Kalajengking: Taksonomi, Habitat, Cara Hidup, dan Bahaya

Diposting pada

8. Bahaya Kalajengking

Kalajengking juga dikenal sebagai hewan yang mempunyai sengatan menyakitkan, tetapi tidak akan menyebabkan kematian.

Hal yang cukup berbahaya bisa terjadi jika hewan ini menyengat.

Racunnya pun mempunyai kandungan racun yang kompleks dan bisa memengaruhi sistem saraf (neurotoksin).

Anak kecil dan orang dewasa dengan umur cukup tua lebih berisiko mengalami komplikasi serius jika terkena racun hewan ini.

Di Amerika, bark scorpion dikenal sebagai jenis scorpion yang mempunyai racun cukup kuat dan menyebabkan gejala yang parah.

Di seluruh dunia atau dari seluruh spesies setidaknya ada 30 spesies menghasilkan racun yang berbahaya.

Orang dewasa yang sehat biasanya tidak membutuhkan pengobatan jika terkena sengatan kalajengking, tetapi akan menjadi masalah yang cukup serius jika hal tersebut terjadi pada anak-anak.

Adapun gejala atau hal yang terjadi pada tubuh jika terkena sengatan seperti nyeri yang cukup kuat, mati rasa, kesemutan, sedikit bengkak, dan tubuh panas.

Ada juga beberapa gejala yang biasanya terjadi pada anak-anak yang tersengat seperti sulit bernafas, otot berkedut, ludah keluar terus menerus, banyak berkeringat, muntah, tekanan darah meninggi, denyut jantung semakin cepat, gelisah, terjadi gerakan yang tidak biasa pada gerakan kepala, leher, dan mata.

Hampir seperti sengatan hewan lain seperti lebah, seseorang yang pernah tersengat akan mengalami reaksi alergi dengan sengatan berikutnya.

Biasanya reaksi yang terjadi akan cukup parah dan bisa saja mengancam jiwa.

Hal ini biasa disebut anafilaksis.

8.1 Pencegahan

Ada beberapa hal yang perlu Anda hindari atau pencegahan agar tidak terkena hewan bercapit ini antara lain:

  • Singkirkanlah tumpukan batu atau kayu yang ada di sekitaran rumah Anda dan jangan sampai menyimpannya dekat di rumah atau bahkan di dalam.
  • Selalu jaga rumput agar selalu terpangkas atau pendek serta pangkas semak atau cabang pohon yang menjuntai di mana cabang tersebut bisa saja menjadi jalur menuju rumah Anda.
  • Tambal retakan, pasanglah penjepir di sekitaran pintu atau jendela, dan perbaiki layar yang telah robek.
  • Selalu periksa dan kibaskan sarung tangan, sepatu bot, serta pakaian lama yang sudah lama tidak terpakai.
  • Ketika bepergian di tempat yang mana berpotensi bertemu dengan hewan ini misalnya seperti berkemah atau tinggal di akomodasi pedesaan maka kenakanlah sepatu dan sering lepas atau periksa pakaian atau perlengkapan lain.
  • Jika Anda bertemu dengan hewan ini dan berencana untuk menjauhkannya maka lakukanlah dengan lembut karena sesungguhnya mereka adalah hewan yang cenderung menghindari kontak langsung dan tidak akan berbahaya jika kita memperlakukannya dengan baik.

8.2 Pengobatan

Gejala yang dialami seseorang jika terkena sengatan adalah hal yang diperlukan dokter untuk membuat diagnosis.

Jika mengalami gejala yang cukup serius maka Anda bisa saja akan menjalani tes darah untuk memeriksa apakah ada racun di dalam hati, paru-paru, jantung, atau organ lainnya.

Namun, kebanyakan sengatan hewan ini tidak memerlukan perawatan medis tetapi jika gejalanya cukup parah maka mungkin Anda akan dirawat di rumah sakit.

Mungkin juga nantinya Anda akan diberi obat untuk mengobati nyeri.

Ada pun pertolongan pertama yang bisa diberikan jika seseorang di sekitar Anda terkena sengatan yaitu: