Manajemen Hutan: Pengertian, Jurusan, Prospek Pekerjaan, dan Tantangan

Diposting pada

6.6 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Bekerja sebagai pegawai negeri sipil di kementerian lingkungan hidup dan kehutanan menjadi pilihan aman. Jenjang karier yang jelas dan gaji yang cukup untuk kehidupan menyebabkan banyak lulusan jurusan ini menginginkan bekerja di KLHK.

6.7 Perusahaan Kehutanan

Perusahaan kehutanan saat ini meskipun sedang terseok-seok, namun tetap menjanjikan dengan gaji yang cukup tinggi. Namun berbagai pertimbangan harus dipikirkan matang-matang oleh lulusan manajemen hutan yang ingin bekerja di sektor ini.

6.8 Peneliti Ahli

Menjadi seorang peneliti juga merupakan salah satu pilihan yang baik. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), bagian Litbang KLHK, bahkan dapat juga bekerja di lembaga penelitian kehutanan internasional Cifor (Center for International Forestry Research).

Pekerjaan lainnya secara lengkap yang dapat dilakukan oleh lulusan manajemen hutan dapat dilihat di artikel berikut

Baca juga: 22 Pilihan Pekerjaan/ Karier untuk Anda yang Bergelar Sarjana atau Vokasi Kehutanan

 

7. Mata Kuliah di Jurusan Manajemen Hutan

Mata Kuliah Manajemen Hutan

Mata kuliah di jurusan manajemen hutan di setiap universitas kadangkala tidak sama karena menyesuaikan dengan kondisi tenaga pendidik dan kebutuhan. Berikut adalah contoh daftar mata kuliah jurusan manajemen hutan beserta dengan keterangannya yang ada di Institut Pertanian Bogor (IPB).

7.1 Pengantar Ilmu Kehutanan dan Etika Lingkungan

Mata kuliah ini membahas ruang lingkup ilmu kehutanan, gambaran hutan-hutan di Indonesia, pembangunan kehutanan, kontribusi sumberdaya hutan dalam pembangunan nasional, isu-isu lingkungan nasional dan global.

7.2 Ilmu Ukur Tanah dan Pemetaan Wilayah

Pembahasan mata kuliah Ilmu Ukur Tanah dan Pemetaan Wilayah tentang pengetahuan dasar dan praktis mengenai pengukuran dan perpetaan, khususnya dalam kegiatan-kegiatan antara lain pembukaan wilayah hutan, pembuatan peta vegetasi, peta kegiatan lapangan/ kerja (tanaman, tebangan, dll), dan peta kontur.

7.3 Inventarisasi Sumberdaya Hutan

Mata kuliah ini membahas pengertian tentang pengetahuan dasar-dasar inventarisasi sumberdaya hutan dalam pengelolaan sumberdaya hutan, keterkaitan dengan ilmu-ilmu lain, sistem dan konversi satuan ukur, sumber dan macam kesalahan dalam inventarisasi sumberdaya hutan, jenis alat ukur dimensi pohon dan tegakan, cara/teknik dan pengertian/pemahaman tentang ketentuan pengukuran dimensi pohon, batang, dan tegakan serta penggunaannya (diameter pohon/batang, luas bidang dasar, tinggi dan panjang, umur, berat, volume, angka dan kusen bentuk serta biomassa), pengertian dan pemahaman cara penyusunan dan penggunaan tabel volume (standar ataupun lokal) dan tabel tegakan, pengertian populasi dan contoh dalam inventarisasi sumberdaya hutan, bentuk dan ukuran unit contoh, dasar-dasar teknik pengambilan/ pemilihan contoh, teknik pengambilan contoh secara sistematik serta prosedur analisis data.

7.4 Tenurial Kehutanan

Mata kuliah ini menyajikan materi tentang pengertian tanah, lahan, agraria, dan kawasan hutan. Selain itu juga terdapat materi landasan hukum penguasaan lahan di Indonesia, sejarah perkembangan penguasaan agraria/tenurial kehutanan, sistem hukum kehutanan, struktur alokasi dan penguasaan agraria/tenurial kehutanan, struktur penguasaan sumber daya hutan (SDH) dalam tinjauan sosial budaya, sumber-sumber hukum penguasaan agraria/tenurial kehutanan, administrasi tenurial kehutanan (kawasan hutan), konflik agraria/tenurial kehutanan dan penyelesaiannya, serta beberapa studi kasus.

7.5 Metode Penulisan Ilmiah

Mata kuliah ini diberikan agar mahasiswa dapat memahami dan sanggup untuk menulis karya tulis dengan baik dan benar. Secara spesifik mata kuliah ini membahas tentang hubungan antara penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, komponen-komponen dari kegiatan penelitian dalam bidang ilmu manajemen hutan, beragam pilihan metoda penelitian, teknik penyusunan proposal penelitian, teknik penyusunan karya ilmiah, dan etika ilmiah.