Kertas: Sejarah, Manfaat, Pembuatan, dan Jenis-jenis

Diposting pada
  1. PT CMI Sinarmas Pulp & Paper
  2. April Group (RAPP)
  3. PT Pakerin (Pabrik Kertas Indonesia)
  4. PT Kertas Basuki Rachmat Indonesia
  5. 5. PT Cakrawala Mega Indah
  6. PT Indah Kiat Pulp & Paper
  7. PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia
  8. PT Pindo Deli Pulp & Paper Mills
  9. PT Riau Andalan Pulp & Paper
  10. PT Lontar Papyrus Pulp & Paper

6. Kertas Ramah Lingkungan

Meskipun cenderung susah didaur ulang, terdapat beberapa jenis yang terbukti ramah lingkungan melalui sertifikasi resmi dari organisasi dunia.

FSC (Forest Stewardship Council) merupakan sebuah organisasi Internasional non-profit yang mensyaratkan sumber bahan baku hutan harus bersertifikasi Forest Management (FM).

Organisasi yang berdiri tahun 1993 ini mendukung kelayakan sebuah produk hutan yang aman.

Ketika produsen atau perusahaan menerapkan sistem ini, logo FSC akan diletakkan pada produknya.

Ada tiga pilihan yang dapat diterapkan, yaitu FSC Pure (100%), FSC Mixed (bahan bakunya campuran dari FSC dan Controlled wood), dan FSC Recycled (bahan baku dari bekas daur ulang).

Adapun sertifikasi yang dapat didapatkan perusahaan adalah sertifikasi dari PEFC (Programme for the Endorsement of Forest Certification), sebuah program pengesahan sertifikasi hutan.

Advertisement nature photography

Organisasi nirlaba non-pemerintah Internasional ini juga mendukung kelestarian hutan melalui sertifikasi pihak ketiga independen.

Jenis sertifikasi PEFC ini merupakan pilihan bagi pemilik hutan kecil.

Anda telah mempelajari berbagai hal tentang kertas. Alangkah baiknya jika Anda dapat memeliharanya, menjaganya, dan melestarikannya dengan cara menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Jika tidak diperlukan, maka jangan terlalu mengeksplor berlebihan. Agar tidak mubazir dan agar bumi kita senantiasa seimbang, tidak terus-menerus memproduksi benda ini.

Semoga ensiklopedia lengkap ini bermanfaat untuk Anda ya. Semoga Anda juga bisa menjadi orang yang terus menebar manfaat agar hidup Anda harmoni.

Seperti kata Padi, “Kita terlahir bagai selembar kertas putih, tinggal kulukis dengan tinta pesan damai, dan terwujud harmoni”

Salam lestari!

 

Editor:
Mega Dinda Larasati