Madu Hutan Apis dorsata, Madu Unggulan dari Spesies Lebah Terbaik

Madu dapat dikategorikan sebagai minuman terbaik yang didapat dari alam. Madu dapat dikonsumsi oleh semua orang dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah Sobat Forester, tahukah kamu kalau madu berkualitas dihasilkan oleh lebah Apis dorsata?

Lebah hutan Apis dorsata adalah lebah berukuran raksasa yang sangat berbahaya sengatannya. Spesies lebah madu ini hanya berkembang di kawasan subtropis dan tropis Asia dengan persebaran paling banyak di Indonesia. Di Indonesia, spesies lebah yang satu ini banyak dijumpai di pulau yang memiliki hutan rimbun seperti Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Lebah Apis dorsata – sumber: freepik.com

Lebah Apis dorsata dapat dikatakan sebagai jenis lebah terbaik di famili lebah karena selain mampu membuat sarang dengan hanya satu sisiran yang menggantung di dahan dan ranting pohon, lebah ini juga memiliki perilaku yang unik. Lebah Apis dorsata sangat produktif dalam menciptakan madu, mayoritas lebah ini bersarang pada pohon tinggi atau tebing dan hanya akan bersarang pada pohon yang pernah ditempatinya.

Madu yang dihasilkan dari lebah Apis dorsata disebut sebagai madu terbaik atau madu unggulan karena karena diperoleh asli dari hutan, belum tercemar oleh pestisida dan polusi. Namun sayangnya, kebanyakan madu jenis ini mempunyai kadar air yang relatif tinggi sehingga teksturnya lebih encer dibanding dengan jenis madu dari lebah budidaya. Jenis madu yang diproduksi adalah madu multiflora dengan rasa yang  tidak mudah ditebak, ada yang pahit ada yang manis.

Khasiat Madu Hutan Apis Dorsata

Dikenal sebagai madu murni, madu hutan Apis dorsata ini juga kaya akan manfaat. Kandungan yang ada di dalam madu berupa vitamin, mineral, enzim, dan asam yang dibutuhkan oleh manusia.  Berikut adalah rincian kandungannya:

1. Vitamin: A, B1, B2, B3, B5, B6, C, D, K, E, Uric acid, Asam nikotinat, Asam folat, Asam pantotenat, Biotin, dan Niasin.
2. Mineral dan garam: besi, sulfur, magnesium, kalsium, kalium, sodium, klorin, tembaga, krom, nikel, lead, silica, mangan, alumunium, lithium, thin, zink, dan titanium.
3. Enzim: enzim amilase, enzim katalase, enzim fosfolipase, enzim diastase, invertase, peroksidase, lipase, glukosa oksidase, dan beberapa enzim lainnya.
4. Asam: formic acid, lactic acid, citric acid, tartaric acid, oxalic acid asam fosfat, dan asam glutamat.

Madu juga disebut sebagai salah satu minuman yang boleh dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit apapun asalkan sesuai takaran. Adapun beberapa khasiat madu hutan Apis dorsata yang bisa kamu peroleh yaitu:

1. Mencegah kanker dan penyakit jantung
2. Meningkatkan kinerja atletik
3. Mengurangi iritasi batuk dan tenggorokan
4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh dan lain sebagainya.

Sebaik itu fungsi madu untuk kita, maka jangan disia-siakan ya. Sobat Forester, yuk minum madu tiap hari ya!

 

Referensi:
Kompasiana. Apis Dorsata, Lebah Madu Hutan Raksasa Asli Indonesia [internet]. Terdapat pada: https://www.kompasiana.com/ariftirtana/5ba07fc543322f3c4c6b4b32/apis-dorsata-lebah-madu-hutan-raksasa-asli-indonesia?page=all
Dokter Sehat. 10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan [internet]. Terdapat pada: https://doktersehat.com/manfaat-madu-untuk-kesehatan/

Editor: Mega Dinda Larasati

Madu Hutan Apis dorsata, Madu Unggulan dari Spesies Lebah Terbaik
Rating: 4.8 from 12 votes

Satu pemikiran pada “Madu Hutan Apis dorsata, Madu Unggulan dari Spesies Lebah Terbaik”

  1. saya sangat senang sekali dengan tulisan mengenai madu hutan ini
    karena sangat membantu sekali mengenai pengetahuan mengenai madu apis dorsata bagi yang belum tau, terutama saya pribadi mungkin juga untuk yang lain.

    apis dorsata juga banyak dijumpai di pulau jawa, tapi kok gak disebutkan ya kalau di pulau jawa ada apis dorsata dan banyak. ini sangat membuat orang tidak percaya kalau ada yang jual madu apis dorsata diambil dari daerah sukabumi atau banten.

    terima kasih

    salam

    yanie

Tinggalkan komentar