Kebun Raya Bogor

Diposting pada

Kebun Raya Bogor menawarkan banyak destinasi wisata yang dapat anda kunjungi. Penasaran apa saja destinasinya? Yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Patung Tangan Tuhan dan Patung Little Mermaid

Patung tangan Tuhan dan Patung Little Mermaid merupakan dua di antara patung yang ada di Kebun Raya Bogor. Patung tangan tuhan adalah kenang-kenangan dari Pemerintah Swedia pada tahun 1963 pada saat momen Papua bergabung dengan Indonesia, sedangkan Patung Putri Duyung terinspirasi dari cerita Hans Christian Andersen tentang Little Mermaid. Selain itu, ada 360 patung dan prasasti yang ada di kebun raya ini.

2. Danau Gunting

Bersepeda di Sekitar Danau Gunting Kebun Raya Bogor

Nama dari danau ini terinspirasi dari bentuknya yang seperti gunting jika dilihat dari udara. Tempat ini sangat nyaman dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai atau sekedar piknik kecil-kecilan. Anda dapat membawa alas sendiri untuk duduk bersama keluarga atau sekedar menghabiskan waktu untuk membaca buku.

3. Makam Istri Prabu Siliwangi

Makam Ratu Galuh atau Istri Prabu Siliwangi dapat ditemukan pula di sini. Makam ini dipercaya telah ada dari sekitar 600 tahun lalu. Tahun 1946 makam ini ditemukan oleh H. Rahmat. Di makam ini pula pada pusaranya terdapat replika mahkota emas.

4. Taman Meksiko

Taman Meksiko di Kebun Raya Bogor (KRB)

Kenapa dinamakan taman Meksiko? Kemungkinan karena taman ini merepresentasikan keadaan alam yang ada di Meksiko. Di Taman ini banyak ditemui tumbuhan-tumbuhan khas daerah ekosistem kering seperti yang ada di Benua Amerika bagian tengah.

5. Bangunan Bekas Laboratorium

Di sini anda akan menemukan berbagai gelas ukur, erlenmeyer, dan tabung reaksi bekas laboratorium. Bangunan bekas laboratorium yang terdapat di Kebun Raya Bogor (KRB) ini dahulu adalah sebuah laboratorium untuk meneliti koleksi botani yang didirikan tahun 1884. Nama bangunan ini yaitu Treub Labolatory sesuai dengan nama pendirinya, seorang botani berkebangsaan Belanda bernama Merchiour Treub.

6. Rafflesia Patma dan Amorphophallus titanum (Bunga Bangkai)

Rafflesia Patma dan Amorphophallus titanum tidak seperti bunga pada umumnya. Bunga ini tumbuh di tempat-tempat tertentu dan pada waktu yang tidak bisa diperkirakan. Ukuran spesies bunga ini beratus kali lipat lebih besar daripada ukuran bunga pada umumnya. Disaat-saat tertentu, anda dapat melihat keduanya mekar dengan sempurna.

7. Monumen Lady Raffles

Jalan di Kebun Raya Bogor (KRB)

Monumen Lady Raffles ini berupa gazebo dengan delapan tiang sebagai pilarnya, namun jika kita berjalan lebih dekat menuju gazebo ini, kita akan menemukan sebuah prasasti yang bertuliskan.

“Oh thou whom neer my constant heart

One moment hath forgot

Tha fate severe hath bid us part

Yet Still – forget me not”

Monumen ini memiliki kesan yang sangat romantis tentang Sir Stamford Raffless dan istrinya Olivia Mariamne Devenish (lady Raffles). Lady Raffles kemudian meninggal dunia karena terserang penyakit malaria sehingga monumen ini dibuat untuk mengenang beliau.

Kebun Raya Bogor (KRB) juga merupakan tempat penemuan hormon tumbuhan yang cukup penting untuk dunia pertanian. Ilmuan bernama Hans Fitting dan Boysen Jensen menemukan hormon pertumbuhan pada tanaman, yaitu auksin. Penemuan tersebut mendorong perkembangan pertanian di seluruh dunia. Selain itu, di sini juga merupakan tempat spesies Rafflesia yang berhasil dikembangbiakkan. Peneliti Sofi Mursidawati bersama timnya adalah orang yang pertama kali berhasil membiakkan bunga fenomenal ini.

 

Koleksi Tumbuh-Tumbuhan di Kebun Raya Bogor

Jika anda berkunjung ke Kebun Raya Bogor (KRB), anda akan menemukan berbagai macam tumbuhan. Mulai dari tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat, tanaman berbuah, anggrek, tanaman merambat, dan sebagainya.

Bagi para pecinta anggrek, Kebun Raya Bogor (KRB) merupakan tempat yang tepat untuk anda karena di sini jumlah koleksi anggreknya mencapai 421 jenis yang terdiri dari 92 marga yang ada di Indonesia. Per-Januari 2016 tercatat koleksi tumbuhan di Kebun Raya Bogor terdapat 218 Family, 1227 Genus, 3310 Species dan 13061 Spesimen.

 

Hotel dan Penginapan

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota bogor yang ingin merasakan Kota Bogor dan tentunya Kebun Raya Bogor (KRB), anda bisa memesan hotel dan penginapan yang relatif murah di sini.

Kebun Raya Bogor sendiri menawarkan guest house yang relatif terjangkau dengan harga mulai dari Rp500.000-Rp2.500.000,- (detailnya dapat dilihat pada bagian fasilitas). Selain itu, anda juga dapat memesan hotel dan penginapan yang relatif terjangkau di sekitar Kebun Raya Bogor ini mulai dengan harga Rp200.000/malam.

Selain itu, ada beberapa tempat wisata yang tidak kalah keren di sekitar Kebun Raya Bogor, di antaranya :

  1. Museum Kepresidenan (Jalan Ir. H. Juanda No. 3, Bogor)
  2. Bogor Trade Mall (Jalan Ir. H. Juanda No.68, Bogor)
  3. Museum Zoologi (Jalan Ir. H. Juanda No.9, Bogor)
  4. Istana Bogor (Jalan Ir. H. Juanda No.1, Bogor)
  5. Wisata Kuliner Suryakencana (0.7 km dari Kebun Raya Bogor)
  6. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Jalan Ir. H. Juanda No.22-24, Bogor)
  7. Botani Square (Jl. Pajajaran, Bogor)
  8. Kerajinan Tradisional Gong (Jalan Pancasan RT 2/ RW 3 Kampung Pancasan, Kelurahan Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat, Bogor)
  9. Taman Nasional Gunung Halimun Salak (1.2 km dari Kebun Raya Bogor)
  10. Bogor Tours (1.1 km dari Kebun Raya Bogor)

 

Tips berkunjung

Tips Berkunjung