasar dan peran pemerintah di kehutanan, tinjauan pengelolaan hutan, ekonomi manajemen hutan, ekonomi manajemen hutan dengan manfaat majemuk, efisiensi ekonomi kebijakan kehutanan, serta perdagangan dan hubungan internasional kehutanan.

7.12 Pengusahaan Hutan

Mata kuliah ini membahas pemanfaatan hutan dalam suatu rangkaian kegiatan pengelolaan hutan dengan sub pokok bahasan: pilihan-pilihan pendekatan untuk meningkatkan efisiensi berdasarkan pertimbangan karakteristik teknis kehutanan, nilai tegakan, pertimbangan kelestarian produksi hasil hutan dan dampak sosial ekologisnya, skala usaha, pengendalian persediaan tegakan dalam konsep hutan normal (normal growing stock), administrasi kehutanan (dalam arti luas), serta kesehatan perusahaan berikut dengan metode-metode analisisnya.

7.13 Pengelolaan Hutan Rakyat

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pengertian hutan rakyat, bentuk-bentuk hutan rakyat, prinsip-prinsip pengelolaan hutan rakyat, prinsip-prinsip pengelolaan hutan rakyat, pengembangan hutan rakyat, dan pengusahaan hutan rakyat.

7.14 Pemanenan Hutan

Mata kuliah ini membahas peran dan fungsi pemanenan dalam pengelolaan hutan, sistem-sistem pemanenan hutan, tahapan dan teknik pemanenan, pengujian dan pengukuran kayu bulat, peralatan dan mesin, keselamatan kerja serta teknik mengurangi dampak lingkungan akibat pemanenan hutan (kayu maupun hasil hutan bukan kayu), serta tahapan pemanenan.

7.15 Pembukaan Wilayah Hutan (PWH)

Mata kuliah ini membahas peran dan fungsi pembukaan wilayah hutan dalam pengelolaan hutan, prinsip dasar penataan dan pembagian hutan, prinsip dasar dan tahapan perencanaan PWH, parameter penilaian PWH, metode pemilihan alternatif PWH, tanah sebagai dasar dan bahan bangunan, pembuatan jalan alternatif PWH, tanah sebagai dasar dan bahan bangunan, pembuatan jalan (kontruksi), pemeliharaan jalan, dan teknik pengurangan dampak PWH.

7.16 Hidrologi Hutan

Mata kuliah ini membahas perspektif sejarah hidrologi dan hidrologi hutan serta keterkaitannya dengan ilmu-ilmu lain, dasar-dasar hidrologi, proses siklus hidrologi, neraca energi dan neraca air, metode pengukuran dan pendugaan besaran komponen dalam siklus hidrologi dan neraca air, peran vegetasi hutan dan vegetasi sejenisnya terhadap siklus hidrologi dan ketersediaan air daerah aliran sungai, serta prinsip-prinsip pengelolaan DAS (banjir, serta hubungan antara vegetasi dan hasil air).