KTT Bumi: Pengertian, Sejarah, Isu, dan Hasil

Diposting pada

5. Peran Rimbawan terhadap KTT Bumi

Sebagai garda terdepan yang mengurus sumber daya alam khususnya hutan, rimbawan memegang peranan penting dalam mengawal kesepakatan yang telah ditetapkan pada KTT Bumi. Kebijakan seorang rimbawan merupakan implementasi dari sifat ekosentrisme yang seharusnya melekat didalam jiwa rimbawan.

Di dalam mengelola hutan, rimbawan menggunakan konsep pembangunan berkelanjutan atau biasa dikenal dengan pengolahan hutan lestari (sustainable forest management). Sistem tersebut mengenalkan bahwa hutan tidak hanya bermanfaat dalam segi produksi kayu saja, namun lebih dari itu hutan memberikan jasa lingkungan yang tidak bisa digantikan dengan ekosistem lain.

Jasa lingkungan yang diberikan hutan adalah jasa tata air, jasa keindahan alam, jasa keanekaragaman hayati, jasa penyimpanan, dan penyerapan karbon.

Kesepakatan yang telah disepakati didalam KTT Bumi harus terus dikawal oleh seluruh negara di dunia agar kelestarian lingkungan dapat terjaga dan masa depan manusia dapat terjamin. Selain itu, diperlukan juga peningkatan kesadaran tiap individu untuk berperan aktif menjaga lingkungan. Tentunya sebelum merubah hal yang besar, kita harus mampu merubah hal yang kecil, bukan?

Think Globaly, Act Locally

 

Editor:

Mega Dinda Larasati